WhatsApp-Button
Jenis-Jenis Diagram Uml

Jenis-Jenis Diagram Uml

  2021-02-11 16:42:08     Ulti Desi Arni     Dibaca 478 kali

UML atau Unified Modeling Language merupakan suatu bahasa yang menentukan, visualisasi, konstruksi dan mendokumentasikan artifact atau bagian dari informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suat proses dalam pembuatan perangkat lunak. Artifact tersebut dapat berupa seperti model, deskripsi atau pun perangkat lunak dari sistem perangkat lunak seperti pada pemodelan bisnis dan system non perangkat lunak lainnya.

UML merupakan sebuah bahasa standar untuk penulisan blueprint software yang digunakan untuk visualisasi, spesifikasi, pembentukan dan pendokumentasian alat-alat dari sistem perangkat lunak.

Berikut merupakan jenis-jenis dari diagram UML.

  1. Use Case Diagram
  2. Activity Diagram
  3. Package Diagram
  4. State Diagram
  5. Sequence Diagram
  6. Class Diagram
  7. Communication Diagram
  8. Composite Structure Diagram
  9. Object Diagram
  10. Timing Diagram
  11. Component Diagram
  12. Deployment Diagram
  13. Interaction Overview Diagram
  1. Use Case Diagram

Use case merupakan suatu abstraksi dari interaksi antara sistem dan actor. Use case tersebut bekerja dengan cara mendeskripsikan tipe interaksi antara user sebuah system dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah system dipakai.

Diagram Use Case berguna dalam tiga hal :

  • Dapat menjelaskan fasilitas yang ada (requirement)
  • Dapat komunikasi dengan klien
  • Dapat membuat test dari kasus-kasus secara umum
  1. Activity Diagram

Activity diagram dapat menyediakan analis dengan kemampuan untuk dapat memodelkan proses dalam suatu sistem informasi. Activity diagram tersebut dapat digunakan untuk alur kerja model, use case individual atau logika keputusan yang terkandung dalam metode individual, dapat juga menyediakan pendekatan untuk suatu proses pemodelan parallel.

Baca Juga : Perbedan Inpeksi dan Investigasi

  1. Package Diagram

Digunakan untuk mengelompokkan suatu elemen diagram UML yang berlainan secara bersama-sama ke dalam tingkat pembangunan yang lebih tinggi yaitu berupa sebuah paket. Diagram paket pada dasarnya merupakan diagram kelas yang hanya menampilkan paket, di samping kelas dan terdapat hubungan ketergantungan di samping hubungan khas yang ditampilkan pada diagram kelas.

  1. State Diagram

State diagram menggambarkan suatu urutan keadaan yang dilalui objek dalam suatu kelas dikarenakan suatu kejadian menyebabkan suatu perpindahan aktivitas atau state. State terdapat dari objek merupakan penggolongan dari satu atau lebih nilai attrtbute pada kelas.

  1. Sequece Diagram

Sequence diagram menjelaskan suatu interaksi objek yang disusun berdasarkan urutan waktu. Secara singkatnya merupakan gambaran tahap demi tahap yang seharusnya dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu sesuai dengan use case diagram. Sequence diagram ini bersifat dinamis. Serta merupakan interaksi yang dapat menekankan pada pengiriman pesan dalam suatu waktu tertentu.

  1. Class Diagram

Class merupakan pendeskripsian kelompok objek-objek dengan property, perilaku atau operasi dan relasi yang sama. Sehingga adanya class diagram dapat memberikan pandangan global atas sebuah sistem.  Sebuah sistem biasanya mempunyai beberapa class diagram. Class diagram ini bersifat statis.

Baca Juga : Jual Aplikasi Keuangan Kampus

  1. Communication diagram

Communication diagram merupakan gambaran interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek. Setiap  message memiliki sequence number dimana message dari level tertinggi memiliki nomor 1 diagram yang membawa informasi yang sama dengan diagram sequence tetapi lebih memusatkan atau memfokuskan pafa kegiatan objek dari waktu pesan itu dikirimkan.

  1. Composite Structure Diagram

Diagaram struktur composite merupakan diagram yang menunjukkan struktur internal classifier yang termasuk poin interaksinya ke bagian lain dari system. Hal ini dapat menunjukkan konfigurasi dan hubungan bagian yang bersama sama melakukan prilaku classifier. Diagram struktur composite merupakan jenis dari diagram struktur yang statis dalam UML yang menggambarkan struktur internal kelas dan kolaborasi.

  1. Object Diagram

Object diagram merupakan sebuah gambaran tentang objek-objek dalam sebuah sistem pada satu titik waktu, dikarenakan lebih menonjolkan perintah-perintah dari pada class, object diagram lebih sering disebut sebagai sebuah diagram perintah. Object diagram sangat mirip dengan diagram kelas, perbedaannya ada pada hubungan mereka. Object diagram bersifat statis.

Demikian lah jenis-jenis dari UML, Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Riela Annisa


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia