Macam-Macam Bahasa Pemrograman  

 

Bahasa pemrograman adalah suatu instruksi standar untuk memerintah suatu komputer. Dan merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer agar lebih mudah untuk menggunakan bahasa pemrograman yang ada.

  1. Bahasa pemrograman C

Dibuat untuk memprogram suatu sistem dan jaringan komputer, namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi dengan menggunakan bahasa pemroograman C yang akan digunakan.

  1. Bahasa pemrograman java

Bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam atau berbagai alat elektronik yang bisa digunakan untuk bahasa pemrograman.

  1. Bahasa pemrograman PYTHON

Dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam pengembangan perangkat lunak yang dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi yang merupakan termasuk dari bahasa pemrograman.

  1. Bahasa pemrograman RUBY

Menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada di dunia sehingga dapat untuk mengumpulkan suatu kelebihan dari bahasa-bahasa yang ada.

Baca Juga : Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

  1. Bahasa pemrograman SQL

Merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Dan juga mudah untuk dipergunakan karena bahasa ini sangat mudah untuk dipahami.

  1. Bahasa pemrogaraman CouldFusion

Server aplikasi dan framework atau pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan suatu perangkat lunak komputer, khususnya situs web dinamis dengan menggunakan bahasa pemrograman CouldFusion.

  1. Bahasa pemrograman PHP

Bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai oleh orang saat ini yaitu yang digunakan untuk mengolah data from dari web. Dan banyak juga yang memakai bahasa pemrograman PHP karena lebih terkenal adanya dan lebih mudah untuk digunakan.

  1. Bahasa pemrograman HTML

Sebuah bahasa makrup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet untuk dapat di akses melalui internet dan lebih mudah untuk digunakan.

  1. Bahasa pemrograman COBOL

Mempunyai fungsi dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengolahan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan atau semacam jenis perekonomian yang berhubungan dengan bahasa pemrograman COBOL.

  1. Bahasa pemrograman MICROSOFT VISUAL BASIC

Turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat dan tidak akan mengurangi waktu dan tenaga anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

  1. Bahasa pemrograman VISUAL C++

Sebuah produk dari integradet development environment (IDE) untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan oleh Microsoft dengan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio untuk mengembangkan bahasa pemrograman VISUAL C++.

  1. Bahasa pemrograman DELPHI

Digunakan untuk pengembangan suatu aplikasi desktop dan enterprise berbasis database, tetapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software yang handal dalam pekerjaan yang menggunakan bahasa pemrograman DELPHI.

  1. Bahasa pemrograman C++

Merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat pemrograman berorientasi objek untuk menyelesaikan masalah dan kekurangan dalam objek kerja yang anda buat dalam bahasa pemrograman C++.

  1. Bahasa pemrograman ASP

Merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis dengan baik dalam menciptakan suatu objek yang akan dibuat.

  1. Bahasa pemrograman XML

Menggunakan makrup tags seperti halnya HTML. Kedua bahasa ini agak sama karena sama-sama menggunakan makrup tagas.

Baca Juga : Etika yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan HP

  1. Bahasa pemrograman WML

Bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML. WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dengan aplikasi wireless dan juga dapat digunakan dalam bahasa pemrograman WML.

  1. Bahasa pemrograman CFM

Dibuat untuk menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / ColdFusion Studio atau semacam jenis video dan semacamnya.

  1. Bahasa pemrograman Javascript

Merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript agar siapa yang membutuhkan JavaScript-enabled mampu menjalankan JavaScript.

  1. Bahasa pemrograman CCS

Digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa makrup sesuai dengan apa yang anda inginkan dalam mengatur tampilan pada dokumen yang akan anda ganti.

 

Penulis : Pinta

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...