Stuktur Mesin von Neumann

Perangkat keras pengertiannya adalah perangkat dari elektronik yang menyusun bentuk dari sebuah sistem dari sebuah komputer. Awalnya komputer tersusun dari sebuah hardware yang masih bekerja secara mekanis yang digerakkan oleh manusia. Beberapa contoh komputer mekanis adalah mesin diferensial buatan Charles Babbage (1792 – 1871). Hardware yang bekerja secara elektronik berhasil diciptakan pada masa Perang Dunia Kedua, Dimana Inggris berhasil mengembangkan mesin komputer bernama COLOSSUS yang ditunjukkan untuk memecahkan kode ENIGMA milik Jerman.

Pada zaman modern saat ini hampir semua komputer mempunyai arsitektur yang dibuat oleh John von Neumann (1903 – 1957). John von Neumann seorang ahli matematika yang merupakan konsultan pembuat ENIAC pada tahun 1945 mencoba memperbaiki kelemahan ENIAC dengan rancangan komputer barunya. Bernama EDVAC dengan konsep program tersimpan. Kunci utama yang ada pada arsitektur von Neumann adalah Central Processing Unit (CPU) yang memungkinkan seluruh fungsi yang ada pada komputer untuk digerakkan melalui satu sumber tunggal.

Pada dasarnya komputer arsitektur von Neumann terdiri dari beberapa elemen, yaitu:

  1. Prosesor yaitu pusat dari control dan pemrosesan instruksi pada komputer.
  2. Memori digunakan untuk menyimpan sebuah program dan data yang ada pada komputer.
  3. Perangkat input digunakan sebagai media penangkap respon dari luar
  4. Perangkat output digunakan sebagai media penyaji informasi yang akan dikeluarkan melalui komputer.

Prosesor atau Central Processing Unit (CPU)

Merupakan sebuah tempat untuk melakukan proses instruksi dan pengendali sebuah sistem yang ada pada komputer. Perkembangan perangkat CPU ini juga mengikuti salah satu generasi dari berkembangnya sebuah sistem komputer.

Baca Juga : Dampak Big Data dalam Pendidikan

Elemen yang ada pada CPU :

Control Unit (CU)

Arithmatic and Logic Unit (ALU)

Register

Bus

Control Unit

Ini berguna untuk mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sebuah sistem komputer.

Arithmatic and Logic Unit(ALU)

Ini berguna sebagai alat yang berguna untuk melakukan semua perhitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi dari sebuah program.

Register

Ini merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya menunggu giliran untuk diproses dan masih disimpan dalam memori utama.

Bus

Ini berfungsi sebagai alat penghubung antara komponen CPU dan sekumpulan kabel parallel untuk menyesuaikan alamat, data, dan juga sinyal – sinyal kontrol yang ada di dalam CPU.

Memori

Memori merupakan bagian dari sebuah alat komputer yang digunakan untuk menyimpan program dan data – data yang terletak di dalam komputer ataupun alat elektronik yang membutuhkan memori. Beberapa orang yang paham komputer menggunakan istilah atau bahasa sehari – hari storage untuk menamakan memori, meskipun kata storage sudah sangat sering digunakan untuk menamakan dari sebuah barang yaitu disket.

Memori utama

Dalam sebuah alat teknologi khususnya komputer, memori utama berfungsi alat yang berguna untuk menyimpan program atau yang sedang ataupun ingin kalian jalankan dalam sebuah prosesor. Untuk menyesuaikan ataupun juga menyamakan dari kinerja prosesor yang bergerak sangat cepat, terdapat kecepatan memori itu juga relative bergerak cepat meski tidak mampu mengalahkan kecepatan prosesor. Dalam sebuah alamat memori dapat melakukan penyimpanan memori sebesar  8 – 32 GB tergantung dari jenis – jenis memori.

Random Access Memory (RAM)

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe yang penyimpanan komputer dapat diakses dalam waktu tetap dan tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Memori jenis ini memiliki karakteristik akses alamat secara acak untuk menyimpan data dan instruksi program. Struktur RAM terbagi menjadi 4 bagian utama, yaitu:

Input storage

Program storage

Working storage

Output storage

Baca Juga : Manfaat Pernafasan Perut

Beberapa jenis RAM (Random Acces Memory) antara lain:

EDO – RAM

SD – RAM

RD – RAM

DDR – RAM

Read Only Memory (ROM)

Read Only Memory adalah istilah untuk media penyimpanan data pada sebuah komputer. ROM ini adalah salah satu memori yang ada di dalam komputer. ROM ini bersifat permanen yang mana program atau data yang ada pada komputer tidak mudah hilang atau berubah jika terjadi kesalahan pada listrik mati. Memori jenis ini hanya bisa dibaca saja dan membuat sebuah program yang ada tidak dapat menulis di dalam memori tersebut. Biasanya program berupa sistem operasi ataupun program bios untuk sebuah sistem komputer yang spesifik.

Beberapa jenis ROM (Read Only Memory) antara lain:

ROM (Read Only Memory) merupakan memori yang memang tidak dapat atau tidak bisa dihapus lagi.

PROM (Programmable Read Only Memory) berarti sebuah memori yang bisa atau dapat diprogramkan dan selanjutnya program yang telah dibuat tidak bisa dihapus lagi.

EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah memori yang bisa dihapus dengan sinar ultraviolet dan dapat diprogram dengan berulang kali.

EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) maksudnya adalah sebuah memori yang bisa dihapus secara elektronik dan bisa atau dapat diprogram berulang kali sesuai keinginan atau perintah dari manusia yang menggunakannya.

 

Penulis : Yazid H

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...