WhatsApp-Button
Sejarah ATM

Sejarah ATM

  2020-11-18 14:54:52     Ulti Desi Arni     Dibaca 50 kali

Pada era globalisasi dan dengan adanya kemajuan teknologi semua nya akan memberikan dampak baik dan buruk. Baik dan buruk nya teknologi tergantung dari orang yang menyikapi teknologi tersebut. Terdapat banyak kemajuan teknlogi yang ada pada saat ini salah satunya adalah ATM.

Atm merupakan salah satu alat teknlogi yang canggih yang akan dapat melakukan hampir semua hal yang dilakukan oleh teller bank. ATM ini terdiri dari beberapa perangkat-perangkat yang ada halnya  seperti komputer, pembaca kartu, magnetic, keypad, layar tampilan, printer,  dan brangkas. Sebagian besar ATM berkerja sama dengan bank dengan cara menghubungkan ke antar jaringan yang ada di bank. Maka dari itu user dapat melakukan hampir semua dari aktivitas perbankan mereka kapan saja, baik bank terbuka maupun tertutup.

ATM telah ada sejak  tahun 1967, dan pada saat itu juga mereka memainkan peran penting nya dalam struktur perbankan dan kehidupan dari masyarakat seluruh dunia.hal spesial dari mesin ini adalah bisa mengeluarkan uang dan tidak memiliki penemu tunggal dari mesin ini. Beda halnya dengan ATM modern yang merupakan gabungan dari banyak penemu yang berbeda yang telah di buat lama bertahun-tahun.

Pada awal mulanya, beberapa dari mesin ATM hanya sekedar bisa menerima setoran, dan yang lain hanya bisa mengeluarkan uang tunai. ATM ini merupakan perangkat teller otomatis yang tujuan utamanya adalah untuk melayani keperluan bank tertentu sebagaimana diperlukan. Sejarah ATM adalah kisah yang cukup menarik dalam sejarah perbankan.

Masa Awal ATM

Penemu Amerika, Luther Simjian, sering sebut sebagai penemu utama dari mesin perbankan otomatis pertama, yang hanya ada pada saat itu, dipatenkan sebagai Bankograph. Perangkat ini dapat bekerja dengan otomatis menerima uang tunai atau cek kapan saja. Ini memungkinkan orang untuk dapat mengirimkan uangnya ke rekening bank mereka di luar dari jam perbankan, suatu hal yang berbeda dan membuat kenyamanan begitu menarik di tahun 1960-an.

Pada tahun 1960, Simjian berhasil meyakinkan New York City Bank untuk mengambil beberapa mesinnya, dan melihat bagaimana mesin dari temuan nya dapat bekerja. Mesin-mesin ini pada dasarnya berfungsi sebagai berikut:

  • Seorang pengguna akan mengirimkan cek atau uang mereka dan kamera mikrofilm di dalam mesin akan mengambil snapshot dari setiap setoran. Ini agar pelanggan dapat percaya bahwa mereka akan melihat uang mereka lagi.
  • Pelanggan kemudian akan menerima salinan foto ini sebagai tanda terima mereka.
  • Bankir kemudian akan memasukkan dan melakukan setoran fisik selama jam perbankan.


Namun, pada akhirnya orang tidak tertarik dan hanya sedikit orang yang mau menggunakan mesin ini.

Kelahiran ATM Moderen

Sementara Bankograph pertama penemuannya itu tidak cukup berhasil menjadi berguna dalam bagian masyarakat. Pada akhir 1960-an, waktu telah berubah, dan segmen populasi yang lebih luas membuat lebih banyak orang yang bersedia untuk mempercayai teknologi baru dan bersedia untuk mencoba perbankan otomatis. Pada tahun 1967, seorang penemu dari Skotlandia bernama John Shepherd-Barron memiliki ide yang cerdik saat mandi: "mesin penjual otomatis untuk permen ada, jadi mengapa tidak untuk uang tunai?"

Kemudian mesin ATM yang mengeluarkan uang otomatis dibuat. Alat ini menggunakan voucher kertas dengan tinta radioaktif untuk menarik uang tunai sebagai pengganti kartu kredit atau kartu debit. Paling banyak yang bisa ditarik pengguna saat itu adalah £ 10.

Akhirnya pada tahun 1969, mesin perbankan otomatis pertama di AS dirancang oleh seorang insinyur Dallas dan mantan pemain baseball profesional bernama Donald Wetzel. Desain mesin ini menggunakan kartu plastik yang mirip dengan yang kita gunakan saat ini. Cabang perbankan di Long Island adalah yang pertama menginstal salah satu mesin ini.

Begitulah sejarah dari ATM dan semoga bermanfaat. (rzk)


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia