Cara Membuat Relasi Antar Tabel di PhpMyAdmin

Relasi adalah hubungan antara tabel yang menampilkan relasi antara objek di dunia nyata. Relasi merupakan hubungan yang terjadi di suatu tabel dengan tabel lainnya yang memperlihatkan relasi antara objek pada dunia nyata dan berguna untuk mengatur operasi dalam suatu database.

Memulai membuat tabel di PhpMyAdmin

Sebelum memulai membuka aplikasi phpMyAdmin pastikan kita telah menginstal pada aplikasi computer kita. Jika belum saya menyarankan tools gratis yaitu Xampp. Aplikasi ini adalah aplikasi panel untuk modul-modul yang kita butuhkan seperti apache sebagai local web server kita dan juga database MySQL yang di dalamnya sudah termasuk tools PhpMyAdmin itu. Ikuti langkah-langkah yang saya berikan pada artikel itu hingga selesai dan kita bisa melanjutkan pada postingan ini kembali.

Membuka Tools phpMyAdmin dari Xampp

  1. Jika aplikasi Xampp telah berhasil diinstal, sekarang buka aplikasi itu lalu kemudian klik tombol start pada module Apache dan MySQL.
  2. Jika module keduanya sudah berwarna hijau, artinya telah berjalan dan dapat digunakan. Untuk masuk ke dalam PhpMyAdmin klik tombol admin pada module MySQL
  3. Jendela browser akan di redirect ke alamat http://localhost/phpmyadmin/. Tampilannya seperti berikut:

Membuat Database

Lalu Kita buat database baru menggunakan nama akademik, caranya klik tombol new, lalu inputkan nama databasenya lalu klik buat. Setelah berhasil membuat database, tahapan berikutnya kita aka membuat tabel mahasiswa juga jurusan. Mari kita mulai dari yang pertama dulu untuk tabel mahasiswa.

Baca Juga : Jasa Service AC di Pekanbaru

Kita buat tabel mahasiswa dengan banyak kolom sesuai dengan desain yang sudah kita buat sebelumnya yaitu berjumlah 6 kolom. Selanjutnya kita tekan tombol kirim. Berikutnya kita isi setiap field untuk nama, jenis dan panjang nilainya juga index khusus untuk field/kolom yang akan dijadikan sebagai kunci primer (primary key). Pada tabel mahasiswa field yang tepat untuk dijadikan kunci primer adalah nik karena salah satu syarat field yang menjadi kunci primer harus bersifat unik/ tidak boleh sama.

Mohon diingat teman-teman biasanya juga pada kasus yang lain primary key dijadikan pada field dengan tipe/jenis integer dan memakai auto_increment (dapat dilihat diantara kolom index dan komentar). Dengan menggunakan auto_increment, kita tidak harus entri nilainya, nilanya akan di generate secara otomatis oleh sistem sehingga terhindar dari penggandaan nilai. Kita bisa memakai cara itu, namun karena contoh kasus saya kali ini tentang mahasiswa maka saya gunakan nik dengan tipe char sebagai primary key.

Setelah menginputkan setiap nilainya, berikutnya tekan tombol simpan di paling bawah sebelah kanan.

Setelah membuat tabel mahasiswa, kita bisa kembali ke struktur tabelnya apakah sudah sesuai, jika masih ada yang keliru kita bisa menekan tombol ubah pada field/kolom yang ingin diganti.

Baca Juga : Jual Aplikasi Manajemen Penggajian Rumah Sakit

 Sekarang kita lanjut membuat tabel jurusan, sama dengan pada tabel mahasiswa

Menambahkan Nilai kedalam Tabel

Untuk menambahkan nilai ke dalam tabel tekan pada menu Tambahkan di bagian atas, lalu akan muncul kolom agar kita dapat mengisi nilai sesuai dengan field pada tabel itu.

Membuat Relasi Tabel

Tahap berikutnya kita akan membuat hubungan / relasi antara tabel mahasiswa dan jurusan.

Lihat di dalam tabel jurusan terdapat field kode_jurusan sebagai primary key dan akan kita buat menjadi foreign key dengan nama jurusan pada tabel mahasiswa. Untuk membuat relasi ikuti langkah-langkah berikut ini:

Tahap awal kita membuat index terlebih dahulu, pada kolom jurusan di tabel mahasiswa sebagai kunci sekunder pada tabel itu.

Berikutnya kita diminta melakukan konfirmasi untuk memberikan index terhadap field kode_jurusan. Silahkan klik tombol Oke.

Kemudian selanjutnya kita tekan pada database akademik, maka akan tampil daftar tabelnya, lalu kemudian kita pilih Desainer pada tab menu di paling kanan atas.

Selanjutnya akan tampil desain kedua tabel tersebut, kalo diperhatikan belum ada relasi yang dibuat antara kedua tabel itu.

Untuk membuatnya tekan icon buat relasi di sebelah kiri, kemudian tarik dari field kode_jurusan dari tabel jurusan ke field jurusan dari tabel mahasiswa. 

Selesai sudah kita sudah berhasil membuat relasi untuk kedua tabel itu.

 

Penulis : Surya

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...