WhatsApp-Button
Sejarah Penemuan Internet

Sejarah Penemuan Internet

  2021-01-21 16:20:51     Ulti Desi Arni     Dibaca 234 kali

Internet adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lain. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (selalu disingkat TCP/IP). Sementara itu, istilah “internet working” berarti cara atau prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet serta penerapan aturan.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Onno Purbo

Menurut Onno W Purbo Internet pada dasarnya adalah media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang disambungkan melalui berbagai aplikasi seperti VoIP, E-mail dan Web.

Oetomo

Menurut Oetomo internet itu singkatan dari international network. Didefinisikan sebagai jaringan komputer yang cukup besar dimana jaringan komputer itu terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil yang terhubung antar satu sama lain.

Supriyanto

Menurutnya Internet itu merupakan suatu hubungan antar berbagai komputer dan jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda dimana hubungan itu memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi seperti satelit dan telepon yang memakai protokol standar saat melakukan hubungan komunikasi yaitu protokol yang diberi nama dengan TCP/IP.

Ramdhani

Internet adalah sebutan untuk kumpulan dari jaringan komputer yang bisa menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi hingga perorangan.

Baca Juga : Jual Aplikasi Keuangan Kampus

Sibero

Menurut Sibero Internet merupakan kependekan dari Inter-connected Network adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global.

Drew Heywood

Internet merupakan istilah teknologi yang muncul di akhir tahun 60-an. Pada waktu itu United States Department of Defense atau disingkat dengan sebutan DoD. DoD dari amerika ini memerlukan standar baru untuk melakukan komunikasi Internet working. Standar baru ini harus berupa standar yang mampu menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga yang ilmiah seperti di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu dioperasikan pada kondisi akibat bencana atau perang sekalipun.

Sejarah Komputer dari tahun ketahun

Tahun 1957.

Rusia (yang dulu masih Uni Soviet) memperkenalkan kemudian meluncurkan alat luar angkasa atau satelit bernama Sputnik.

Tahun 1958-1859.

Dewan pertahanan Amerika membentuk Advanced Research Projects Agency atau disingkat juga dengan ARPA yang bertujuan bersaing dengan Rusia di bidang teknologi dan pengetahuan, khususnya teknologi komputer dan informasi.

Tahun 1960-an.

APRA mengembangkan program bernama ARPANET dengan mencoba menghubungkan empat komputer yang saling terhubung. Keempat komputer tersebut berada di empat universitas yang berbeda yaitu University of California, Stanford Research Institute, Los Angeles, University of California, Santa Barbara dan University of Utah saling terhubung sampai 1969.

Tahun 1965.

Ted Nelson ilmuan teknologi komputer dan telekomunikasi, meluncurkan istilah "Hypertext" yang kita gunakan sampai sekarang.

Tahun 1971.

Anggota dari jaringan ARPANET mulai bertambah menjadi 23 buah node komputer. Jaringan tersebut terdiri dari komputer-komputer yang digunakan untuk riset punya pemerintah AS dan universitas.

Tahun 1974.

Vint Cerf Bersama dengan Bob Kahn mempublikasi TCP dalam jurnal ilmiah yang berjudul "A Protocol for Packet Network Interconnection". Pada tahun tersebut dibuka jaringan komputer versi komersial keluaran ARPANET yang bekerja sama dengan Pontraktor, Bolt dan BBN. Jaringan komersil itu diberi nama Telenet hingga menjadi layanan jaringan komersil pertama yang dibuat.

Tahun 1984.

Departemen pertahanan Amerika menghubungkan jaringan ARPANET di 4 tempat saja. Ternyata jaringan ini sangat terkenal dan hampir semua universitas ingin mencoba teknologi tersebut karena itu pihak ARPA kewalahan melayani semua permintaan. Tahun 1984 Departemen Pertahanan membagi Proyek ARPANET menjadi dua. Satu jaringan MILNET untuk kepentingan militer. Kedua jaringan ARPANET itu sendiri yang digunakan untuk kepentingan riset akademis.

Tahun 1986.

Pengenalan sistem domain yang dikenal istilah Domain Name Server. DNS ini berfungsi sebagai sistem pemberian nama suatu jaringan computer dalam internet.

Tahun 1990-an.

Tahun 1990 sangat bersejarah muncul program editor dan browser yang ditemukan Tim Berners Lee. Program itu berguna untuk menjelajahi jaringan komputer yang terhubung. Program itu pada akhirnya diberi nama www atau World Wide Web sampai sekarang. Sistem HTML diperkenalkan oleh Tim Berners Lee. Tahun 1992 mulai ada konten audio dan video yang bisa dinikmati di internet. Saat itu muncul istilah "surfing" atau berselancar di dunia maya. Website-website mulai bermunculan di tahun 1993. Web browser bernama Mosaic Web Browser mulai dikembangkan. Tahun 1994 Yahoo didirikan oleh 2 orang yaitu Jerry Yang dan David Filo.

Tahun 1995

Situs e-commerce pertama yaitu eBay, Craiglist dan juga Amazon berdiri. Pada tahun 1998 Google mulai berdiri.

Tahun 2000-an

Internet berkembang dengan pesat, hal ini bisa dibuktikan dengan munculnya miliaran situs di dunia maya. Sehingga bisnis digital menjadi tren kini karena perkembangannya yang pesat.

Baca Juga : Jual Sistem Informasi Riset Kampus

Sejarah Internet Indonesia

Internet Indonesia dimulai tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia ini dikenal dengan sebutan paguyuban network, di mana semangat kerjasama, gotong royong dan kekeluargaan sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya terasa lebih komersil dan individualis, terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

Awal Internet Indonesia

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC protokol Internet (IP) yang paling pertama di Indonesia yaitu UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. Firman Siregar, RMS Ibrahim, Muhammad Ihsan, Suryono Adisoemarta, Robby Soebiakto, Putu, Adi Indrayanto dan terakhir Onno W. Purbo adalah beberapa nama legendaris pada awal pembangunan Internet di Indonesia pada tahun 1992. Masing-masing personal telah memberikan konstribusi yang besar dan dedikasinya dalam membangun cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia. Tulisan tentang adanya keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel pada media cetak seperti di KOMPAS. Juga beberapa artikel di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB tahun 1989.

Internet Service Provider Indonesia

Pada Tahun 1994 IndoNet yang dipimpin Sanjaya mulai beroperasi. IndoNet ini merupakan ISP komersial yang pertama ada di Indonesia. Pada saat itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet dan masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan dial-up oleh IndoNet. Tahun 1995 pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan izin ISP yang diberikan kepada IndoNet. Mulai tahun 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP). Perkembangan yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet (warnet) yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi.

 

Penulis : Ali


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia