Cara Membuat PDF di WPS Office

File PDF termasuk salah satu jenis file yang sangat banyak digunakan saat ini. Dengan file PDF kita bisa membuat sebuah file dokumen berjenis ‘Read-only‘ alias tidak bisa diedit (Hanya bisa dibaca saja). Membuat file dengan jenis PDF sekarang ini termasuk pekerjaan yang sangat mudah, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat file PDF yang disediakan secara mudah alias gratis. Baik itu aplikasi berbasis desktop maupun aplikasi yang bisa diakses dengan online melalui internet meggunakan browser. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, cara membuat PDF itu ada banyak caranya, dan salah satu caranya dengan memakai aplikasi populer dari Office yaitu aplikasi WPS Office.

WPS Office dapat membuka hampir semua dokumen termasuk PDF, PowerPoint TXT, Excel, dan Microsoft Word. Ini berarti ketika Anda menggunakan WPS Office untuk membuka dokumen dari email atau layanan cloud favorit Anda, Anda dapat yakin itu akan terlihat persis seperti selayaknya. WPS Office datang sarat dengan fitur yang mirip dengan apa yang akan Anda temukan di solusi PC kantor. Terdapat Advance Teks dan pilihan format paragraf serta kemampuan untuk menambahkan gambar, shapes, tabel dan grafik secara langsung ke dalam dokumen Anda.

Ukuran file kecil yang tidak lebih dari 25 MB, dan tampilan simple menjadikan nilai tambah  pada aplikasi ini. Meskipun sebenarnya sudah ada aplikasi Microsoft Office, seperti Power Point, Word, Excel. namun aplikasi buatan Microsoft itu memiliki kekurangan, seperti size yang terlalu besar, untuk Microsoft Word saja memiliki size hingga  65 Mb, belum lagi untuk  penggunaan Excel dan Power Point, pastinya merepotkan, jika kita diharuskan untuk menginstal satu satu. Beruntung WPS OFFICE tidak seperti itu, WPS OFFICE telah menjadi aplikasi All In One, jadi kita tidak harus repot repot medownload nya satu persatu. Selain itu aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Baca Juga : Fungsi Organisasi dan Arsitektur Komputer

WPS Office dapat dipakai melalui platform Desktop Maupun Mobile. Berikut cara yang digunakan untuk membuat file PDF di WPS Office dari aplikasi desktop :

  1. Langkah awal silahkan buka aplikasi WPS office kalian, lalu buat dokumen baru. Selanjutnya tulis artikel atau text yang ingin kita buat menjadi PDF.
  2. Sesudah itu klik Menu di bagian atas kemudian klik Export to PDF
  3. Maka akan muncul perintah untuk menyimpan File dalam bentuk PDF – nya di direktori mana. Klik Save Path kemudian klik Custom Directory.
  4. Sesudah kita memilih Custom Directory selanjutnya klik document mana yg ingin kita pilih untuk penyimpanan ini dan disimpan dengan nama file apa.
  5. Jika sudah di selesaikan langkah yg di atas tadi maka akan muncul langsung file dalam bentuk PDF.
  6. Kalau semua sudah berhasil maka telah selesai untuk pembuatan file pdf di wps office dan telah mengikuti langkah - langkah dengan baik.

Utnuk membuat PDF dengan WPS Office melalui mobile dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini :

  1. Pertama silakan install terlebih dahulu aplikasi WPS Office di Playstore.
  2. Lalu buka aplikasinya, dengan klik logo +
  3. Kemudian kita klik Dokumen baru:

Buat PDF di WPS Office

Baca Juga : Perbedaan RAM dan Memori Internal Pada Smartphone

  1. Selanjutnya kita buat dokumen text atau artikel, kemudian ketik sesuai yang dibutuhkan.
  2. Kalau sudah, klik menu simpan (Di menu bagian atas).

Menyimpan dokumen di WPS Office

  1. Selanjutnya pilih direktori penyimpanan yang diinginkan. Tentukan nama dokumen, kemudian ubah penggunaan ekstensi file ke PDF. Sesuah itu klik Expor ke PDF
  2. Kalau sudah selesai file kita akan disimpan dalam bentuk pdf.

Nah, itulah cara – cara yang dapat digunakan untuk membuat PDF melalui aplikasi WPS Office.

 

Penulis : Surya

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...