Persamaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah gabungan dari sistem teknologi dan aktivitas yang juga menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung operasi dan manajemen. Sistem informasi yang sering digunakan interaksi dengan antara orang seperti, proses algoritmik, data, dan teknologi. Hal ini, tidak hanya digunakan kepada pengguna organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Namun untuk cara ini dimana orang yang berinteraksi dengan teknologi juga mendukung proses bisnis. Yang membuat perbedaan antar sistem informasi yaitu komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini akan berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

Alter berpendapat sistem informasinya sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah sistem yang melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan kepada pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.

Oleh karena itu, sistem informasi berhubungan dengan data di satu sisi dan aktivitas di sisi lain. Sistem informasi ini merupakan bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi ini dapat juga dianggap sebagai bahasa formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan. Sistem informasi ini merupakan fokus utama untuk studi disiplin organisasi informatika.

Baca Juga : Guru Les Privat SMA di Pekanbaru

Sistem informasi gabungan ini terorganisasi dari perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

Sistem informasi ini merupakan organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Sistem informasi ini juga mengumpulkan sub sistem baik itu dari secara fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.

Teknologi Informasi

TI adalah teknologi yang mencakup macam-macam bidang seperti perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa pemrograman, dan data konstruksi. Singkatnya membuat data informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI sedang menyediakan bisnis dengan empat layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis yaitu bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.

Baca Juga : Guru Les Privat Kimia di Pekanbaru

TI melakukan macam-macam fungsi (TI Disiplin atau Kompetensi) mulai dari menginstal aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan database informasi. Beberapa tugas yang harus dilakukan TI mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara ke seluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan.

Persamaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Sistem Informasi yaitu terintegritasi yang dapat menyediakan informasi berguna untuk penggunanya. Tetapi teknologi informasi merupakan hasil dari rekayasa manusia sehingga proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima akan lebih cepat, semakin lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya. Bisa disimpulkan persamaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi adalah Sistem Informasi merupakan sistem yang menyediakan informasi untuk penggunanya. Sedangkan Teknologi Informasi ini lebih kepada teknologi yang dipakai untuk mendukung seluruh aktivitas Sistem Informasi. Persamaan dari Sistem Informasi dan Teknologi Informasi adalah Sistem Informasi ini cenderung lebih mengacu kepada pemaksimalan Software sedangkan Teknologi Informasi ini pemaksimalannya lebih kepada Hardware.

 

Penulis : Yafi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...