WhatsApp-Button
5 Kunci Keputusan Tata Kelola Teknologi Informasi

5 Kunci Keputusan Tata Kelola Teknologi Informasi

  2021-01-27 16:52:50     Ulti Desi Arni     Dibaca 585 kali

Saat ini Teknologi Informasi ( TI ) memiliki peran yang penting dalam meningkatkan keunggulan bersaing bagi organisasi atau enterprise, karena Teknik Informasi dapat menciptakan nilai bagi organisasi, Suatu organisasi untuk dapat bertahan hidup dan bersaing, sangat bergantung pada Teknik Informasi sebagai salah satu tujuan untuk pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran organisasi.

Tak terkecuali dengan Institusi X, merupakan sebuah organisasi yang mempunyai fungsi sebagai aparatur konsultatif perwakilan Teknologi Informasi sebagai inti dan penunjang proses bisnisnya. Tata kelola Teknologi Informasi merupakan struktur hubungan dan proses untuk mengarahkan dan mengendalikan organisasi untuk mencapai tujuannya, dengan menambahkan nilai ketika menyeimbangkan resiko dibandingkan dengan Teknologi Informasi dan prosesnya. Dalam penelitian ini dilakukan analisis pola keputusan tata kelola Teknologi Informasi, untuk menetapkan suatu rekomendasi yang berupa pemetaan dan penetapan 5 ( lima ) kunci keputusan dengan pola keputusan Teknologi Informasi.

Baca Juga : Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

Untuk mencapai Teknologi Informasi sebagai inti dan penunjang proses bisnis diperlukan suatu pengelolaan Teknologi Informasi yang ada secara terstruktur.

  • Prinsip Teknologi Informasi

Prinsip Teknologi Informasi yaitu High-Tech-High Touch. Sedangkan untuk fungsi teknologi informasi adalah sebagai berikut : Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Strorage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).

Pengertian Teknologi Informasi adalah suatu studi. Perancangan, pengembangan, implementasi, dukungan atau manajemen system informasi berbasis komputer. Teknologi Informasi memanfaatkan personal computer dan software untuk mengubah (change), menyimpan (save), melindungi (protect), memproses (process), mentransmisikan (transmission), dan memperoleh informasi secara aman.

Tujuan utama dari sistem komputer adalah mengolah dan memperoleh data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan tersebut dapat dilakukan, jadi komputer harus memiliki elemen – elemen yang mendukungnya. Adapun elemen – elemen komputer itu terdiri dari perangkat keras (hardware). Perangkat lunak (software) dan manusia sebagai pengguna / user yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur system komputer (brainware).

  • Arsitektur Teknologi Informasi

Arsitektur Teknologi Informasi adalah cetak biru yang menerjemahkan strategi perusahaan menjadi rencana sistem informasi. Arsitektur Teknik Informasi dibuat berdasarkan strategi perusahaan. Melalui pemahaman dan pengetahuan terhadap setiap strategi, maka arsitektur dapat dibuat dalam cetak biru, yang kemudian menjadi landasan pembuatan infrastruktur.

Jadi pertama yang dipikirkan secara strategis terkait dengan infrastruktur Teknologi Infromasi adalah:

  1. Strategi bisnis perusahaan yang mencakup visi, misi dan tujuan bisnis perusahaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang yaitu Bisnis Strategi
  1. Strategi perencanaan arsitektur dan infrastruktur perusahaan yaitu Teknologi Informasi Strategi
  1. Mengetahui dan mengikuti perkembangan Teknologi Informasi. Karena perkembangan dunia Teknologi Informasi yang pesat harus diimbangi dengan kecepatan di dalam antisipasi dan reaksinya yaitu Informasi Teknologi Strategi
  • Infrastruktur Teknologi Informasi

Sumber daya teknologi yang menyediakan tempat / wadah untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang rinci.

Baca Juga : Etika yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan HP

Infrastruktur Teknologi Informasi meliputi investasi dalam :

  • Perangkat Keras
  • Perangkat Lunak
  • Layanan
  • Aplikasi Bisnis Informasi

Komunikasi Bisnis dengan Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu proses pengirim dan penerima pesan. Informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan.

Ada berbagai macam bisnis saat ini yang bergerak pada bidang Teknologi Informasi. Bidang bisnis tersebut antara lain :

  1. Software House ( Microsoft, Apple Inc, Google Inc )
  2. Konsultant IT ( Fransilvia Consulting dan Smart Soft Studio )
  3. E-Commerce ( Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli )
  • Investasi Teknologi Informasi

Keputusan yang diambil oleh organisasi untuk meningkatkan sumber daya dari pengeluaran biaya yang nyata dari teknologi informasi dengan harapan manfaat dari pengeluaran tersebut mencapai nilai dari apa yang diharapkan.

 

Penulis : Edrian


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia