WhatsApp-Button
Sejarah Mobil Listrik

Sejarah Mobil Listrik

  2020-11-23 15:21:29     Ulti Desi Arni     Dibaca 590 kali

Apakah anda tahu siapakah yang membangun mobil listrik pertama kali di dunia? berikut penemu sekaligus sejarah perkembangan mobil listrik dari tahun ke tahun yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya.

Sejarah Mobil Listrik

Mobil modern pertama kali diciptakan oleh Karl Benz pada tahun 1885, namun konsep mengenai mobil listrik sudah mulai ada sejak puluhan tahun lalu.

Pada era abad ke 18, sudah banyak sekali ilmuwan dan juga inovator dari Hunggaria, Belanda dan Amerika mulai fokus dengan konsep mengenai kendaraan bertenaga baterai dan menciptakan beberapa mobil listrik berskala kecil.

Kemudian seorang pria yang berkebangsaan Inggris yaitu Robert Anderson kembali mengembangkan sebuah mobil roda tiga yang menggunakan yang menggunakan baterai listrik sebagai penggeraknya pada tahun 1832. Temuan Anderson ini dianggap sebagai awal dari mobil listrik pertama di dunia.

Akhir abad ke 18 di Amerika, mobil listrik ciptaan William Morrison yang terkenal sebagai seorang ahli kimia sukses memulai debutnya pada tahun 1890. Kendaraan ciptaannya ini mampu menampung hingga enam orang penumpang dan melaju dengan kecepatan 22 km/jam.

Pada beberapa tahun berikutnya, model kendaraan yang menggunakan listrik mulai bermunculan di kota New York. Bahkan pada saat itu jumlahnya mencapai hingga 60 taksi listrik. Setelah memasuki abad ke 19, mobil listrik berada pada masa jayanya. Selama 10 tahun ke depan mulai menunjukan peningkatan penjualan yang sangat bagus.

Pada abad 19, kuda masih menjadi transportasi utama. Namun dengan seiring tumbuhnya perekonomian di Amerika, banyak orang sudah mulai beralih menggunakan kendaraan diantaranya motor ataupun juga mobil yang baru ditemukan Henry Ford. Kendaraan baru ini berkerja menggunakan tenaga uap,  bensin dan juga listrik sebagai bahan bakarnya.

Pada tahun 1898, Ferdinand Porsche menciptakan mobil listrik yang diberi nama P1. Di waktu yang hampir bersamaan pula, ia kembali menciptakan mobil hybrid pertama di dunia yang dapat digerakkan dengan menggunakan listrik dan juga bensin.

Salah seorang penemu terkenal saat itu yakni Thomas Alva Edison yang sangat percaya bahwa mobil listrik kelak menjadi sebuah kendaraan di masa depan mulai menciptakan baterai yang dapat bertahan lama dan dipakai di mobil komersial. Ia juga bekerja sama dengan Henry Ford untuk mengembangkan mobil listrik dengan harga yang murah pada tahun 1914.

Namun mobil yang dibuat oleh Henry T membuat mobil listrik kurang dilirik. Mobil Model T yang menggunakan bahan bakar bensin tersebut banyak diproduksi dan memiliki harga yang terjangkau saat itu. Masuk pada tahun 1912, harga mobil yang menggunakan bahan bakar bensin sebesar 650 dollar sementara mobil listrik di jual dengan harga sekitar 1.750 dollar. Mobil yang menggunakan bahan bakar bensin semakin banyak dimininati ketika di tahun yang sama Charles Kettering memperkenalkan starter listrik pada kendaraan berbahan bakar bensin.

Pesatnya perkembangan mobil yang menggunakan bahan bensin, serta pembangunan jalan raya yang menghubungkan berbagai negara bagian di Amerika dan ditemukannya minyak mentah di Texas membuat Kendaraan Listrik akhirnya terpaksa berhenti dikembangkan pada tahun 1935.

Puluhan tahun ke depannya, bahan bakar bensin yang melimpah serta teknologi sistem pembakaran internal pada kendaraan yang terus menerus meningkat yang kembali membuat teknologi kendaraan listrik memasuki era kegelapan.

Mobil listrkik mulai dilirik lagi ketika tahun 1973. Seiring dengan produsen mobil yang sudah mulai mengembangkan kendaraan berbahan bakar alternatif seperti mobil listrik. Misalnya General Motors membuat prototipe untuk mobil listrik yang akan dipamerkan dalam Simposium Lingkungan.

American Motor Company kemudian memproduksi sebuah mobil jip listrik yang dipergunakan oleh kantor pos Amerika serikat pada era tahun 1975. NASA juga mengembangkan sebuah kendaraan listrik yang mereka gunakan untuk melaju di bulan pada tahun 1971.

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1988, General Motors dengan kepimpin Roger Smith juga mulai membangun mobil listrik yang bekerja sama dengan AeroVironment California. Hasilnya adalah mobil listrik bernama EV1 namun produksinya baru dimulai tahun 1996 hingga 1999.

Pada tahun 1997, Toyota yang merupakan Produsen mobil yang berasal dari Jepang memperkenalkan Toyota Prius atau yang disebut juga sebagai mobil hybrid yang diproduksi secara massal dan berhasil terjual hingga 18.000 unit kendaraan. Pada tahun yang sama juga produsen mobil besar mengeluarkan sebuah mobil listrik namun tidak dipasarkan oleh mereka.

Era Baru Mobil Listrik

Pada tahun 2003, General Motor membuat pernyataan tidak akan memproduksi lagi mobil listrik EV1. Namun setelah beberapa tahun kedepan, Tesla Motor dibawah kepemimpinan Elon Musk memperkenalkan sebuah mobil listrik sport dengan nama Tesla Roadster pada pameran International Auto Show pada bulan november di San Franscisco dengan harga mulai 98.950 dollar.

Sejak saat itu banyak negara di dunia yang mulai mendukung penggunaan mobil listrik yang ramah lingkungan dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Contohnya Israel yang mulai menyediakan tempat pengisian isi ulang listrik untuk mobil listrik di jalan-jalan kota Tel Aviv menyusul Amerika Serikat.

Pada tahun 2009, Departemen Energi Amerika Serikat memberi pinjaman dengan nilai 8 milyar dollar kepada Ford, Nissan dan juga Tesla Motor untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan.

Kemudian Nissan memperkenalkan mobil listriknya yang disebut LEAF dengan kecepatan 114 km/jam. Di tahun itu sudah banyak mobil listrik yang beredar di pasaran.

Mobil listrik kemudian mulai mengalami perkembangan dengan sangat pesat menyusul pesatnya peningkatana teknologi dan dukungan pemerintah negara-negara di dunia akan mobil yang ramah lingkungan.

Mobil Listrik Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, perkembangan mobil listrik sudah ada sejak tahun 2012. Yang diprakasai oleh Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN pada saat itu. Dahlan Iskan kemudian meminta kepada Ricky Elson, yang merupakan seorang anak muda Indonesia yang sudah ahli dalam bidang motor listrik agar mengembangkan mobil listrik buatan Indonesia sendiri.

Ia pun berhasil menciptakan mobil listrik bernama Selo yang dipamerkan saat KTT APEC di Bali pada tahun 2013. Selain Selo ia juga berhasil membuat mobil Tucuxi. Kerja keras yang dilakukan Ricky Elson membuat ia dianggap sebagai Pelopor Mobil Listrik Nasional.

Namun sangat disayangkan, tidak lama setelah pengembangan mobil listrik di Indonesia mengalami masalah dan terhenti karena  tuduhan merugikan negara selain itu mobil listrik juga dianggap tidak lolos uji emisi. Namun pada saat era pemerintahan Jokowi, pengembangan mobil listrik kembali dikembangkan lagi.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia