Jual Aplikasi Tracer Studi Kampus

Jual Aplikasi Tracer Studi Kampus

Ketika mendengar Tracer Studi tentu saja ini erat kaitannya dengan para Alumni, dimana pada sebuah kampus Alumni memiliki peranan yang cukup penting. Ketika mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dari jurusan tertentu maka ia masih berperan penting untuk kampus, salah satunya sebagai penilaian akan kesuksesan mereka selama menempuh pendidikan di jurusan tersebut.

Suksesnya seorang alumni untuk mendapatkan pekerjaan atau memulai bisnis sesuai dengan kompetensinya menjadi poin penilaian tersendiri bagi kampus. Pihak perguruan tinggi memiliki tugas untuk melacak para alumni ini setelah mereka lulus. Tidak hanya sebagai bahan evaluasi bagi kampus, namun informasi para alumni juga penting dalam pelaksanaan Akreditasi Kampus.

Saat ini kompetensi yang ada di antara perguruan tinggi kini semakin waktu terus meningkat, baik itu tingkatan nasional bahkan internasional. Setiap kampus berupaya untuk kesuksesan dan meningkatkan kualitas mutu yang ada. Sehingganya dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut juga harus di dasarkan pada sistem manajemen mutu yang baik pula. Hal tersebut dilakukan agar kampus dapat menghasilkan para lulusan yang berkarakter baik, berpotensi tinggi serta profesional dalam bekerja.

Maka dari itulah setiap perguruan tinggi harus melakukan penilaian untuk setiap kinerja terkait proses pembelajaran dan para lulusan mereka. Hal tersebut juga terdapat dalam aturan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Dimana di dalam aturan tersebut menyatakan bahwa evaluasi terkait kinerja proses pembelajatan dan kinerja lulusan adalah suatu keharusan bagi sebuah lembaga atau institusi penyelenggara kegiatan akademik.

Baca Juga : Fungsi Organisasi dan Arsitektur Komputer

Pengertian Tracer Studi

Hal inilah yang menjadi penyebab pentingnya Tracer Study bagi perguruan tinggi agar bisa tetap melacak dan memantau para alumni mereka. Definisi dari Tracer Study itu sendiri merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh perguruan tinggi atau lembaga pendidikan guna melacak alumni yang telah lulus dari kampus tempat mereka menimba ilmu, dimana data hasil yang dibutuhkan ini bisa berguna untuk akreditasi serta pendataan para alumni.

Melakukan pelacakan alumni ini merupakan salah satu bagian dari kampus dimana dengan harapan mampu menyediakan informasi berupa hasil pendidikan. Informasi yang didapatkan tersebut kemudian dimanfaatkan dalam menjamin kualitas pendidikan di institusi tersebut dan diharapkan jugs mampu digunakan sebagai pengembangan lebih lanjut demi kemajuan sebuah instansi pendidikan penyelenggara.

Pada aktivitas pelacakan para alumni, umpan balik yang diberikan berkaitan dengan kekurangan pelaksanaan program studi, penyediaan dan pengaplikasian di masa akan datang. Karena itulah kampus membutuhkan informasi berupa status, karier, hingga pendapatan para alumni mereka. Selain itu, informasi yang berkaitan dengan keahlian, posisi, pengetahuan serta ruang lingkup pekerjaan juga harus didata. Para lulusan tersebut diminta harus bisa memberikan evaluasi berdasarkan kondisi yang mereka alumni selama di bangku perkuliahan dan kemudian dihubungkan dengan dunia kerja yang tengah dihadapinya.

Dalam melakukan pelacakan tersebut tentu saja kampus tidak bisa hanya menghandalkan cara manual, dengan meminta setiap para alumni datang ke kampus untuk sekedar mengisi formulir. Tentu saja mereka sudah banyak yang berada jauh, sehingga enggan untuk datang ke kampus.

Aplikasi Tracer Study Kampus

Mengingat pentingnya Tracer Study bagi perguruan tinggi, maka sudah selayaknya kampus benar-benar memperhatikan hal ini. Jika hanya menghandalkan cara manual, tentu saja ini sangat tidak efisien dan efektif maka dari itu peran teknologi penting sekali di dalamnya. Sebagaimana kita ketahui juga bahwa saat ini kita berada di era digitalisasi, dimana perkembangan teknologi informasi yang ada menawarkan banyak sekali kemudahan untuk penggunanya.

Beragam bidang kerja atau industripun telah memanfaatkan sistem digital dalam mendukung operasional mereka. Hal inilah yang menjadi alasan terkuat sebagai instansi pendidikan yang bertujuan mencerdaskan anak bangsa sudah selayaknya memanfaatkan sistem digitalisasi dalam menunjang aktivitas yang ada. Salah satu teknologi yang mumpuni dalam membantu melacak para Alumni ini adalah memanfaatkan Aplikasi atau Sistem Tracer Study.

Aplikasi Tracer Study ini adalah teknologi tepat guna yang membantu dalam menghubungkan para alumni kampus dari sebuah perguruan tinggi baik dengan alumni lainnya, maupun dengan pihak kampus. Melalui aplikasi ini kampus bisa mendapatkan informasi terkait alumni mereka dengan mudah, selain itu para alumni juga memperoleh informasi lowongan pekerjaan dengan mudah pula. Informasi mengenai lowongan pekerjaan ini bisa saja dari pihak kampus, atau perusahaan yang bermitra dengan kampus. Selain itu sesama para alumni juga bisa saling bertukar informasi terkait lowongan pekerjaan.

Ketika sebuah kampus benar-benar memanfaatkan teknologi secara tepat dalam menunjang aktivitasnya seperti pengaplikasian sistem Tracer Studi ini salah satunya tentu saja akan banyak sekali manfaat dan kemudahan dirasakan. Data alumni bisa di dapatkan dengan cepat, dan mudah serta sangat membantu dalam mendukung proses akreditasi nantinya.

Baca Juga : Perbedaan RAM dan Memori Internal Pada Smartphone

Sistem Tracer Study dengan ragam keunggulan dan manfaat ini tentu saja bisa kampus dapatkan dalam produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Campus. Dimana di dalam Smart Campus ini terdapat beberapa aplikasi saling terintegrasi, salah satunya Sistem Tracer Study. Kita ketahui di era digitalisasi saat ini, sistem terintegrasi merupakan sebuah kebutuhan dan mesti dimiliki oleh kampus.

Fitur-fitur Aplikasi Tracer Study Kampus

Dengan ragam manfaat dan keunggulan ditawarkan oleh Aplikasi Tracer Study Kampus tentu saja tidak terlepas dari fitur atau menu yang mendukung. Setiap fitur yang ada akan menjadi bagian terpenting bagi kampus, serta sesuai kebutuhan dalam mendukung proses pendataan lulusan mereka.

Adapun beberapa fitur yang ditawarkan dalam Aplikasi Tracer Study Kampus dalam Smart Campus Garuda Cyber ini adalah :

  1. Manajemen Data Alumni

Fitur pertama tentu saja sesuai tujuan keberadaan Aplikasi ini yaitu memudahkan dalam memanjemen para lulusan. Maka sistem ini akan memanjemen data-data setiap alumni kampus secara baik. Data akan tersimpan di dalam database sehingga ketika dibutuhkan akan bisa didapatkan dengan mudah, cepat dan tepat.

  1. Manajemen Data Perusahaan

Selain adanya fitur untuk manajemen data lulusan, disini juga tersedia fitur untuk manajemen data perusahaan yang bekerja sama. Sehingga para alumni bisa melihat daftar perusahaan yang bekerja sama dengan kampus, ketika ada lowongan pekerjaan mereka bisa mempertimbangkannya. Pihak perusahaan juga bisa menginput informasi terkait open loker ketika merekrut karyawan baru.

  1. Kuisioner Alumni

Pada sistem ini juga terdapat kuesioner yang bisa diisi para lulusan tanpa harus datang langsung ke kampus. Kuesioner ini tentu saja berupa pertanyaan sesuai kebutuhan kampus, serta sesuai kondisi alumni saat ini.

  1. Informasi Lapangan Kerja

Melalui sistem ini terdapat fitur yang memudahkan para lulusan untuk mendapatkan informasi terkait lapangan pekerjaan yang ada. Sebagaimana sudah dijelaskan sistem ini mendukung kerja sama dengan beberapa perusahaan sehingga, lapangan pekerjaan akan terbuka luas disini berdasarkan perusahaan yang melakukan open recruitment.

  1. Apply Lamaran oleh Alumni

Tidak hanya sekedar mendapatkan informasi lapangan pekerjaan saja, melalui sistem ini para lulusan juga bisa mengapply langsung lamaran pekerjaan yang tersedia.

  1. Laporan Lengkap

Tidak kalah penting yaitu fitur unggulan dalam aplikasi ini adalah laporan lengkap. Dimana laporan ini sangat dibutuhkan sekali dalam mendukung pengambilan keputusan di masa akan datang.

 

#GarudaCyber23Januari 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...