Hubungan Sistem Informasi dengan Manajemen

Sistem informasi merupakan aplikasi yang mendukung untuk organisasi seperti instalasi, perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem informasi manajemen ini merupakan kunci bagian yang menekankan finansial dan individual manajemen.

Mudahnya teknologi informasi ini adalah hasil dari rekayasa manusia tentang proses penyampaian informasinya dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengirim informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

Hubungannya pun sama-sama bergerak di bagian informasi. Dan teknologi informasi ini merupakan bagian dari Sistem informasi. Karena sistem informasi ini dapat tersusun oleh beberapa teknologi informasi. Sehingga jika teknologi informasi ini mengalami kerusakan maka akan mempengaruhi sistem informasi dan juga mengalami gangguan.

  • Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sistem Informasi Manajemen

Di era globalisasi kini, akan ada kehadiran teknologi yang sangat mempengaruhi segala kebutuhan kehidupan baik itu dari ekonomi, pendidikan, pertahanan keamanan maupun bidang lainnya. Bahkan dari dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi yang selalu berkembang dan semakin canggih dengan adanya penemuan-penemuan baru baik dari ukuran, bentuk, kemampuan dan kecepatan. Hal ini akan membawa perubahan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Manusia harus selalu lebih update dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan berpikir lebih maju untuk menghadapi persaingan, memenuhi kebutuhan serta memudahkan manusia dalam mencari informasi maupun menerima informasi. Dan saat ini jarak dan waktu tidak akan lagi menjadi penghalang dalam berkomunikasi.

Baca Juga : Pengertian Mouse

Organisasi bidang pendidikan yang merupakan organisasi non profit atau di bagian pemerintahan misalnya sekolah juga harus memerlukan komunikasi dalam menjalankan organisasinya untuk mencapai tujuan. Menurut pakar komunikasi (dalam Usman, 2009:419) menyimpulkan kalau ada sekitar 75%  sampai  90% waktu kerja yang digunakan oleh pimpinan atau manajer untuk berkomunikasi. Komunikasi memang sangat penting dilakukan demi menyampaikan atau menerima informasi yang akan berguna sebagai bahan pertimbangan dalam membuat suatu keputusan.

Maka organisasi pendidikan ini ingin memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara maksimal dalam proses SIM sehingga akan memudahkan manajer dalam memperoleh informasi yang relevan dan dibutuhkan tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Selain itu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan. Karena melalui pengembangan teknologi informasi dan komunikasi ini dunia pendidikan akan menghadirkan berbagai jenis kegiatan yang berbasis teknologi seperti e-learning, e-library dan sebagainya.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi ini terdiri dari dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Syam (Muhtadi, t.t:4) mendefinisikan teknologi informasi sebagai ilmu yang sangat diperlukan untuk informasi agar dapat ditelusuri kembali dengan mudah dan akurat. Sedangkan teknologi komunikasi menurut Mahmun (t.t:2) mengatakan kalau teknologi komunikasi merupakan teknologi yang berkaitan dengan cara menyampaikan data dan informasi.

Menurut Martin (Zulfa, 2010:3), teknologi informasi dan komunikasi yaitu semua bentuk teknologi yang terlibat dalam pengumpulan, memanipulasi, komunikasi, presentasi dan menggunakan data atau yang ditransformasi menjadi informasi.

Maka dari beberapa definisi di atas dapat kita simpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi yang menggunakan komputer atau alat komunikasi lainnya untuk mengumpulkan, mengolah dan menyampaikan atau mengirim informasi dengan mudah dan akurat.

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Informasi Manajemen.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih dan memberikan peluang bagi dunia pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas serta mencapai tujuan pendidikan. Teknologi komunikasi dan informasi merupakan sarana yang bisa digunakan untuk mengumpulkan atau menyediakan informasi yang dibutuhkan organisasi dengan akurat tanpa menghabiskan banyak waktu sehingga lebih mempercepat kinerja organisasi. Sedangkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) berguna pada organisasi untuk menyediakan informasi-informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh pimpinan dalam pengambilan keputusan.

Maka pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini dalam sistem informasi manajemen akan mendukung gerakan informasi agar berjalan dengan cepat dan akurat. Kemudahan yang ada ini akan membuat SIM menjadi lebih efisien.

Baca Juga : Pengertian Informatika

Contoh adanya sistem informasi akademik (SIAKAD) online yang telah diterapkan berbagai Perguruan Tinggi yang sangat membantu manajer, orang tua, peserta didik maupun karyawan (dosen, TU, dsb) dalam mengakses informasi sehubungan dengan informasi yang dibutuhkan mengenai akademik. Manajer dapat mengambil keputusan berdasarkan SIAKAD misalnya mengenai tentang perkembangan rata-rata nilai mahasiswa.

Ketika terjadinya penurunan maka manajer bisa mengevaluasi penyebab-penyebabnya sehingga dapat mengambil keputusan untuk memperbaiki kelemahan yang ada. Bagi orang tua, mereka bisa melihat perkembangan dan mendapatkan informasi mengenai kemajuan belajar anaknya setiap saat. Bagi peserta didik yang memperoleh kemudahan informasi mengenai perkuliahan, dan bagi karyawan yang juga memudahkan pekerjaan mereka baik dalam menginput nilai maupun penyimpanan data-data nilai.

Komunikasi Data.

Riyanto (2004:1) mendefinisikan komunikasi data ini merupakan sebagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi di antara komputer-komputer atau piranti lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Sedangkan Sutabri (2005:243) menyatakan kalau komunikasi data ini merupakan gabungan dua teknik yaitu teknik telekomunikasi dan pengolahan data. Telekomunikasi berkaitan dengan penyaluran informasi dari satu titik ke titik yang lain. Maka secara umum dapat kita simpulkan bahwa komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi dari suatu titik ke titik lainnya dengan menggunakan kode tertentu melalui media komunikasi. Adapun tujuan dari komunikasi data menurut Sutabri(2005:244) antara lain:

  1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah yang besar secara efisien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari satu tempat ke tempat yang lain.
  2. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya dari jauh (remote computer use).
  3. Memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol (baik sentralisasi maupun desentralisasi).
  4. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem computer.
  5. Mengurangi waktu untuk pengolahan data.

 

Penulis : Yafi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...