WhatsApp-Button
Jual Portal Akademik (Siakad) Kampus

Jual Portal Akademik (Siakad) Kampus

  2021-02-02 17:07:55     Ulti Desi Arni     Dibaca 604 kali

Jual Portal Akademik (Siakad) Kampus

Peranan Teknologi Informasi

Dalam mendukung kemajuan sebuah perguruan tinggi baik dari segi kualitas mutu maupun pelayanan tentu saja perguruan tinggi harus bisa memanfaatkan setiap aspek perkembangan yang ada, seperti perkembangan saat ini yaitu dalam bidang teknologi. Kita ketahui bahwa aktivitas yang terjadi pada sebuah perguruan tinggi tentu saja sangat banyak dan kompleks. Sehingganya membutuhkan sistem yang tepat dalam mendukung dan memudahkan setiap aktivitas yang ada.

Sebelum adanya teknologi mungkin sebagian besar kampus hanya menghandalkan cara manual, dan tentu saja itu sangat tidak efektif dan efesien. Seiring berkembangnya teknologi informasi, banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh adanya sistem digitalisasi untuk mendukung operasional kampus sehingga kampus bisa beralih dari manual proses menggunakan sistem digital.

Terlebih lagi dalam dunia Pendidikan Tinggi saat ini juga banyak mengalami perkembangan dan perubahan, diantara adanya perubahan yaitu terkait pengelolaan, perubahan paradigma, persaingan dan sebagainya. Tingkat persaingan antar perguruan tinggi juga bisa kita lihat seiring perkembangan zaman juga meningkat. Terbukti banyak bermunculan kampus-kampus yang menawarkan keunggulan mereka dalam mengait calon mahasiswa. Setiap kampus harus memiliki strategi dan keunggulan agar bisa mendapatkan banyak mahasiswa bergabung bersama mereka.

Penerapan eknologi digital yang tepat tentu saja menjadi faktor pendukung dalam hal ini, dimana dengan adanya sistem yang terintegrasi mampu memberikan pelayanan terbaik untuk semua civitas akademika. Selain itu, memanfaatkan sistem digitalisasi dalam operasional juga menimbulkan kesan profesional sebuah perguruan tinggi.

Portal Akademik (Siakad) Kampus

Mengingat peran dan andil teknologi dalam dunia pendidikan saat ini cukup besar, maka penggunaan sistem informasi terintegrasi adalah salah satu solusi tepat untuk setiap kampus. Sebelum masuk era digital mungkin ada sebagian perguruan tinggi hanya menggunakan sistem yang berdiri sendiri. Dibandingkan dengan sistem terintegrasi tentu saja sistem yang berdiri sendiri itu sangat tidak mumpuni. Sebab masih ada kemungkinan atau tingginya tingkat kesalahan di dalamnya, seperti adanya redudancy data atau kesalahan lainnya yang berakibat fatal.

Baca Juga : Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di Masa Pandemi

Sistem informasi terintegrasi saat ini menjadi pilihan dan sudah sepatutna diterapkan dalam perguruan tinggi, dimana kampus tentu saja memiliki sistem yang kompleks. Sistem informasi terintegrasi ini adalah banyak sistem yang saling berkaitan dalam satu database sehingga tidak perlu penginputan data berkali-kalai untuk beberapa sisem berbeda. Sistem informasi terintegrasi yang bisa dimanfaatkan oleh kampus adalah Smart Campus, dimana di dalamnya banyak aplikasi dan sistem terintegrasi diantaranya adalah adanya Portal Akademik atau nama lainnya Siakad Kampus.

Porta Akademik atau Siakad Kampus ini merupakan salah satu sistem terintegrasi yang mendukung serta melancarkan kegiatan pembelajaran atau perkuliahan pada perguruan tinggi. Tentu saja banyak sekali kemudahan dan keunggulan yang akan di rasakan kampus ketika memanfaatkan Portal Akademik dalam mendukung aktivitas mereka. Di dalam Portal ini terdapat banyak aktivitas bisa berlangsung, tanpa harus menggunakan banyak sistem. Maka setiap aktivitas dan informasi berkaitan dengan akademik akan jauh lebih aman, efektif dan efesien.

Diantara aktivitas atau kemudahan yang ditawarkan Portal Akademik ini adalah memudahkan mahasiwa mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) tanpa harus mendatangi bagian akademik, selain itu juga bisa melihat hasil belajar dan mencetak Kartu Hasil Studi (KHS). Tentu tidak hanya itu saja, banyak lagi aktivitas lainnya diantaranya bisa menghindari jadwal kuliah yang bentrok, karena sistem bisa membuat penjadwalan secara otomatis.

Kemudahan dari Portal Akademik tersebut tentu saja bisa kampus dari produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Campus. Sebagaimana sudah dipaparkan di atas bahwa Smart Campus ini adalah sistem terintegrasi yang membantu dalam manajemen dan pengelolaan data Akademik Kampus.

Fitur-fitur Portal Akademik (Siakad) Kampus

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, bahwa ketika sebuah perguruan tinggi memanfaatkan Portal Akademik atau Siakad Kampus dari Garuda Cyber tentu akan banyak sekali kemudahan dan kunggulan akan dirasakan langsung. Semua kemudahan tersebut tidak terlepas dari ragam fitur yang mumpuni. Diantara fitur-ftur yang tersedia dalam Portal Akademik ini adalah :

  1. Dashboard

Fitur pertama itu ada menu Dashboard yang menampilkan menu-meu dan informasi terbaru baik seputar kampus, atau informasi terkait user.

  1. Data Master

Setelah adanya menu Dashboard, fitur selanjutnya ada Data Master. Pada Data Master operator bisa menentukan menu-menu apa yang dibutuhkan dalam kampus, selain itu disini juga bisa mengatur user dan di dalam data master ini terdapat sub-sub menu sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Tips Mengoptimalkan Fungsi Sistem ERP

  1. Manajemen Data Pegawai

Fitur selanjutnya yang tersedia di dalam Portal Akademik ini adalah membantu dalam manajemen data Pegawai. Disini tersedia tampilan data pegawai jika yang mengakses adalah admin, namun jika si pegawai yang login maka akan menampilkan informasi data pegawai yang bersangkutan. Pegawai tersebut dapat mengedit informasi sesuai kebutuhan langsung melalui sistem.

  1. Manajemen User

Selanjutnya tersedia fitur yang memudahkan dalam manajemen user, fungsinya untuk mengatur hak akses setiap user yang terlibat di dalam sistem. Sehingga beberapa data yang sifatnya pribadi dan hanya bagian tertentu saja yang bisa akases akan jauh lebih aman tersimpan.

  1. Manajemen Mahasiswa

Selanjutnya ada fitur yang memudahkan dalam manajemen data mahasiswa. Disini para mahasiwa terkait bisa memenuhi data mereka langsung melalui sistem, sedangkan opartor atau admin bisa melihat data seluruh siswa.

  1. Manajemen Data Dosen

Fitur manajemen data disesn tentu saja berfungsi untuk memanajemen setiap dosen yang ada di lingkungan kampus. Di dalam ini terdapat nama dosen lengkap dengan mata kuliah yang di ampunya serta jabatan lainnya.

  1. Manajemen Data Perkuliahan

Di dalam Portal Akademik ini juga terdapat fitur yang memudahkan dalam manajemen data perkuliahan, dimana hal yang berkaitan untuk perkuliahan akan terkontrol dan tersistem secara baik.

  1. Manajemen Penjadwalan

Penjadwalan merupakan bagian yang sangat rentan dan sangat sulit sekali diatur, sering kali yang terjadi adalah bentrok dalam perkuliahan entah itu penggunaan ruangan maupun dosen yang mengajar. Dengan adanya sistem akademik ini tentu saja penjadwalan kuliah akan lebih teratur dan bisa dihasilkan secara otomatis.

  1. Manajemen KRS

Jika biasanya KRS ini diisi secara manual kemudian di serahkan ke prodi atau bagian lainnya, beda halnya dengan adanya sistem terintegrasi ini. Mahasiswa dapat langsung mengisi KRS melalui sistem dan memilih makul tersedia. Setelah dipilih ia bisa mencetak KRS langsung untuk diri sendiri tanpa harus meminta ke bagian akademik atau prodi.

  1. Manajemen KHS & Transkrip Nilai

Selain memudahkan dalam pengisian KRS, sistem ini juga memudahkan untuk manajemen Kartu Hasil Studi (KHS) dan transkrip nilai. Mahasiswa bisa melihat hasil belajar langsung melalui sistem dan bisa mencetak KHS serta transkrip nilai sendiri.

  1. Manajemen Cetak Kartu Tanda Mahasiswa

Portal Akademik ini juga mendukung kemudahan dalam mencerak Kartu Tanda Mahasiswa sehingganya jika ada kehilangan KTM, maka mahasiswa tersebut bisa mencetaknya langsung dengan mudah.

  1. Setting Semester & Tahun Ajaran

Fitur berikutnya yang memudahkan akademik adalah mengatur semester dan tahun ajaran, sehingga sistem akan menampilkan data sesuai tahun ajaran yang dibutuhkan.

  1. Manajemen Ruangan

Tidak kalah penting, disini juga ada fitur yang memudahkan dalam manajemen ruangan perkuliahan. Sehingganya dalam pengaturan jadwal akan lebih mudah dan menghindari adanya bentrok penggunaan ruangan untuk pembelajaran.

  1. Migrasi Data dari Sistem Sebelumnya

Jika sebelumnya kampus menggunakan sistem yang belum terintegrasi, tidak perlu kahwatir harus menginput satu per satu data kembali ke dalam sistem baru. Menggunakan Portal Akademik dari Garuda Cyber ini mendukung sistem migrasi dengan mudah. Sehingga kampus tidak akan kewalahan dalam proses migrasi data.

  1. Laporan Lengkap

Hal ang sangat fital dan hampir dibutuhkan oleh setiap organisasi maupun institusi adalah berkaitan dengan laporan. Dimana laporan ini nantinya akan sangat berguna sekali dalam mendukung keputusan. Laporan yang lengkap dan tepat akan memberikan keputusan yang baik untuk perkembangan dan kemajuan kampus di masa akan datang. Maka dari itulah Portal ini menyediakan laporan lengkap sesuai kebutuhan perguruan tinggi.

  1. Sinkronisasi DIKTI

Melaporkan dara akademik setiap periode ke Feeder Dikti adalah sesuatu pekerjaan yang membuat operator kampus sering kewalahan. Dimana mereka harus menginput satu per satu data akademik kampus ke sistem, dan jika ada kesalahan harus mengedit satu per satu. Beda halnya jika memanfaatkan Siakad dari Smart Campus ini karena terintegrasi atau sinkronisasi DIKTI. Sehingganya data yang harus dilaporkan cukup satu kali klik akan otomatis tersinkron dengan Feeder Dikti.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia