WhatsApp-Button
Keunggulan RFID

Keunggulan RFID

  2021-02-10 16:41:13     Ulti Desi Arni     Dibaca 341 kali

RFID adalah singkatan dari radio frequency identification, RFID ini juga sebuah teknologi yang digunakan untuk melakukan identifikasi dan pengambilan data dengan menggunakan barcode atau magnetic card label RFID pada prakteknya dapat disematkan dalam suatu produk hewan bahkan dengan manusia.

Keunggulan teknologi RFID jika dibandingkan dengan teknologi barcode adalah kita tidak perlu memindahi barang dibawah scanner untuk melakukan identifikasi pada barang kita. Hal ini juga tentu akan sangat menghemat waktu dan juga biaya.

Kegunaan system RFID ini adalah untuk mengirimkan data dari reader dan kemudian dibaca oleh RFID reader dan juga diproses oleh aplikasi computer. Data yang dipancarkan dengan dikirimkan juga bisa berisi beragam informasi seperti id, informasi lokasi atau informasi lainnya.

Dompet ini juga bisa memiliki teknologi radio frequency identification fungsinya adalah mengamankan data data serta identities di dompet.

RIFD menggunakan sistem identifkasi dengan gelombang radio sehingga minimal dibutuhkan dua buah perangkat yaitu tag danr eader saat pemindaian data reader menangkap sinyal dari RFID tag alat ini melekat pada obyek yang akan diidentifikasi oleh RFID.

Baca Juga : Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

Anti theft RFID block wallet adalah dompet yang dilengkapi dengan RFID security yang memudahkan anda untuk melakukan taping kartu ke RFID security yang memudahkan anda untuk melakukan taping kartu ke RFID reader anda.  Dengan serta memiliki lapisan dobel untuk mencegah pencuri yang ingin mengambil informasi kartu anda dan RFID yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh.

Contoh yang paling sering menggunakan teknologi RFID adalah absensi karyawan dan transaksi tol, teknologi ini memungkinkan seseorang tak perlu lagi melakukan kontak langsung misalnya menempelkan sidik jari pada alat absensi atau mengetap kartu di gerbang tol.

penggunaan dan aplikasi RFID dalam kehidupan label RFID dapat  digunakan sekaligus membaca ratusan pada satu waktu saat ini RFID banyak digunakan oleh perusahaan untuk keperluan identifitas karyawan dan aset perusahaan RFID juga dipakai di supermarket, rumah sakit, perusahaan dan juga atm untuk identifikasi saat belanja barang.

Kekurangan pengguaan RFID yaitu

  • Membutuhkan anggaran karena harus mengeluarkan dana untuk beli peralatan elektronik contoh printer, scaning dan sebagainya.
  • Tidak dapat menanggung jumlah koleksi buku jika bertambah banyak.
  • Membutuhkan ada pendukung yang bersifat substansial untuk perpustakaan.

Dalam hak kecepatan baca RFID reader mampu membaca data dari keru sebesar membaca data dari kartu sebesar 16 byte dalam waktu rat rata selama 0,0095 detik untuk kecepatan tulis didapatkan waktu rata rata selama 0,01 detik.

Kelebihan RFID

  • RFID ini bisa menampung banyak data dalam jumlah yang lebih banyak tanpa menggunakan alat bantuan yang lain.
  • Untuk jenis RFID pasif ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dengan begini lebih mudah untuk dan saat ingin ditanamkan dimanapun.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu DMS

Selain ini otentikasi yang lebih cepat dari barang yang lebih cepat tag RFID juga dapat menyimpan informasi jauh lebih banyak, dibandingkan dengan label barcode dan informasi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses produk berkurangnya biaya produk yang tidak diperlukan.

Prinsip kerja RFID menggunakan system identifikasi dengan gelombang radio sehingga minimal dibutuhkan dua buah perangkat yaitu tag dan reader saat pemindahan data reader menangkap sinyal dari RFID tag. Secara sederhana RFID ini juga mempunyai teknologi pengenalan suatu barang dengan memanfaatkan gelombang radio dan NFC adalah turunan dari teknologi RFID

Banyak juga smartphone android di pasaran yang telah menyematkan teknologi NFC, NFC merupakan singkatan dari near field communication pada dasarnya NFC merupakan fitur yang digunakan ponsel untuk berinteraksi dengan sesuatu yang dekat. Fitur NFC adalah sebuah fitur komunikasi jarak pendek yang terdapat pada smartphone NFC sendiri dipatenkan pertama kali oleh Cherles waktu pada 1983 NFC memungkinkan smartphone lain yang memiliki NFC.

 

Penulis : Aini


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia