WhatsApp-Button
Sejarah SMS Banking

Sejarah SMS Banking

  2021-01-14 16:49:32     Ulti Desi Arni     Dibaca 45 kali

Sejarah SMS Banking dibuat untuk mempermudah mengetahui dana ia sendiri. Setelah adanya SMS Banking, amerika lalu membuat Internet Bangking, e-Banking dan Mobile Banking. Sejarah Internet Banking pada Tahun 1980an di mulai, e-Banking implementasi ini dan mobile banking mulai di jalankan oleh beberapa Bank di Indonesia. Beberapa Bank kini sudah mulai menjalankan dan mengembangkan data fitur database online, pada Tahun 1980an Bank bank di Amerika dan Eropa saat ini memulai meneliti dan mulai mencoba mempogram Pemrograman pada konsep Home Banking.

Ketika saat itu internet banking dan komputer sangat belum begitu berkembang, penggunaan Home bangking pada dasarnya itu terbuat dari mesin fax dan smartphone untuk memudahkan pelayanan kepada pelanggannya. Nottingham Building Society disingkat juga dengan NSB menluncurkan layanan perbankan internet yang pertama di inggris, Sejarah Internet Banking ini terlaksana pada tahun 1983. Dan layanan ini tidak begitu berkembang dengan baik karena ia membatasi jumlah transaksi dan fungsi dari para pemegang rekening, fitur yang di buat NSB berasal dari sistem yang dikenal sebagai Pestel yang digunakan departemen Pos inggris. Lalu kemudian pada bulan Oktober 1994, layanan perbankan online internet banking yang petama di amerika mulai diperkenalkan. Pengembangnya ialah Stanford Federal Credit Union yang merupakan sebuah lembaga yang bergerak dibidang keuangannya, akan tapi hal ini juga menciptakan pro dan kontra dari uang elektronik. Internet Banking ini telah meningkatkan menjadi sebuah revolusi yang perannya sektor realnya.

Kita kembali kepada Sejarah Internet Banking di Indonesia, Nah Indonesia sendiri baru memperkenalkan internet banking pada Tahun 2001, Bank Sentral Asia ini atau di singkat dengan (BCA) merupakan Bank yang pertama Indonesia yang berani mengoperasikan e-Banking secara pasif di Indonesia melalui situs  Yang diamankan dengan enkripsi SSL 2048 bit dan fitur firewall pada situsnya. Akan tetapi Awal masuknya permograman internet banking Indonesia yang pertama ialah Bank Indonesia.

Baca Juga : Jasa Teralis Jendela Pekanbaru

Apa si SMS Banking itu ??                        

SMS Banking ialah melayani pelayanan transaksi perbankan dengan menggunakan sarana telekomunikasi disebut SMS. Pada masa kini pelanggan bank dapat melakukan berbagai jenis transaksi perbankan seperti : cek saldo, transfer, pembayaran dan lain-lainnya.  maupun dia berada dengan menggunakan menu SMS pada smartphone genggam yang dimilikinya. Pengguna hanya perlu memasukkan nomor PIN saja pada smartphone yang dimiliknya untuk melakukan semua menu perbankan yang ditawarkan oleh layanan SMS banking. Hanya saja banyaknya pelanggan yang menggunakan pelayanan SMS banking tidak diimbangi dengan fitur keamanan yang ada pada layanan itu tersebut. Sejak saat ini kejahatan-kejahatan terhadap layanan SMS banking masih saja terjadi.

Saat ini Layanan ini menjadi sangat rentan terkena kejahatan, dikarenakan banyaknya data pribadi yang dimasukkan pelanggan ke dalam konten SMS, mulai dari nomor PIN, nomor rekening dan lain-lain. Kejahatan yang terjadi biasanya dilakukan dengan cara penyadapan pada saat pengiriman data dari smartphone seluler. Data menjadi sangat terlebih lagi rentan disadap terdapat beberapa pelayanan SMS banking yang tidak menggunakan enkripsi pada konten SMS. Enkripsi dapat digunakan sebagai faktor keamanan terhadap pada SMS banking. 

Sarana Layanan SMS Banking

Layanan SMS-Banking memiliki beberapa pilihan cara yang bisa disesuaikan dengan kemampuan smartphone dan kartu SIM atau disebut (Subscriber Interface Module) yang digunakan, antaranya:

Baca Juga : Dampak Negatif Eksploitasi Sumber Daya Alam

  1. Melalui SMS biasa

Cara ini merupakan cara yang umum digunakan dalam melayanan SMS-Banking. Pengguna menggunakan layanan SMS-Banking dengan cara mengetikkan pesan SMS yang berisi kode-kode tertentu yang ditentukan oleh bank, kemudian mengirimkan pesan tersebut ke nomor khusus yang sudah ditentukan oleh bank.

  1. Melalui menu SIM Toolkit

Pengguna juga dapat menggunakan layanan SMS Banking melalui fitur yang disediakan oleh operator smartphone seluler. Pengguna dapat juga memilih fitur-fitur khusus yang dapat masuk  pada menu SIM Toolkit yakni fitur yang biasanya terdapat pada kartu SIM, misalkan: Satelindo@ccess serta M3Access dari Indosat, Life in hand dari ProXL, dan kemudian Navigator64 dari Telkomsel.

  1. Melalui aplikasi khusus.

Pemilik juga dapat melakukan layanan SMS Banking melalui aplikasi khusus yang disediakan oleh pihak bank. Aplikasi ini juga dapat digunakan setelah pengguna terlebih dahulu menanamkan aplikasi tersebut kepada smartphonenya. Aplikasi tersebut sangat bergantung kepada spesifikasi smartphone yang dimiliki oleh pemilik sehingga pemilik dari aplikasi tersebut ini cenderung terbatas.

 

Penulis : Devi 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia