WhatsApp-Button
Jual Sistem Manajemen Asset (Inventaris) Kampus

Jual Sistem Manajemen Asset (Inventaris) Kampus

  2021-01-29 16:48:43     Ulti Desi Arni     Dibaca 185 kali

Jual Sistem Manajemen Asset (Inventaris) Kampus - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Sebuah perguruan tinggi atau kampus merupakan salah satu organisasi yang memiliki proses bisnis yang sangat kompleks. Dimana banyak sekali aktivitas dan operasional terjadi di dalamnya agar berlangsungnya kampus tersebut. Proses bisnis yang cukup komplek tersebut tentu saja harus dimanajemen secara baik dan tepat, sehingga tentu saja tidak cukup dikelola dengan hanya menghandalkan cara manual.

Diantara proses bisnis yang cukup rentan dan sensitif yaitu berkaitan dengan asset atau inventaris yang dimiliki perguruan tinggi tersebut. Sebagai institusi pendidikan yang besar tentu saja memiliki yang namanya asset dalam mendukung semua aktivitas yang ada. Asset yang dimiliki sebuah kampus atau perguruan tinggi bisa berupa ruangan belajar, laboratorium, ruangan dosen, mushola, perlengkapan dan kebutuhan penunjang proses belajar mengajar dan banyak hal lainnya.

Bisa kita katakan asset pada kampus tersebut baik berupa sarana prasarana untuk belajar menggajar maupun inventaris yang ada. Maka dari itu penting sekali bagi pihak manajemen memahami kebutuhan terkait asset ini agar kualitas kampus terus meningkat. Dengan asset yang memadai dan pengelolaan yang tepat tentu akan sangat mendukung sekali dalam kelancaran setiap aktivitas yang ada pada perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga : Domain dan Hosting

Asset ini adalah modal yang bisa dikatakan sangat penting dalam menunjang kinerja dan operasional sebuah institusi. Maka dari itu keberadaannya perlu diidentifikasi, dirawat serta dikelola dengan baik agar penggunaannya bisa efektif dan efisien. Setiap harinya dengan adanya asset akan mendukung operasional yang terjadi, maja kegiatan operasional bisa terhambat jika informasi untuk mengelolanya tidak tepat.

Pada sebuah perguruan tinggi terkait asset yang dimiliki ini tentu menjadi perhatian penting untuk di manajemen, sehingganya kampus dituntut harus mempunyai fokus terintegrasi pada setiap bidang yang ada apa saja yang berkaitan dengan kebutuhannya. Secara sederhananya, ketika kampus mengelola inventaris ini ia membutuhkan sistem informasi yang tepat agar semua termanajemen keseluruhan serta bisa terkelola dengan baik dan tepat. Sebab kebutuhan informasi mengenai data dan aset ini akan sangat penting sekali dalam menunjang atau memperbaiki kinerja sebuah perguruan tinggi.

Mengingat begitu pentingnya manajemen inventaris ini maka cara manual tentu bukanlah solusi tetap dalam pengelolaannya. Kita tahu bahwa saat ini berada di era digitalasi, dimana teknologi yang hadir menawarkan banyak sekali kemudahan untuk para penggunanya. Secara umum beberapa instansi sudah memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan inventaris ini, maka hal serupa haruslah diterapkan oleh kampus agar data tersistem secara baik.

Memanfaatkan sistem terintegrasi menjadi solusi tepat dan terbaik yang seharusnya dilakukan kampus, dimana sistem terintegrasi akan mencatat dan memberikan ragam kemudahan tentunya. Dalam manajemen asset atau inventaris ini, maka Aplikasi manajemen terintegrasi bisa dikatakan pilihan yang harus ditetapkan.

Fitur-Fitur dalam Aplikasi Manajemen Asset Kampus

Ketika sebuah perguruan tinggi beralih dari cara manual dengan memanfaatkan digitalisasi, tentu saja banyak sekali manfaat akan dirasakan. Di era digitalisasi saat ini, teknologi yang hadir terus berkembang menawarkan banyak kemudahan untuk para penggunanya, termasuk dalam manajemen asset kampus ini.

Aplikasi Manajemen Asset Kampus dari Garuda Cyber merupakan salah satu Aplikasi yang terdapat dalam Smart Campus, dimana Smart Campus ini adalah salah satu produk unggulan yang di dalamnya terdapat banyak sekali sistem atau aplikasi saling terintegrasi. Tentu saja sudah banyak kampus yang merasakan ragam manfaat dari Aplikasi Manajemen Asset Kampus.

Di dalam Aplikasi Manajemen Asset Kampus terdapat banyak sekali fitur yang mendukung kemudahan dalam pengelolaan asser. Setiap fitur yang ada juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kampus. Adapun fitur-fitur tersebut adalah :

Baca Juga : Pengertian Subdomain dan Fungsinya

  1. Manajemen Data Inventaris Tetap

Fitur utama yang tersedia di dalam Aplikasi Manajemen Asset Kampus ini adalah untuk memanajemen data inventaris tetap yang dimiliki kampus. Dengan adanya sistem manajemen yang baik, maka pengelolaan terkait asset tetap akan berjalan dengan baik. Bahkan informasinya juga bisa didapatkan dengan mudah, kapanpun dan dimanapun saat dibutuhkan.

  1. Manajemen Data Inventaris Habis Pakai

Selain adanya inventaris tetap, tentu saja dalam menunjang operasional perguruan tinggi ini memiliki inventaris habis pakai. Agar setiap aktivitas berjalan yang baik, maka inventaris habis pakai bisa dimanajemen secara baik melalui sistem ini. Sehingga setiap kebutuhan dan lama pakai akan tercatat secara baik.

  1. Manajemen Penerimaan Inventaris

Pada sebuah kampus tentu saja memiliki divisi atau unit yang berbeda, dimana setiap devisi tersebut memiliki kebutuhan inventaris yang berbeda pula. Setiap devisi yang menerima asset akan tercatat secara baik di dalam sistem ini. Sehingga tidak adanya data yang simpang siur atau redundancy data.

  1. Manajemen Pengajuan Inventaris

Setiap unit atau divisi pada perguruan tinggi dapat mengajukan kebutuhan inventaris melalui sistem, dan pengajuan itu akan dicek oleh pihak yang berwenang untuk disetujui. Sehingganya dengan adanya data tersistem maka informasi untuk pengajuan akan lebih mudah diperoleh.

  1. Manajemen Penempatan Inventaris

Selain itu, pada Aplikasi Manajemen Asset Kampus juga memiliki fitur untuk memanajemen peletakan inventaris. Sehingga inventaris yang dimiliki kampus bisa dengan mudah dilacak keberadaannya berdasarkan informasi yang ditampilkan oleh aplikasi.

  1. Manajemen Peminjaman Inventaris

Ada kalanya bagian unit tertentu membutuhkan asset dari unit lainnya, maka sistem ini mendukung pencatatan peminjaman. Jika peminjaman ini tercatat secara baik tentu kehilangan asset dan kerugian lainnya bisa diminimalisir.

  1. Manajemen Penghapusan Inventaris

Fitur selanjutnya yang ada di dalam Aplikasi Manajemen Asset Kampus adalah manajemen penghapusan data yang sekiranya inventaris tersebut memang sudah rusak dan tidak ada lagi.

  1. Laporan Lengkap

Fitur terpenting dimana aplikasi menyediakan laporan secara lengkap. Kita tahu bahwa laporan ini sangat penting sekali dalam pengambilan keputusan serta menunjang kemajuan sebuah perguruan tinggi. Maka Aplikasi Manajemen Asset Kampus ini menyediakan laporan yang lengkap sesuai kebutuhan kampus.

  1. Integrasi Keuangan Kampus

Pengadaan tentu saja berkaitan dengan keuangan, maka Aplikasi Manajemen Asset Kampus ini terintegrasi langsung dengan keuangan kampus. Setiap adanya pembelian barang maka akan langsung tercatat sebagai pengeluaran pada aplikasi keuangan.

 

#GarudaCyber23Januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia