Jal Aplikasi atau Sistem CAT Online Kampus

Aplikasi CAT Online  - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Hampir seluruh aspek dan lini kehidupan saat ini dipengaruhi oleh yang namanya perkembangan dunia teknologi. Dimana perkembangan teknologi yang semakin hari terus menawarkan kemudahan tersebut dimanfaatkan oleh banyak bidang seperti bidang kesehatan, ekonomi, sosial, politik hingga ke bidang pendidikan.

Perkembangan teknologi yang ada tersebut mulai dapat diterima oleh manusia, sehingga mendukung perkembangan yang semakin pesat dalam memenuhi kebutuhan kehidupan. Kemajuan teknologi ini tentu saja akan sangat dirasakan sekali manfaatnya bagi sektor pendidikan, dimana keberadaan teknologi bisa mendukung peningkatan mutu dan pelayanan.

Institusi pendidikan terutama perguruan tinggi tentu saja memiliki aspek atau ruang lingkup yang kompleks. Dimana di dalamnya banyak sekali aktivitas dan operasional yang mesti berjalan, dan setiap itu haruslah memberikan informasi yang akurat dan tepat. Tanpa bantuan teknologi di era digital saat ini, tentu akan sangat sulit sekali untuk bertahan di tengah tingginya tingkat persaingan.

Bisa dibayangkan berapa banyak jumlah mahasiswa yang ada serta aktivitas apa saja yang terjadi, diantaranya pelaksanaan ujian. Baik itu ujian semester, akhir semester ataupun ujian penerimaan mahasiswa baru. Sebelum berkembangnya teknologi mungkin sebagian kampus menghandalkan cara manual di dalamnya, seperti menggunakan kertas dan alat tulis lainnya.

Tentu saja cara ini sudah tidak efektif dan efisien lagi menimbang teknologi yang terus menawarkan ragam kemudahan. Akan ada banyak sekali kerugian baik itu dari segi biaya karena membutuhkan banyak kertas, baik kesalahan lain seperti tercecernya lembaran jawaban ataupun tingginya tingkat kecurangan di dalamnya. Sehingganya tidak menutup kemungkinan bahwa hasil ujian tersebut tingkat kevalidannya bisa dipertanyakan.

Aplikasi CAT Online Garuda Cyber

Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut memberikan kemudahan dalam pelaksanaan tes atau ujian, dimana tujuannya agar terus mengalami peningkatan dalam segi kecepatan, kualitas, kepraktisan dan kemudahan. Pelaksanaan ujian kini mengalami pergeseran dari cara konvensional menuju penerapan komputerisasi di dalamnya seperti pemanfaatan aplikasi Computer Assisted Test (CAT) online. Pemanfaatan Aplikasi CAT bisa dikatakan hal yang sangat mumpuni dan juga sudah banyak digunakan beberapa Negara.

Baca Juga : Sejarah SMS Banking

Dimana data peserta ujian serta jawaban atau hasil ujian tersimpan di dalam database pusat. Tentu saja ketimbang menggunakan cara manual, menggunakan Aplikasi CAT jauh lebih efektif dan efisien dimana memiliki banyak sekali kelebihan. Diantara kelebihan pelaksanaan ujian secara online ini adalah pelaporan skor atau hasil ujian dapat dilihat langsung setelah selesai melakukan ujian, menghemat biaya karena tidak membutuhkan banyak kertas, tingkat keamanan jauh lebih tinggi, pelaksanaan ujian juga lebih fleksibel dan paling penting tingkat validnya penilaian lebih dapat dipertanggung jawabkan.

Validnya hasil ujian tersebut disebabkan terminimalisirnya tingkat kecurangan selama pelaksanaan ujian. Soal yang disajikan akan di acak dan di random, sehingga menjadi solusi tepat mengatasi peserta untuk curang atau mencotek. Selain itu hasilnya yang dapat disajikan secara langsung juga merupakan bentuk tranparasi dalam pelaksanaan ujian.

Setiap kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan dalam Aplikasi CAT Online tersebut bisa kampus dapatkan dalam produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Campus. Dimana di dalam Smart Campus ini terdapat banyak sekali sistem yang saling terintegrasi untuk memudahkan aktivitas dan meningkatkan mutu pelayanan kampus.

Aplikasi CAT online dari Garuda Cyber ini tentu saja solusi tepat dan jitu membantu dalam pelaksanaan ujian secara online. Sebagaimana sudah kita bahas bahwa di era digitalisasi, komputerisasi adalah pilihan tepat dan terbaik dalam mendukung pekerjaan.

Tentu saja sudah banyak kampus bahkan lembaga lainnya yang mempercayakan Garuda Cyber sebagai partner IT mereka. Sebab Garuda Cyber adalah tim profesional yang menawarkan solusi terbaik untuk kebutuhan yang ada pada setiap perguruan tinggi.

Fitur-fitur Aplikasi CAT Online

Mengingat begitu besarnya manfaat dan keuntungan yang ditawarkan dalam aplikasi CAT Online dalam produk unggulan Smart Campus Garuda Cyber ini, tentu saja itu semua tidak terlepas dari ragam fitur atau menu. Setiap menu yang disediakan dalam aplikasi adalah solusi terbaik terkait permasalahan yang ada. Adapun beberapa fitur dari Aplikasi CAT Online ini adalah :

  1. Data Master

Fitur atau menu pertama yang tersedia adalah data master, dimana pada Data Master ini tersedia ragam pilihan menu yang mendukung ujian. Pada Data Master bisa mengatur setiap kebutuhan, sehingga memudahkan operator dalam pelaksanaannya.

  1. Kategori Soal

Fitur selanjutnya yang tersedia adalah kategori soal, dimana guru atau dosen yang bersangkutan bisa menginputkan kategori soal entah itu pilihan ganda, esai atau kategori lainnya. Kategori ini juga bisa berupa pengelompokan berdasarkan poin atau hal lainnya sesuai kebutuhan kampus.

  1. Pembuatan Soal Satuan

Setelah adanya kategori soal, pada sistem juga tersedia fitur pembuatan soal satuan. Dimana bagian admin atau dosen bisa menginputkan soal secara satu per satu dilengkapi dengan jawaban dan skor penilaian.

Baca Juga : Pengertian Etika Profesi dan Contohnya

  1. Import Multi Soal

Tidak hanya menyediakan fitur pembuatan soal secara satuan, sistem juga mendukung import soal dalam jumlah banyak. Dengan adanya fitur ini tentu saja akan sangat memudahkan dosen dalam menginputkan soal secara sekaligus.

  1. Pembuatan Ujian

Fitur selanjutnya adalah menjadwalkan waktu pelaksanaan ujian, dimana operator atau dosen bisa menjadwalkan ujian melalui sistem. Penjadwalan ini bisa berupa waktu pelaksanaan hingga durasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya.

  1. Rekap Nilai Ujian

Kemudahan adanya aplikasi CAT Online ini yaitu merekap nilai ujian. Dimana sistem bisa menampilkan secara otomatis nilai-nilai setiap peserta ujian, sehingga dosen tidak perlu mengoreksi lagi jawaban secara satu per satu.

  1. Akses Ujian

Fitur ini adalah bagian terpenting, dimana untuk menjaga keamanan soal dan pelaksanaan ujian, maka disediakan hak akses untuk ujian. Peserta yang bisa mengakses hanya mereka yang memang terdaftar dan mengikuti persyaratan yang telah ditetapkan.

  1. Skor Akhir

Kemudahan lainnya yang ditawarkan dalam aplikasi CAT online ini adalah menampilkan skor akhir, dimana peserta ujian bisa melihat hasil ujian mereka di akhir sesi ujian.

 

#GarudaCyber23Februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...