Frame Work Pemograman yang Banyak Diminati

Banyak hal yang harus dikerjakan kalau ingin membuat dan mengembangkan suatu website atau aplikasi dari awal, salah satunya yaitu menciptakan fungsionalitas. Akan tetapi terkadang fungsionalitas yang sudah ada hanya diperbarui, hal tersebut dilakukan berulang kali. Seperti yang telah kita ketahui, bahasa pemrograman banyak dipakai untuk membangun berbagai aplikasi, sistem ponsel, dll. Dengan begitu, permintaan akan sumber daya manusia yang menguasai bahasa pemrograman semakin meningkat dari waktu ke waktu. Di antara bahasa pemrograman script yang sudah digunakan hampir 80% dari semua situs di internet dan juga dunia teknologi adalah PHP. PHP berguna untuk membuat situs dan aplikasi berbasis web.

Nah, coba ingat lagi ketika kamu belajar dasar-dasar dari PHP. Kamu harus membuat serangkaian kodingan untuk membuat tampilan tertentu pada web kan?. Berkat framework, kamu tidak perlu menuliskan kode yang sama secara berulang. Ditambah lagi aplikasi atau web tersebut akan lebih stabil karena framework mempermudah interaksi database dan coding benar-benar sudah berjalan optimal. Menurut Stackify, framework PHP yang terbaru akan menghasilkan kode yang mudah disesuaikan, dikelola, dan dipakai kembali.

Berikut merupakan framework yang paling banyak diminati

  1. Laravel

Salah satu PHP framework paling populer digunakan oleh developer adalah Laravel. Framework Laravel merupakan kerangka kerja aplikasi Web PHP yang open source, dibangun untuk mengembangkan aplikasi web MVC, sehingga membuat perancangan web lebih mudah dan lebih kreatif. Laravel dikenal sebagai kerangka kerja PHP terpopuler dan terpenting yang sangat banyak digunakan oleh para pengembang teratas di dunia karena strukturnya yang berorientasi objek dan beberapa library yang sudah diinstal sebelumnya, yang jarang dimiliki dalam framework PHP lainnya.

Baca Juga : LAN, MAN & WAN

  1. Codeigniter

CodeIgniter terkenal dengan kemudahan dalam pemakaiannya, kinerja yang bagus, dan kecepatannya. CodeIgniter juga mempunyai library yang terdiri dari user guide, forum, dan halaman wiki sebagai dukungan CodeIgniter yang dapat digunakan bagi user pemula. CodeIgniter memakai arsitektur MVC (Model View Controller) yang mana komponen - komponennya di terbagi sesuai dengan fungsinya yang lebih spesifik. Metode ini lebih digemari oleh para developer karena dapat membuat serta mengembangkan aplikasi berbasis web yang mudah untuk diskalakan tanpa memakai banyak ruang.

  1. Symfony

Seandainya ada pemilihan mana framework PHP yang terbaik, maka Symfony berada di urutan ketiga diantara Laravel dan Codeigniter dari segi popularitas. Apa, sih, alasannya? Kamu akan tahu setelah mencobanya. Selain memiliki nama framework yang unik, Symfony juga sangat fleksibel digunakan. Di dalamnya sudah terdapat sistem bundle dan sistem komponen yang mempermudah kamu dalam memilih fungsi PHP sesuai yang diinginkan. Framework ini menyediakan fungsionalitas testing bawaan untuk melakukan pengecekan apakah aplikasi yang dikembangkan berjalan dengan baik atau terdapat kesalahan.

Baca Juga : PENGERTIAN LAPTOP: Sejarah, Fungsi & Komponen Laptop

Ada kelebihan, ada juga kekurangan. Menurut kami, aplikasi yang dikembangkan menggunakan  Symfony, sayangnya, tidak memiliki performa yang baik. Selain itu, framework ini juga cukup sulit dipahami apabila dibandingkan dengan framework lainnya.

  1. Yii

Selanjutnya dalam daftar yang merupakan framework PHP terbaik ada Yii, yang juga menjadi kompetitor yang patut diperhitungkan. Untuk sekarang, yang menjadi keunggulan utamanya adalah kemudahan dalam setup-nya. Sama seperti PHP framework lainnya yang sudah kita bahas, Yii menyediakan paket komponen penting agar perancangan aplikasi web bisa lebih cepat. Tetapi yang menjadi kelebihannya yaitu sekumpulan fitur security yang canggih. Dengan Yii, Kamu dapat membuat program aplikasi web dengan keamanan yang tinggi.

Framework di atas merupakan framework yang saat ini kepopulerannya paling diminati dan untuk dipertimbangkan para developer juga dalam pemilihan framework sesuai dengan kebutuhan kamu, semua framework memiliki peforma yang powerfull tergantung pada kebutuhan yang kamu tempatkan di dalamnya.

 

Penulis : Surya

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...