WhatsApp-Button
Media Sosial

Media Sosial

  2020-11-18 15:07:17     Ulti Desi Arni     Dibaca 53 kali

Media Sosial menurut Wikipedia adalah suatu media daring (Online), dengan para penggunanya yang bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi dunia virtual. Blog dan wiki merupakan contoh dari bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial adalah sebagai "suatu kelompok aplikasi yang berbasis internet yang dibangun atas dasar teknologi web dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran informasi. Sosial media meghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun dan kapanpun mereka berada, tidak peduli seberapa jauh jaraknya.

Sosial media memiliki dampak yang sangat besar pada kehidupan kita. Seseorang yang awalnya tidak dikenal bisa seketika menjadi terkenal dengan bantuan media sosial, begitu pula sebaliknya.

Media sosial sejarahnya berakar dari pengenalan telegraf sekitar tahun 1840-an yang menghubungkan Amerika Serikat. Kemudian sistem PLATO diluncurkan sekitar 1960 dan dikembangkan di University of Illinois dipasarkan secara komersial oleh Control Data Corporation. Hal Ini menawarkan bentuk awal dari fitur media sosial dengan inovasi era 1973. Ketika World Wide Web (WWW) ditambahkan ke dalam Internet pada pertengahan tahun 1990-an, forum pesan banyak yang bermigrasi ke web.

Media Sosial 2020

Dewasa ini banyak sekali media social yang telah berkembang beberapa diantaranya tentu sudah sering kita gunakan sehari-hari.

Whatsapp

WhatsApp ialah aplikasi pesan instan yang biasa digunakan pada smartphone, jika dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa digunakan pada ponsel akan tetapi WhatsApp ini tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet yang dimiliki. Sehingga tidak perlu khawatir soal panjang pendeknya karakter dan tidak ada batasan selama data internet mencukupi. Meskipun merupakan aplikasi pesan instan, ada sesuatu yang unik dari WhatsApp. Sistem pengenalan kontak, verifikasi maupun pengiriman pesan tetap dapat dilakukan menggunakan nomor ponsel yang sudah terdaftar.

Sejarahnya, WhatsApp berdiri pada 24 Februari 2009. WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum yang dulunya pernah bekerja sebagai pegawai Yahoo. Awalnya WhatsApp dibuat untuk para pengguna iPhone, kemudian seiring dengan berjalanya waktu aplikasi WhatsApp ini tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone dan juga Symbian. Sampai pada November 2010, WhatsApp menduduki posisi peringkat ke 3 aplikasi paling laris yang diunduh (download) melalui nokia Ovi Store. Pada September 2015 pengguna aktif dari aplikasi WhatsApp tercatat sebanyak 900 juta. Karena merasa yakin dengan potensi dari Whatsapp ini akhirnya Facebook membeli WhatsApp seharga $ 19 miliar.

Beberapa keunggulan dari Whatsapp

  • Bisa mengirim foto dan video dari galeri ataupun kamera.
  • Mampu mengirimkan berkas-berkas atau dokumen kantor.
  • Menelpon melalui suara termasuk mengirim pesan suara.
  • Melakukan video call dengan 1 orang dan juga multi orang.
  • Berbagi lokasi dengan cara memanfaatkan GPS.
  • Mengirimkan kartu kontak.

 

Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring social dimana pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakanya. Setelah itu pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan termasuk pemberitahuan otomatis. Selain itu pengguna juga dapat bergabung kedalam grup.

Pendiri dari Facebook yaitu Mark Zuckerberg dan juga teman-temannya, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan juga Chris Hughes adalah sekolompok mahasiswa yang berasal dari universitas Harvard, Amerika Serikat. Pada awalnya, penggunaan situs ini untuk kepentingan mahasiswa Harvard saja kemudian meluas hingga ke Boston. Setelah itu, penggunaan situs ini pun meluas hingga sampai keseluruh sekolah dunia. Pada tahun 2009 Facebook.com ditempatkan sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia.

Youtube

YouTube adalah suatu situs web khusus berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web youtube memungkinkan para penggunanya mengunggah (upload), menonton, dan membaikan video. Perusahaan ini berkantor di San Bruno, California. Youtube menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video original pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini.

Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, dan organisasi lain sudah mengunggah konten mereka ke dalam situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pada November 2006 YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi menjadi anak dari perusahaan Google.

Beberapa keuntungan youtube yaitu dapat mencari informasi di dalam negeri maupun luar negri dengan mudah. Dengan mengunggah video-video yang bermanfaat, kita dapat juga memberikan informasi kepada seluruh dunia. Selain itu, Youtube juga dapat menghasilkan uang dengan masuknya iklan. Banyak orang-orang dari luar negri yang terkenal karena channel Youtube mereka masing-masing dengan hanya membuat akun dan sering membuat video.

Salah satu pengguna youtube yang terkenal nomor 1 di dunia adalah PewDiePie. Dia bernama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg, namun orang-orang lebih mengenalinya sebagai PewDiePie. Ia berasal dari Swedia dan dinobatkan sebagai Youtuber terkaya dengan penghasilan Rp83,8 miliar. Dia mempunyai channel Youtube yang berkategori gaming. Dia menghabiskan waktunya hanya bermain game, membuat video dirinya yang sedang bermain game, dan mengupload video tersebut di Youtube. Channelnya adalah salah satu saluran di Youtube dengan pertumbuhan cepat. Pada 11 Juli 2013, ia memiliki lebih dari 10 juta subscriber. Pada tahun 2016, jumlah subscriber channelnya adalah 42.357.791. Felix juga mendapat beberapa penghargaan pada acara Starcount Social Star Awards dengan kategori Most Popular Social Show dan Sweden Social Star Awards.

Untuk Indonesia sendiri tidak kalah hebatnya dengan subscriber terbanyak se asia tenggara hingga mencapai lebih dari 25 juta subscriber. Berdasarkan perhitungan Social Blade (29/11/2019), pemilik nama asli Muhammad Attamimi Halilintar dengan jumlah subscribers saat ini, bisa meraup pendapatan sekitar US$16,2 ribu (Rp228 juta) hingga US$259 ribu (Rp3,6 miliar) setiap bulannya.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia