WhatsApp-Button
Jual Aplikasi atau Sistem Perpustakaan Kampus

Jual Aplikasi atau Sistem Perpustakaan Kampus

  2021-02-08 17:01:02     Ulti Desi Arni     Dibaca 170 kali

Jual Aplikasi atau Sistem Perpustakaan Kampus

Sebagai institusi perguruan tinggi tentu saja perpustakaan adalah bagian penting yang harus dimiliki. Hal ini dikarenakan perguruan tinggi adalah lembaga yang membantu dalam mencerdaskan anak bangsa yang bertugas memberikan pendidikan berupa ilmu pengetahuan. Keberadaan perpustakaan ini akan menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi pengajar maupun mahasiswa. Dimana tujuan dari perpustakaan adalah menyediakan fasilitas dan sumber informasi serta menjadi pusat pembelajaran bagi peserta didik.

Sebenarnya tidak hanya perguruan tinggi saja, sudah selayaknya setiap lembaga pendidikan memiliki perpustakaan yang memadai dalam menunjang pembelajaran di institusi tersebut. Namun, sebuah perguruan tinggi tentu saja harus memiliki perpustakaan yang lebih kompleks dalam mendukung semua bidang jurusan yang ada.

Mengingat banyaknya interaksi dan transaksi yang terjadi pada perpustakaan kampus, maka manual proses tentu saja tidak efektif dan efisien. Terlebih lagi saat ini kita berada di era digital, dimana hadirnya teknologi memberikan banyak sekali kemudahan untuk para penggunanya dalam membantu pekerjaan. Maka dari itu sebuah perguruan tinggi sudah seharusnya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung perpustakaan mereka.

Aplikasi Perpustakaan Kampus

Tentu saja dengan adanya perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi ini akan memberikan dampak yang baik dalam pengelolaan perpustakaan. Sebagai pusat pengelola informasi dan pengetahuan, maka harus menggunakan serta memanfaatkan teknologi secara optimal agar setiap kebutuhan dan transaksi bisa terpenuhi secara maksimal.

Sebagai bahan pertimbangan, tentu saja ada beberapa alasan kenapa sebuah perpustakaan selayaknya menggunakan teknologi atau sistem digital dalam mendukung aktivitasnya, diantaranya :

Baca Juga : WiFi dan Hotspot

  1. Tuntutan mengenai kuantitas, kualitas dan pelayanan perpustakaan
  2. Saat ini kita berada di era digitalisasi dan modern
  3. Tuntutan mengenai penggunaan koleksi yang ada di perpustakaan secara bersamaan yang membuat petugas harus mendata secara baik setiap transaksi
  4. Petugas harus memberikan pelayanan dengan waktu se-efesien mungkin
  5. Banyaknya ragam informasi yang harus dikelola secara baik.
  6. Kebutuhan dalam mengefektifkan sumber daya manusia.

Karena beberapa alasan tersebutlah kenapa sebuah perguruan tinggi harus menggunakan Aplikasi yang tepat dan mumpuni dalam menunjang semua tuntutan yang ada. Keberadaan sistem atau aplikasi perpustakaan sebenarnya bukanlah hal baru, karena sudah terdapat beberapa kampus terkemuka memanfaatkannya.

Sebagai rekomendasi agar bisa meningkatkan kinerja pelayanan maka solusi yang tepat adalah menggunakan Sistem Perpustakaan Kampus dari Garuda Cyber. Dimana Sistem Perpustakaan Kampus ini adalah salah satu sistem yang terdapat di dalam Smart Campus, yaitu produk unggulan Garuda Cyber.

Ketika kampus memanfaatkan Sistem Perpustakaan Kampus ini tentu akan banyak sekali kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan. Adapun beberapa manfaat dari penggunaan Sistem Perpustakaan Kampus ini adalah :

  1. Pengelolaan setiap informasi dan transaksi akan lebih cepat
  2. Tingkat kecepatan dan konsisten dalam pengelolaan tentu saja jauh lebih baik.
  3. Menghemat biaya atau anggaran karena semua sarana dan fasilitas perpustakaan dapat digunakan dengan tepat dan bermanfaat sehingga anggaran yang dikeluarkan dalam penyediaan fasilitas dan sarana tidak terbuang sia-sia
  4. Tingkat keamanan lebih tinggi karena hak akses terbatas untuk orang tertentu dan data tersimpan secara baik.
  5. Menghasilkan informasi dan laporan yang dibutuhkan jauh lebih cepat dan tepat.
  6. Efektif dan efesien.
  7. Data tersimpan dan terkelola secara baik dan tepat.

Fitur- fitur Aplikasi Perpustakaan Kampus

Dengan ragam manfaat dan keunggulan yang ditawarkan dalam produk Smart Campus Garuda Cyber pada Sistem Perpustakaan Kampus ini tentu saja semua itu di dukung dengan ragam fitur unggulan. Di antara ragam fitur yang ditawarkan dalam Sistem Perpustakaan Kampus ini adalah :

  1. Manajemen Buku

Fitur pertama yang terdapat dalam aplikasi atau sistem perpustakaan dalam Smart Campus Garuda Cyber ini adalah membantu bagian petugas perpustakaan dalam memanajemen buku yang ada. Pada fitur ini akan menyimpan data lengkap buku, mulai dari pengkodean buku, judul, pengarang, penerbit, lokasi penempatan hingga stok buku tersedia. Ketika buku ini termanajemen dengan baik, maka akan memudahkan dalam pendataan lainnya dan menghasilkan laporan.

Baca Juga : LAN, MAN & WAN

  1. Manajemen Anggota Perpustakaan

Selain manajemen buku, sistem juga menyediakan fitur manajemen anggota perpustakaan. Keberadaan fitur ini untuk memudahkan dalam mendata anggota perpustakaan. Dimana pendaftaran anggota juga tersedia secara online maupun offline, sehingganya setiap anggota perpustakaan akan terdata secara baik di dalam sistem.

  1. Manajemen Rak Penyimpanan

Fitur selanjutnya yang ditawarkan dalam sistem ini adalah manajemen rak penyimpanan. Kita bisa bayangkan sebuah perpustakaan tentu saja memiliki banyak sekali tumpukan buku dengan berbagai macam jenis dan judul. Jika setiap buku tidak termanajemen penempatannya tentu saja membutuhkan banyak waktu ketika proses pencarian buku. Maka dari itu, sistem mendukung manajemen rak untuk penyimpanan buku agar memudahkan dalam pendataan dan pencarian nantinya.

  1. Pembuatan Barcode Buku

Selaian manajemen Rak, untuk memudahkan dalam pencarian juga bisa di dukung dengan adanya kode buku tertentu. Dimana kode ini akan berguna sekali ketika proses peminjaman dan pengembalian. Adakalanya buku tidak memiliki kode, sehingganya sistem ini memiliki keunggulan memudahkan petugas perpustakaan dalam membuat kode barcode. Pembuatan kode ini juga bisa mendukung kode unik untuk setiap prodi agar lebih detail dan spesifikasi lagi.

  1. Transaksi Peminjaman & Pengembalian Buku

Namanya perpustakaan tentu saja ada transaksi peminjaman dan pengembalian buku di dalamnya. Dalam memudahkan pendataan setiap transaksi maka fitur ini sangat mumpuni, karena mendukung pencatatan transaksi secara mudah dan cepat. Dimana petugas cukup menginputkan ID peminjam maka akan muncul data keanggotaan, kemudian memasukan kode buku dan tanggal pinjam. Ketika pengembalian cukup memasukan kode buku dan akan muncul data yang dibutuhkan. Disini juga akan mencatat secara lengkap lama pinjaman.

  1. Penghitungan Denda Otomatis

Ketika adanya proses peminjaman dan pengembalian buku, ada kalanya anggota perpustakaan telat dalam mengembalikan buku. Demi mendisiplinkan setiap anggota yang bertransaksi maka sudah menjadi kebijakan wajar jika pihak kampus memberi peraturan berupa denda keterlambatan. Nah, sistem ini mendukung penghitungan denda tersebut secara otomatis, bahkan anggota yang bersangkutan bisa melihat sendiri denda yang harus ia bayar karena terlambat dalam mengembalikan buku.

  1. Pencetakan Kartu Anggota Perpustakaan

Fitur pencetakan kartu anggota perpustakaan ini berfungsi untuk mencetak kartu secara mudah. Ketika anggota yang mendaftar memenuhi persyaratan yang diminta, maka kartu bisa langsung di cetak di waktu yang sama. Tidak hanya itu saja, jika anggota login ke akun mereka tentu saja mereka juga bisa mencetak kartu elektroniknya.

  1. Pencarian buku & jurnal pada OPAC

Proses pencarian buku atau jurnal akan jauh lebih mudah dengan adanya fitur ini, karena cukup memasukan kode atau judul yang ingin ditemukan maka sistem akan menampilkan detail lengkap dan posisi buku. Sehingganya ketika hendak mengambil buku cukup mendatangi rak penyimpanan yang ditampilkan berdasarkan pencarian.

  1. Integrasi Sistem Akademik

Selain ragam fitur unggulan di atas, sistem perpustakaan ini juga terintegrasi dengan akademik sehingganya data keanggotaanpun bisa tersingkron langsung. Maka mahasiswa yang terdaftar di kampus bisa otomatis tercatat menjadi anggota perpustakaan, cukup melakukan validasi ataupun verifikasi. Maka dari itu pihak kampus tidak perlu input data berkali-kali yang rentan akan adanya data ganda.

  1. Laporan Lengkap

Laporan merupakan bagian terpenting dalam setiap pencatatan, maka menghasilkan laporan lengkap akan mendukung pengambilan keputusan terbaik. Sistem ini akan memberikan laporan secara lengkap sesuai kebutuhan kampus, baik itu laporan buku, peminjaman, pengembalian, denda dan laporan lainnya.

  1. Buku Tamu Online

Aplikasi perpustakaan ini tidak hanya mendukung para tamu offline saja, namun juga online. Dimana anggota perpustakaan bisa mengakses dari rumah jika membutuhkan jurnal dan lainnya. Nah, data yang mengakses bisa tercatat secara baik di dalam sistem ini.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia