Manfaat Belajar Komputer di Sekolah

Di Zaman era globalisasi saat ini banyak hal yang dapat dilakukan seseorang dengan komputer. Nah Komputer itu sendiri adalah alat bantu atau media untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam bidang sekolah atau pendidikan maupun yang lainnya. Komputer sangat penting berperan aktif dalam pendidikan. Selain dapat mengakses sebuah informasi dari segala penjuru dunia, jadi komputer juga dapat membantu para pemakai pelajar dan guru untuk mengajar dan menyajikan pelajaran yang kreatif dan menarik baik di sekolah maupun di perguruan tinggi jadi sehingga peserta didik dapat merasa nyaman dengan pengajaran yang telah diberikan oleh guru atau pendidik.

Komputer sebagai sarana untuk mempermudah kerja anda.  jadi dengan adanya komputer banyak pekerjaan – pekerjaan  yang dapat di dikerjakan dan diselesaikan dengan mudah, bila dahulu orang – orang  mengetik surat harus dengan mesin ketik atau tik, nah bila ada kesalahan sikit huruf saja maka kertas tersebut akan di sobek atau di robek dan di ketik ulang kembali, selain itu juga dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidaklah dapat di edit atau di rubah kembali, sementara sekarang dengan adanya komputer, kita dapat menggunakan komputer kita dapat mengedit, mengetik, merubah dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit lagi berulang-ulang.

Baca Juga : Fungsi Organisasi dan Arsitektur Komputer

Jadi seperti yang anda dan kita semua ketahui bahwa terkadang pelajaran yang disajikan oleh guru atau pendidik dapat menarik minat seorang siswa untuk mempelajarinya jika pengajaran yang diberikan oleh guru atau pendidik tersebut menarik dan kreatif. Siswa siswi pelajar yang ingin memahami sebuah materi lebih dalam lagi dari sebuah bidang studi dapat menginstal software (program) yang saling berkaitan dengan pelajaran tersebut. Nah Komputer juga dapat membantu peserta didik atau pelajar untuk membuat karya ilmiah yang baik dan menarik.

Manfaat komputer dalam pembelajaran di sekolah yaitu:

  1. Adanya fasilitas computer di sekolah. Pelajar akan lebi mudsh dapat mengerjakan tugas – tugas dengan kreatif, bagus dan menarik melalui computer. Mengapa begitu karena komputer mampu menampilkan warna, teks, gerak, suara, video, gambar dan sebagainya.
  2. Jadi Kecerdasan psikomotorik seorang siswa dapat terangsang cepat dengan adanya pendidikan yang canggih berbasis teknologi. Nah bahkan Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana saja yang bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan suatu kualitas pendidikannya.
  3. Bukan siswa siswi saja yang mendapatkan manfaat adanya komputer, guru juga mendapatkan manfaat adanya komputer. Sebab komputer dapat mempermudahkan guru untuk mengajar, mencari materi, dan banyak hal lainnya.
  4. Nah Komputer adalah media atau alat untuk membantu memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terbuatnya atau terciptanya kualitas pendidikan yang baik itu adalah dari dalam diri sendiri pengguna komputer tersebut baik dalam pendidik maupun peserta didik. Nah tanpa adanya kemauan, keinginan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer sendiri hanya akan menjadi benda mati atau bahkan pajangan saja yang tidak memiliki manfaat sama sekali.

Baca Juga : Perbedaan RAM dan Memori Internal Pada Smartphone

Komputer juga bahkan merupakan sarana yang sangat bermanfaat untuk mengekspresikan kreativitas seseorang. Nah Bagi orang yang sangat hobi menggambar atau bahkan menulis, ia dapat menggunakan computer yang mendukung untuk karya - karyanya. Dengan adanya komputer anda, kita semua dapat menciptakan design yang bagus kita sendiri dengan bentuk – bentuk dan warna yang amat menarik. Begitu juga dengan seorang penulis. Nah, kita tidak perlu lagi untuk menulis karangan secara manual lagi dengan pulpen dan kertas tetapi dengan komputer. karna semua dapat dilakukan atau dilaksanakan dengan cepat dan teratur dengan adanya komputer.

Kita juga dapat merangkai atau dapat menulis karangan halaman demi halaman dengan bentuk variasi tulisan yang kita inginkan. Nah Di zaman sekarang saat ini semua dapat dilakukan dikerjakan dengan cepat dan maksimal dengan komputer. Jadi, hampir semua orang di seluruh dunia sangat mengenal komputer dan sudah banyak juga pula orang yang menggunakan komputer. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak Handphone atau modem yang bisa dapat digunakan untuk internet. Nah banyak pengguna komputer yang sampai lupa waktu sehingga karena seringnya mengunjungi situs-situs di internet. Bahkan sampai ada yang rela-rela untuk menghabiskan uangnya untuk membeli pulsa agar dapat bisa buka Facebook dari pada makan.

 

Penulis : Devi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...