Pengertian Jaringan Seluler

Ketika kamu tersambung dengan internet, kecepatan internet bisa sangat bergantung pada kekuatan sinyal yang ditampilkan di telepon selular dalam bentuk 2G, 3G, 4G dll. “G” itu sendiri adalah singkatan dari generasi (generation). Setiap Generasi pasti mempunyai standar tertentu yang harus sesuai dengan standar jaringan telepon dan sistem telepon seluler di masa itu. Setiap generasi tentunya akan selalu membawa frekuensi baru, kecepatan data yang semakin tinggi, dan teknologi transmisi terbaru.

Seperti yang diketahui, masa ini jaringan 5G sedang dalam proses pengembangan. Bahkan di beberapa negara maju jaringan 5G sudah dapat digunakan. Jaringan 5G diperkirakan akan diperkenalkan secara komersil di seluruh dunia pada tahun 2020. Dengan bekerja sama dengan teknologi pendahulunya yaitu 3G dan 4G untuk menyediakan koneksi yang lebih cepat dan tetap tersambung di mana pun kamu berada.

1G

Jaringan 1G ini merupakan generasi pertama dari teknologi seluler nirkabel (telekomunikasi seluler). Ini merupakan standar telekomunikasi analog yang diperkenalkan tahun 1980-an. 1G ini merupakan teknologi analog dan ponsel yang memiliki daya tahan baterai yang terbatas dan kualitas suara tanpa keamanan yang besar, terkadang akan mengalami panggilan yang terputus (dropped calls). Kecepatan maksimal dari 1G yaitu 2.4 Kbps. Termasuk standar telekomunikasi analog dan berlanjut sampai digantikan oleh telekomunikasi digital 2G.

Baca Juga : Jurnal dan Artikel

2G

Jaringan 2G ada pada tahun 1990-an yang menggabungkan antara sinyal digital ke dalam jaringan seluler. 2G termasuk implementasi digital pertama dari komunikasi suara nirkabel. 2G pun juga memperkenalkan layanan data seluler yang aman dan mampu mengirimkan pesan teks (SMS) serta pesan multimedia (MMS). 2G juga menerapkan konsep CDMA dan GSM. Dengan menggunakan konsep CDMA dan GSM ini kecepatan maksimal dari jaringan 2G dapat mencapai 50 Kbps atau 1 Mbps. Perbedaan yang paling menonjol antara 1G dan 2G adalah sinyal radio yang digunakan oleh jaringan 1G yaitu analog, sedangkan jaringan 2G yaitu digital. 

2.5G GPRS

Pada generasi kedua ini juga dikembangkan menjadi 2,5G, yang biasanya disebut dengan GPRS. GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service. Dengan kecepatan 56 kbps hingga 115 kbps. Kemampuannya bisa mengakses internet, mengirim email dan mengirim gambar (MMS), meskipun dengan kemampuan yang sangat terbatas.

2.75G EDGE

Selanjutnya dikenal dengan 2,75G atau disebut EDGE. EDGE merupakan singkatan dari Enhanced Data Rates for GSM Evolution. Teknologi ini merupakan suatu evolusi dari GSM, dan memiliki kecepatan sebesar 3 kali lipat dari kecepatan GPRS. Sama dengan pendahulunya, 2,75G ini bisa digunakan untuk mengakses internet seperti keperluan email , MMS dan sebagainya.

Baca Juga : Peluang Kerja Jurusan DKV

3G

Pada generasi ini menetapkan standar pada sebagian besar teknologi nirkabel yang kita kenal dan kita gunakan saat ini. Penanganan data broadband menjadi ciri khas sistem 3G dan termasuk persyaratan pada ponsel pintar untuk memproses aplikasi berat data yang terlibat dengan jejaring sosial, streaming musik dan video, serta sistem GPS. Dalam generasi yang diperkenalkan pada tahun 2001 ini kecepatan maksimal internet dapat mencapai 0.2 Mbps. Bahkan di beberapa provider sudah bisa menggunakan kecepatan yang lebih cepat dari itu dan disebut sebagai jaringan seluler 3.5G atau 3.75G.

4G

Jaringan 4G mulai meningkatkan data bandwidth sekitar sepuluh kali lipat dari jaringan 3G. 4G merupakan teknologi yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan 3G. 4G ada untuk menyediakan jaringan internet yang berkecepatan tinggi, kualitas tinggi dan kapasitas tinggi kepada pengguna tetapi tetap menjaga tingkat keamanan, menurunkan biaya layanan suara dan data, multimedia dan internet melalui IP. Standar yang di tawarkan dari jaringan 4G adalah kecepatan akses searching, pelayanan games, video dengan kualitas tinggi, TV-support dan masih banyak lagi. Kecepatan maksimal dari jaringan 4G adalah 100 Mbps atau 1 Gbps. 

5G

Jaringan 5G adalah generasi berikutnya yang menawarkan kecepatan yang lebih serta koneksi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya baik di smartphone maupun perangkat lainnya. Dengan menggabungkan teknologi jaringan mutakhir serta penelitian-penelitian terbaru, 5G mampu menawarkan koneksi yang jauh lebih cepat dibandingkan koneksi yang ada saat ini. Kecepatan maksimal nya diperkirakan  mencapai 35.46 Gbps yang berarti 35 kali lebih cepat daripada 4G.

 

Penulis : Hanna

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...