Perbedaan Efektif dan Efisien

Pengertian Efektif

Pada umumnya efektif adalah usaha agar mendapatkan tujuan dengan target atau hasil yang maksimal. Tujuan tersebut harus tercapai sesuai dengan ketepatan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya dan tidak peduli berapapun besar biaya yang akan dikeluarkan.

Efektif dapat dilihat ketika pekerjaan tersebut bisa berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya dan mendapatkan tujuan yang tepat dan sesuai. Karena aktivitas yang sesuai proses efektif ini berhubungan dengan penjadwalan, perencanaan, serta mengambil keputusan. Waktu yang singkat atau yang telah ditetapkan juga sangat penting agar diperhatikan supaya bisa mendapatkan pekerjaan yang efektif.

Efektif menurut beberapa ahli di antaranya adalah:

  • Efektif adalah kemampuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan sesuai dengan keefektifitasan pekerjaan tersebut yang bisa memberikan hasil maksimal.
  • Efektif adalah kegiatan atau aktivitas yang membandingkan antara output dan input untuk mencapai tujuan. Sehingga ditemukan hasil kualitas dan kuantitas pada kerja tersebut, dengan batas waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Efektif adalah cara kerja untuk mencapai target maupun hasil yang maksimal sesuai dengan waktu yang diinginkan.
  • Efektif adalah usaha untuk mendapatkan pencapaian, tujuan dan juga target dengan waktu sesingkat mungkin, tanpa memperdulikan biaya yang harus dia dikeluarkan.

Pengertian Efesien

Secara umum efisien adalah suatu usaha untuk mendapatkan tujuan yang maksimal namun dengan meminimalkan sumber daya yang dikeluarkan. Sumber daya yang dimaksud yaitu seperti uang, tenaga, dan waktu.

Baca Juga : Sistem Kendali Berbasis Mikroprosesor

Pengertian Efisien menurut para ahli:

  • Efisien merupakan usaha untuk mencapai tujuan yang maksimal dengan meminimalisir atau mengurangi pengeluaran sumber daya yang ada.
  • Efisien adalah penggunaan sumber daya seperti biaya, waktu, dan usaha atau tenaga, untuk mencapai tujuan dalam melakukan suatu kegiatan.
  • Efisien adalah kemampuan untuk menjalankan usaha dengan mengeluarkan sedikit uang, sedikit waktu, dan sedikit tenaga untuk mencapai hasil atau target yang maksimal.
  • Efisien adalah cara atau kemampuan untuk mendapatkan hasil dan tujuan yang maksimal, namun hanya menggunakan sumber daya yang sedikit. Sehingga tidak mengeluarkan biaya, tenaga, dan waktu yang banyak.
  • Efisien adalah suatu cara tepat untuk menghasilkan tujuan dengan maksimal sesuai yang diinginkan atau yang dikehendaki.
  • Efisien merupakan suatu cara untuk mencapai atau tujuan dengan biaya dengan jumlah yang sama, Namun tujuan atau hasil yang didapat maksimal.

Perbedaan Efektif dan Efisien

Ada hal-hal yang menjadi perbedaan mendasar antara cara yang efektif dan cara yang efisien. Berikut ini adalah beberapa perbedaan efektif dan efisien tersebut:

  1. Pengertian

Cara yang efektif dan cara yang efisien memiliki perbedaan pengertian mendasar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dimana pengertian efektif yaitu suatu usaha atau cara agar mencapai tujuan sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Sedangkan efisien yaitu suatu usaha agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai tujuannya tersebut.

  1. Biaya
  • Efektif: tak terlalu mementingkan uang atau bebas mengeluarkan biaya sebesar apapun untuk tujuannya.
  • Efisien: sangat mementingkan biaya, harus meminimalisir biaya yang dikeluarkan sesedikit mungkin.
  1. Waktu
  • Efektif: sangat mengutamakan waktu yang cepat dan singkat sesuai dengan rencana yang telah ada sebelumnya untuk mencapai tujuannya.
  • Efisien: tidak terlalu mengutamakan lama waktu ataupun durasi waktu pencapaian tujuannya.

Baca Juga :  Sistem Endokrin dan Sistem Saraf

  1. Usaha
  • Efektif: bebas untuk mengeluarkan usaha sebesar apapun, dan berlaku sesuai dengan apa yang diharuskan untuk mendapatkannya.
  • Efisien: berusaha meminimalisir usaha dan tenaga yang dikeluarkan sehingga tidak memboroskan sumber daya dan energi yang digunakannya.
  1. Penghematan
  • Efektif: tidak terlalu mementingkan kehematan, yang menjadi hal utama adalah tujuan yang dicapai dengan maksimal harus maksimal.
  • Efisien: ingin melakukan pencapaian target dengan hasil maksimal tanpa menghabiskan dengan banyak sumber daya yang dimiliki.

Kesimpulan

Berdasarkan perbedaan yang sudah dijelaskan maka bisa disimpulkan bahwa cara yang efektif belum tentu merupakan cara yang efisien. Begitupun sebaliknya menggunakan cara yang efisien belum tentu pula melakukan cara yang efektif. Sehingga dibutuhkan cara yang tepat agar kedua hal tersebut bisa terlaksana untuk mencapai tujuan yang maksimal. Dalam suatu usaha ada yang harus diprioritaskan dan hal yang diprioritaskan tersebut seharusnya efektif dan yang tidak terlalu di prioritaskan bisa digunakan cara yang efisien.

 

Penulis : Ali

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...