WhatsApp-Button
Macam - Macam Algoritma Kecerdasan Buatan

Macam - Macam Algoritma Kecerdasan Buatan

  2021-02-01 16:35:01     Ulti Desi Arni     Dibaca 477 kali

Sebelum membahas lebih jauh tentang macam – macam algoritma kecerdasan buatan, kita harus tau apa itu algoritma dan apa itu kecerdasan buatan. Algoritma adalah urutan / susunan langkah – langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah.

Kecerdasan Buatan adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang ditanamkan ke dalam mesin dan diprogram agar bisa berpikir layaknya seperti manusia, sedangkan menurut Mc Leod dan Schell, kecerdasan buatan atau yang biasa disebut Artificial Intelligence adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan pemikiran yang cerdasnya sama seperti manusia bahkan bisa lebih.

Berarti Artificial Intelligence merupakan system komputer yang bisa melakukan pekerjaan - pekerjaan manusia yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Artificial Intelligence merupakan teknologi yang memerlukan data atau hal yang telah dicoba untuk dijadikan pengetahuan, sama seperti manusia tetapi bisa melakukan hal yang lebih baik.

Baca Juga : WiFi dan Hotspot

Artificial Intelligence membutuhkan banyak percobaan atau pengalaman yang bisa disebut sebagai data agar kecerdasannya bisa lebih maksimal. Artificial Intelligence memiliki beberapa poin penting dalam prosesnya yaitu learning, reasoning, dan self correction.

Kecerdasan Buatan perlu belajar untuk memperkaya pengetahuannya. Proses belajar Kecerdasan Buatan tidak selalu disuruh oleh manusia, melainkan Kecerdasan Buatan akan belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan saat digunakan oleh manusia.

Kecerdasan buatan memiliki proses agar bisa dijadikan pembelajaran, pemikiran, dan mengoreksi diri sendiri agar bisa menjadi system yang lebih baik.

Kecerdasan buatan ini pernah mengungkapkan sebuah kata yaitu “Jika aku tidak bisa menang, maka setidaknya aku tidak boleh kalah”. AI bisa mengatakan itu dikarenakan dia memiliki proses self correction.

Salah satu contoh kehebatan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) yaitu AlpahGo. Saat awal dikembangkan dia diberi 100 ribu data pertandingan Go untuk dipelajari. Selanjutnya AlphaGo akan memainkan Go sendiri dari data yang sudah dipelajari dan setiap dia kalah dia akan mempelajari dan memperbaiki cara ia bermain dan proses bermain yang dilakukan oleh AlphaGo ini akan diulang sampai jutaan kali.

Hal ini terbukti ketika AlphaGo bermain dengan juara dunia Go pada tahun 2016 dia berhasil menjadi pemenangnya.

Baca Juga : LAN, MAN & WAN

Secara garis besar sebuah Kecerdasan Buatan bisa melakukan salah satu dari keempat faktor berikut.

  • Acting humanly, sistem yang dapat bertindak layaknya manusia.
  • Thinking humanly, sistem yang bisa berpikir seperti halnya manusia.
  • Think rationally, sistem yang mampu berpikir secara rasional.
  • Act rationally, sistem yang mampu bertindak secara rasional.

Macam – Macam Kecerdasan Buatan yang harus kita ketahui yaitu.

  • Supervised Learning : Memprediksi Masa Depan
  • Unsupervised Learning : Tidak ada Target yang Ditetapkan
  • Reinforcement Learning : Proses Pengambilan Keputusan

Contoh Kecerdasan Buatan.

Kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence ini telah banyak diterapkan di berbagai bidang seperti industri, medis, pendidikan, bisnis bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh dari penerapan AI yang biasa kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

  • DeepFace Facebook
  • Rekomendasi E-Commerce
  • Fitur Email di Gmail
  • Asisten Virtual.

 

Penulis : Edrian


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia