WhatsApp-Button
Pengertian Entrepreneurship dan Contohnya

Pengertian Entrepreneurship dan Contohnya

  2021-02-15 14:09:25     Ulti Desi Arni     Dibaca 245 kali

Entrepreneur atau wirausahawan adalah orang yang dapat melakukan suatu aktivitas wirausaha yang dapat dicirikan dengan sangat pandai atau berbakat dalam mengenali produk-produk baru. Dan dapat dilakukan dengan orang yang berani dalam menciptakan suatu peluang dan mengambil resiko tertentu yang akan di hadapi oleh orang yang akan mengerjakan suatu produk untuk membuat suatu usaha sendiri.

Karakteristik Entrepreneur

  1. Memiliki mindset positive

Sebagian besar orang mencibirnya karena sok-soak ala motivator yang dapat menciptakan suatu produk yang akan di buat oleh diri sendiri dan akan menggunakan karakteristik positive yang akan dapat mengembangkan suatu produk dengan baik dan sempurna.

  1. Memiliki rancangan bisnis

Rancangan ini akan dapat membuat suatu konsep, menentukan brand, visinya, menganalisa pasar, proyeksi kenaikan harga dan melihat peluang lain yang mungkin bisa dikembangkan dalam produknya sehingga memiliki ciri khas.

  1. Berorientasi pada tujuan

Pengusaha merupakan semua tentang pengaturan tujuan dan penempatan untuk para pengolah produk ke dalam tujuan pencapaian yang akan dibuat dalam menggunakan tekad yang harus lumayan besar dan teliti. Mereka juga dapat bertekad untuk membuat suatu bisnis menjadi berhasil dan akan dapat untuk menghapus setiap rintangan yang mungkin menghalangi mereka dalam membuat suatu produk yang sudah dirancang.

Baca Juga : Kendala yang Sering dihadapi Dosen Saat Kuliah Online

  1. Berkomitmen dalam berbisnis

Pengusaha tidak mudah dikalahkan, karena mereka melihat suatu kegagalan sebagai kesempatan mereka menuju untuk sukses di masa depan, dan jika mereka tidak berhasil pertama kalinya, mereka akan tetap berkomitmen untuk mewujudkan bisnis mereka dan akan terus mencoba dan mencoba lagi sampai itu berhasil. Sebagai pengusaha yang berniat untuk mewujudkan suatu usaha harus lebih sabar dalam menghadapi rintangan atau masalah yang akan mengancam suatu produk yang akan dibuat dan harus lebih semangat untuk mengulanginya kembali.

  1. Berkembang karena tantangan

Kadang-kadang ada yang akan salah dalam membuat bisnis, tetapi ketika pengusaha berada di ujung pimpinan perusahaan dalam membuat semua keputusan, sangat penting untuk tetap tenang dalam situasi tertentu atau tidak panik dalam melakukan suatu pekerjaan dan lebih teliti dengan apa yang sudah dipercayai oleh pengguna produk atau pimpinan perusahaan.

  1. Terus mencari peluang untuk meningkatkan

Mereka memiliki suatu kemampuan agar dapat melihat segala sesuatu yang ada di sekitar mereka dan harus lebih fokus ke arah tujuan yang akan mereka kelola dalam upaya agar lebih baik dalam meningkatkan suatu bisnis yang akan mereka kerjakan atau ciptakan dan harus lebih teliti dan tidak panik dalam mengerjakannya.

  1. Selalu aktif

Pengusaha merupakan suatu pelaku bukan pemikir, dan pengusaha cenderung memiliki standar yang sangat tinggi daripada pemikir karena semua usaha ada pada diri seorang pengusaha. Dan seorang pengusaha harus lebih aktif dalam mengelola produk agar lebih maksimal hasilnya, atau tidak memikirkan apapun kecuali pekerjaan yang akan dikerjakan.

Baca Juga : Jasa Digital Marketing Kampus Era 4.0

  1. Selalu mendengar dan belajar

Bagian yang paling penting dari belajar adalah mendengarkan semua yang akan disampaikan oleh pemimpin perusahaan untuk mereka agar lebih memiliki tambahan kemampuan dari pemimpin yang akan menyampaikan suatu arahan yang penting untuk di dengarkan oleh pengusaha yang akan melakukan pembuatan produk, dan pengusaha yang baik akan melakukan suatu hal untuk menambah wawasan agar lama kelamaan lebih mampu untuk mengatasi suatu masalah atau rintangannya sendiri.

  1. Memiliki kemampuan komunikasi yang bagus

Mereka juga pemimpin yang memiliki kemampuan untuk motivasi, menginspirasi dan mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka agar lebih nyaman dalam bekerja sama dengan perusahaan yang saat ini di tempati. Dan akan membuat orang lain semakin dekat dengan mereka.

  1. Pribadi yang kreatif

Pengusaha harus memiliki kemampuan yang tidak hanya dengan ide-ide cerdas, tetapi juga mengubah ide-ide mereka menjadi sebuah keuntungan dalam membuat atau mengelola suatu produk yang akan dikerjakan. Dan harus lebih bijak dalam menggunakan produk supaya dapat menguntungkan mereka.

 

Penulis : Pinta


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia