Kelebihan dan Kekurangan Decision Tree

Untuk mengambil suatu keputusan tentu lah dengan persiapan yang matang. Dan tidak ingin terjadinya kekeliruan saat mengambil keputusan tersebut. Banyak di sekeliling kita membutuhkan suatu pengambilan keputusan tak terkecuali perusahaan. Namun untuk mendapatkan pengambilan keputusan yang tepat tentunya dengan menggunakan yang namanya Decision Tree.

Apa itu decision tree? decision Tree atau Pohon keputusan merupakan suatu metode klasifikasi yang paling populer karena mudah untuk diinterpretasikan oleh manusia, yang berbentuk struktur pohon untuk mengambil keputusan tersebut.

Konsep dari decision tree ini yaitu dengan mengubah data menjadi decision tree dan aturan-aturan keputusan. Sedangkan manfaat utama dari pohon keputusan ini yaitu kemampuan untuk menyederhanakan proses pengambilan keputusan yang kompleks sehingga pembuat keputusan dapat menafsirkan solusi untuk menyelesaikan masalah.

Pada decision tree terdapat beberapa jenis node yang digunakan pada decision tree. Berikut penjelasannya :

Baca Juga : Tips dan Cara Antisipasi Pekerja Lapangan yang Kurang Efektif

  1. Akar

Akar merupakan suatu node teratas, tidak ada terdapat input pada simpul ini dan tidak ada output atau pun bisa memiliki output yang lebih dari satu.

  1. Internal Node

Internal node merupakan node dari percabangan. Hanya memiliki satu input dan setidaknya ada terdapat dua output di node ini.

  1. Daun

Daun merupakan node akhir atau merupakan terminal node. Memiliki hanya satu input dan tidak ada output atau simpul akhir pada sampul ini dikarenakan ia merupakan simpul akhir pada simpul ini.

Decision tree memiliki tiga jenis sampul, yaitu sebagai berikut

  1. Simpul keputusan, biasanya simpul keputusan diwakili dengan bentuk kontak
  2. Simpul peluang, biasanya simpul peluang diwakili dengan bentuk lingkaran
  3. Simpul akhir, biasanya simpul akhir diwakili dengan bentuk segitiga

 

Karena kita sudah mengetahui apa itu decision tree, maka saat ini kita akan mengetahui apa itu manfaat dari decision tree. Manfaat dari decision tree yaitu berguna untuk mengeksplorasi data, menemukan hubungan tersembunyi antara sejumlah calon variabel input dengan sebuah variasi. Mampu mengeliminasi perhitungan atau data – data yang dikiranya tidak diperlukan. Karena sampel yang ada biasanya hanya diuji berdasarkan kriteria atau tergantung kepada kelas tertentu. Selain itu akurasi dari sebuah klasifikasi atau prediksi adalah hal yang bisa ditonjolkan dalam metode ini. Meski memiliki banyak kelebihan namun metode ini juga memiliki kekurangan yaitu pohon keputusan ini bisa saja terjadi tumpang tindih, terutama pada kelas dan kriteria yang digunakan sangat sering dapat meningkatkan waktu pengambilan keputusan.

Untuk lebih jelasnya lagi terdapat kelebihan serta kekurangan dari pohon keputusan ini. Berikut merupakan kekurangan dan kelebihan dari decision tree.

Baca Juga : Jual Aplikasi Manajemen Karyawan

Kelebihan Decision Tree :

  1. Dapat Menemukan kombinasi data yang tidak terduga
  2. Integrasi yang mudah ke dalam sistem basis data
  3. Memiliki akurasi yang baik
  4. Lokasi keputusan yang sebelumnya sangat kompleks dan sangat global dapat dibuat dengan lebih sederhana dan lebih spesifik.
  5. Dapat menghilangkan perhitungan yang tidak diperlukan. Dikarenakan dengan metode ini sampel hanya akan diuji berdasarkan kriteria ataupun kelas tertentu.
  6. Terdapat pemilihan fitur yang fleksibel dari node internal yang berbeda, sehingga fitur yang dipilih membedakan kriteria lain di node yang sama

Kekurangan dari decision tree :

  1. Tumpang tindih yang terjadi terutama ketika sangat banyak kelas dan kriteria yang digunakan. Ini dapat menyebabkan waktu keputusan yang lebih lama dan memori yang dibutuhkan lebih banyak.
  2. Perhitungan jumlah kesalahan dari setiap level dalam pohon keputusan lumayan besar.
  3. Kesulitan dalam merancang pohon keputusan yang optimal
  4. Hasil kualitas keputusan yang didapat dengan menggunakan metode pohon keputusan sangat tergantung kepada bagaimana pohon itu dirancang.

Demikian lah kelebihan dan kekurangan dari decision tree.

 

Penulis : Riela Annisa

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...