Arti pentingnya Penelitian di Zaman Modern

Penelitian merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi yang akan dibutuhkan dan juga mengumpulkan data yang diperlukan. Banyak ahli yang menyimpulkan apa itu maksud dari penelitian. Untuk kesimpulannya, penelitian merupakan sebuah pengamatan yang bertujuan untuk mencari jawaban atas suatu permasalahan dengan melalui pendekatan ilmiah dan pengumpulan fakta.

Tujuan penelitian adalah :

  • Mendapatkan informasi baru

Informasi baru dapat dilakukan oleh penelitian ketika sedang mengumpulkan data untuk menyimpulkan pada bahan penelitian.

  • Memprediksi bahan penelitian

Bertujuan untuk memprediksi bahan penelitian yang akan menjadi hasil dari penelitian yang harus sesuai dengan analisanya.

  • Mengembangkan penelitian

Ini bertujuan untuk mengembangkan teori yang ditemukan berdasarkan teori yang sesuai dengan apa saja yang diteliti sehingga bisa dikembangkan oleh peneliti.

  • Memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat

Peneliti disini bisa mendapatkan hal baru yang akan mereka pecahkan dengan meneliti apa saja yang terjadi di masyarakat lalu peneliti bisa membantu apa saja yang sedang diperlukan oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga : Jual Aplikasi Siakad Kampus

Pentingnya penelitian ini karena akan menghasilkan dan menemukan penemuan inovasi yang baru untuk si peneliti yang kebenarannya bisa dapat dilihat sendiri oleh si peneliti. Sehingga peneliti ini bisa menjawab dan memberikan sebuah solusi yang tepat dalam memberikan jawaban kepada orang yang belum mengetahui apa yang terjadi di tempat tersebut. Para ilmuan melakukan riset untuk melakukan meneliti dan mencari data apa saja yang diperlukan pada saat mereka akan melakukan suatu percobaan. Ilmuan tersebut melakukan langkah yang sangat penting dalam dunia pengetahuan dan teknologi.

Berdasarkan tujuan dan kegunaannya, jenis peneliti dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Berdasarkan tujuan

Penelitian Deskriptif

Ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dengan beberapa indikator yang menyangkut pada permasalahan social yang menjadi objek penelitian

Penelitian Eksploratoris dan Eksplanatoris

Penelitian Eksploratoris berarti sebuah penelitian yang dilakukan dengan peneliti yang tidak familiar dengan masalah yang diteliti. Sedangkan Penelitian Eksplanatoris berarti penelitian yang bertujuan untuk memberikan jawaban untuk suatu permasalahan sosial dan juga permasalahan sosial lainnya.

  1. Berdasarkan kegunaannya

Penelitian Murni

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah ide, konsep serta menguji kebenaran hasil dari teori yang sudah ada sebelumnya.

Penelitian Terapan

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah yang ada pada masyarakat yang bersifat praktis.

Baca Juga : Metode Belajar Mengajar Efektif di Kala Pandemi

Dalam sebuah penelitian, ada beberapa langkah yang akan kalian lakukan untuk meneliti, yaitu:

  • Menentukan apa masalahnya.
  • Mengkaji teori penelitian sebelumnya dengan peneliti yang sedang kalian lakukan.
  • Merumuskan masalah dari apa yang akan kalian teliti.
  • Menyusun definisi yang akan kalian teliti.
  • Mengumpulkan data dan fakta apa saja yang akan diteliti.
  • Menganalisa data yang ditemukan dengan tori yang sedang digunakan.
  • Menulis laporan dari hasil penelitian.

Selain jenis dari penelitian, metode penelitian juga harus memiliki metode yang jelas apa dan darimana bahan penelitian. Metode penelitian diartikan sebagai cara yang digunakan dalam melakukan proses penelitian untuk mendapatkan hasil dari apa saja yang akan diteliti.

  1. Metode Deskriptif

Metode ini digunakan untuk menjelaskan secara detail suatu fakta yang sedang terjadi dalam memecahkan masalah tersebut.

  1. Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian Kualitatif merupakan suatu metode yang fokus pada pemahaman mendalam terhadap suatu permasalahan tertentu dan dijelaskan secara detail.

  1. Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian Kuantitatif merupakan jenis penelitian yang dilakukan lebih spesifik dan detail. Berbeda dengan kualitatif, karena kualitatif menggunakan metode yang menggunakan angka.

 

Penulis : Yazid H

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...