Pengertian Internet

Siapa yang belum pernah mendengar istilah internet sekarang ini? Mungkin Hampir banyak orang mulai dari usia anak-anak sampai orang dewasa atau mungkin lansia sekalipun sudah Tidak asing lagi dengan istilah itu. Bahkan Pengertian internet itu mungkin saja sudah banyak yang bisa Anda rumuskan secara perlahan.                                                                 

Bahkan saat ini, hampir seluruh aspek pekerjaan dalam kehidupan kita sehari-hari sudah bergantung pada internet. Memang Sudah tidak cara awam lagi untuk mencari semua solusi dan jawaban yang di inginkan ada di internet. Saat kalian mencari resep makanan, pada saat kalian mencari berita, dan juga ketika Anda memesan barang atau produk tertentu.

Sehingga pada saat ini sudah jarang di temukan orang yang tidak mengenal internet. Teknologi yang sangat bagus ini menjauhkan kita dari mereka para orang-orang sekitar dari kita. Pada Tempat nongkrong misalnya, pengunjung yang datang dan semakin banyak yang menanyakan password WiFi kepada pelayannya sebelum pengunjung memesan makanan.  

Bahkan Setelah selesai menyantap makanan yang dipesan tadi pun, satu keluarga yang awalnya makan satu meja menjadi sibuk dengan perangkat mobile atau ponnselnya masing-masing untuk memakai internet.    

Baca Juga : Jual Aplikasi E-Learning Sekolah                       

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan internet?                                            

Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi yang menyambungkan suatu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara menyeluruh merupakan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (di persingkat menjadi sebuah istilah TCP/IP). TCP/IP ini ialah protokol perputaran paket (pada istilah asingnya adalah Switching Communication Protocol) yang bisa dipakai sebagai lebih dari miliaran pengguna yang terdapat di dunia. Selain itu, yang dimaksud istilah “internetworking” yaitu cara/prosesnya dalam mengaitkan rangkaian jaringan internet serta menerapkan aturannya yang sudah di beri tau tadi sebelum materi ini.                                                                            

Awal munculnya Internet berasal dari penelitian yang di beri tugas oleh pemerintah federal Amerika Serikat pada saat tahun 1960-an untuk membuat komunikasi yang kuat dan toleran kepada kesalahan dengan koneksi komputer.

Jaringan prekursor utama, ARPANET, mulanya berfungsi untuk tulang punggung sebagai interkoneksi jaringan akademik dan militer regional pada Tahun 1980-an.dan sebagai donator dana adalah National Science Foundation Network sebagai tulang punggung pendanaan baru pada tahun 1980, dan mereka juga menjadi donatur pendanaan swasta untuk ekstensi komersial lainnya, untuk mendorong partisipasi dunia pada proyek pengembangan teknologi jaringan baru, dan penggabungan banyak jaringan.

Keterkaitan jaringan komersial dan perusahaan di awal tahun 1990 sebagai penanda atau perusahaan pertama yang menggunakan transisi ke Internet modern, dan memberi hasil pertumbuhan eksponensial yang berkelanjutan ketika generasi komputer institusional, sendiri, dan seluler terhubung ke jaringan. Walau Internet banyak dipakai oleh akademisi mulai pada tahum 1980, komersialisasi memasukkan layanan dan teknologinya ke dalam hamper ke setiap aspek kehidupan modern.      

Baca Juga : Hubungan Antar Entitas Dalam Basis Data                                                    

Begitu pula hampir Sebagian besar media komunikasi tradisional, termasuk telepon, radio, televisi, surat kertas dan surat kabar di cetak ulang, didefinisikan ulang, atau bahkan di langkaui oleh Internet, sehingga dapat menghasilkan layanan baru seperti email, telepon Internet, televisi Internet, musik online, surat kabar digital, dan situs web streaming video.

Surat kabar, buku, dan penerbitan cetak lainnya beradaptasi dengan teknologi situs web, atau dapat dibentuk lagi menjadi blogging, feed web, dan agregator berita online. Internet sudah memungkinkan dan membuat lebih cepat bentuk interaksi pribadi baru lewat pesan simpel, forum Internet, dan jejaring sosial. 

Belanja online telah tumbuh secara eksponensial baik untuk pengecer besar, usaha kecil dan pengusaha, karena dapat memungkinkan perusahaan untuk membuat area kehadiran lebih lebarbatu bata dan mortir mereka untuk melayani pasar yang lebih luas atau bahkan menjual barang dan jasa sepenuhnya online. Layanan bisnis-ke-bisnis dan keuangan di Internet sangat mempengaruhi bekal produk di seluruh industri.

 

Penulis : Jusep

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...