Peluang Kerja Jurusan DKV

Masih belum menentukkan jurusan apa saat ingin kuliah nanti? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan masuk ke jurusan desain komunikasi visual di universitas yang kamu inginkan. Sebab, jurusan tersebut memiliki peluang karir yang bisa dibilang cukup besar. Kamu Ingin tahu apa saja pekerjaan yang sangat membutuhkan seorang ahli desain komunikasi visual? Yuk, simak informasi berikut ini!
 
Web Designer
Lulusan dari desain komunikasi visual seringkali berkarir sebagai seseorang web designer. Hal itu disebabkan oleh ilmu yang didapatkan semasa kuliah yang pada masanya sangat menunjang karir web designer. Sebagai seorang web designer, kamu akan bekerja membuat sebuah website yang berguna untuk orang lain maupun diri sendri .
Kamu akan mulai membuatnya dari desain visual hingga konten dari website yang telah kamu buat tersebut. Dengan berbekal ilmu desain komunikasi visual, pastinya anda bisa membuat sebuah website yang mampu menarik perhatian dari para calon pengguna kelak.
 
Visual Designer di Penerbitan dan Percetakan
Pastinya, lulusan dari desain komunikasi visual seseorang itu sangat dibutuhkan di industri penerbitan dan percetakan. Sebab, kedua industri itu membutuhkan seorang desainer visual untuk produk-produk yang ingin mereka hasilkan. Selain itu, di industri percetakan, terkadang visual designer bertugas pula melakukan kontrol kualitas hasil cetakan yang sudah dibuatnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
 
Graphic Designer
Bidang pekerjaan yang satu ini ada di sebagian besar perusahaan kreatif dan inovatif, baik itu di bidang perfileman, agensi periklanan, maupun pada perusahaan video games. Pekerjaannya tentu membuat desain sebagus mungkin untuk keperluan perusahaan atau klien dari perusahaan. Selain dari pada itu, ada kalanya graphic designer memiliki tugas untuk typesetting dan membuat ilustrasi visual.
 
Illustrator
Menjadi illustrator tentunya bukan hal-hal yang baru bagi lulusan desain komunikasi visual. Sebab, pada jurusan tersebut memang mengajarkan beberapa elemen dasar desain visual, seperti menggambar sketsa menggunakan alat tulis pada aplikasi di komputer.
Sebagai illustrator, kamu akan memasuki dunia pembuatan gambar untuk berbagai hal keperluan, seperti untuk storyboard, iklan, dan lain sebagainya. Pastinya, lini pekerjaan yang satu ini ada di beberapa jenis perusahaan kreatif, seperti production house film, biro agensi iklan, penerbitan, dan lain sebagainya.
 
Creative Director
Pekerjaan yang sudah menjadi bagian penting dalam beberapa industri kreatif ini yaitu konsep kreatif sebuah proyek yang di kerjakan. Bila berada di dunia pertelevisian, creative director menjadi pengarah konsep kreatif pada program televise yang akan di tayangkan, sedangkan di bidang periklanan dia akan bertugas menjadi pengarah suatu konsep iklan sesuai permintaan klien.
Bagi seseorang yang lulusan desain komunikasi visual yang bekerja di posisi ini akan memiliki banyak keunggulan yang jika dibanding mereka dari latar belakang yang sangat jauh berbeda. Keunggulan dari semua itu ialah kemampuan seorang desainer komunikasi visual untuk memahami psikologis masyarakat sehingga apa yang dibuatnya bisa tepat sasaran dan menarik minat banyak orang maupun klien sendiri. Selain itu, dia akan mampu memahami konteks tampilan visual yang tepat untuk tampilkan pada proyeknya.
 
Art Director
Di bidang periklanan atau lumrah disebut advertising, seorang art director memiliki tugas yang bisa dibilang sangat penting. Dia akan bertanggung jawab dalam menerjemahkan teks dari copywriter ke dalam bentuk visual. Dengan begitu pula, tampilan visual dari konsep suatu iklan yang di hasilkan akan sesuai dengan keinginan dan kemauan klien.
Posisi yang satu ini sangat cocok bagi lulusan desain komunikasi visual. Sebab, dia akan mampu meng analisa dan menerjemahkan secara tepat untuk kebutuhan tampilan visual suatu iklan dari seorang copywriter, termasuk di dalamnya dampak psikologis bagi penonton iklan tersebut.
 
Freelance Designer
Pekerjaan satu ini merupakan pekerjaan bebas yang pada umumnya tidak terikat oleh jam kantor. Kebanyakan dari mereka yang sudah lulus dari jurusan desain komunikasi visual, mereka kerap lebih memilih sebagai seseorang desainer lepas atau freelance designer lantaran jam kerjanya yang fleksibel.
Saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan lebih suka memilih menggunakan jasa freelance designer untuk proyeknya lantaran pengiritan budget dari  perusahaan. Ketimbang menggunakan jasa designer dari perusahaan kreatif, mereka lebih memilih mempekerjakan freelance designer karena lebih murah.
Meski hanya bekerja sebagai Freelance Designer, bukan berarti menjadi freelance designer dibayar rendah oleh perusahaan. Justru karena sosok ini bergerak secara individu,  maka bayarannya bisa melebih gaji satu orang designer di perusahaan-perusajaan periklanan. Kalau kamu tipe orang yang tidak ingin terikat jam kerja, menjadi freelance designer merupakan pekerjaan yang sangat tepat untukmu.

(ysr)

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...