WhatsApp-Button
Jurnal dan Artikel

Jurnal dan Artikel

  2020-11-18 10:22:05     Ulti Desi Arni     Dibaca 41 kali

 

Banyak yang berfikir pada awalnya bahwa jurnal dan artikel adalah hal yang sama, namun ternyata jurnal dan artikel memiliki banyak perbedaan. Terkadang kita sulit untuk membedakannya tetapi bagi para akademisi tentu tahu perbedaan kedua hal tersebut. Karena kehidupan mereka tidak jauh dari yang namanya jurnal maupun artikel.

Untuk mengetahui perbedaan antara Jurnal dan artikel ada baiknya untuk kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari kedunya.

Jurnal

Jurnal ialah publikasi dari seorang akademisi maupun professional dalam suatu bidang ilmu pengetahuan yang mereka kuasai. Mereka harus menguasai terlebih dahulu yang mereka bahas di dalam jurnal mereka. Contoh seorang dokter menulis jurnal mengenai penyakit Covid-19, tentu mereka harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Covid-19 dan biasanya jurnal banyak diminati atau dibaca oleh mereka yang menggeluti bidang yang sama atau dekat dengan bidang mereka. Contoh seorang dokter menulis jurnal mengenai gejala Covid-19 dan biasanya yang akan membaca jurnal tersebut adalah dokter, perawat dan Menteri Kesehatan atau tenaga kesehatan lainnya.

Jurnal pada umunya diterbitkan berkala (dalam rentang waktu tertentu), tergantung dari lamanya penelitian. Ada jurnal yang muncul mingguan, bulanan, setengah tahunan maupun tahunan.

Jurnal dapat dibedakan Menjadi 3 yaitu :

  1. Professional of trade journals

Jurnal ini mempunyai target pada satu profesi. Jurnal ini berisi beberapa berita terkini, pendapat, ataupun beberapa saran yang praktis berupa suatu produk yang terbaru. Dalam jurnal ini juga berisi beberapa ulasan untuk memberikan informasi kepada para pembaca.

  1. Popular journals

Jurnal ini berisikan cerita fitur berupa sebuah pendapat, dan juga beberapa potongan dari editorial yang memberikan informasi untuk memberikan hiburan bagi para pembacanya. Biasanya jurnal ini juga berisi banyak iklan, ilustrasi dan juga beberapa foto.

  1. Scholarly Journal

Jurnal ini lebih dikenal sebagai jurnal wasit. Scholarly Journal adalah salah satu jurnal akademik. Jurnal ini juga memiliki tujuan utama yaitu untuk menyebarkan suatu ilmu pengetahuan dan juga beberapa penelitian soal temuan baru yang jarang teridentifikasi oleh banyak orang.

Artikel

Menurut Wikipedia Artikel ialah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak (melalui koran, majalah, bulletin dan sebagainya) yang bertujuan menyampaikan suatu gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Isi artikel bisa bermacam – macam, beberapa contoh yang sering kita baca seperti sejarah, argumentasi, penelitian dan sebagainya.

Artikel dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

  1. Artikel penelitian ialah artikel yang biasanya ditulis berdasarkan penelitian-penelitian yang ada dan sifatnya ilmiah. Berisikan hal-hal penting, contohnya ialah penemuan yang ada pada penelitian yang ditulis lewat artikel, penjelasan terhadap hasil temuan pada penelitiannya lalu pada akhirannya biasanya dilengkapi dengan kesimpulan.
  2. Artikel Non-penelitian adalah artikel yang tidak mengarah kepada laporan. Biasanya tidak melebihi 20 halaman. Artikel non-penelitian tidak terlalu rumit seperti artikel penelitian. Yang berarti tetap bisa dikategorikan dalam jenis artikel ilmiah tetapi tidak terlalu panjang.

Perbedaan Jurnal dan Artikel

Inilah  poin-poin perbedaan antara artikel dan jurnal:

  • Jurnal berisi deskripsi lain tentang disiplin ilmu tertentu atau kegiatan profesional. Sedangkan Artikel adalah komposisi tertulis tentang topik yang menarik, yang membentuk bagian terpisah dari buku, majalah, atau koran.
  • Jurnal ialah bentuk publikasi dari seorang Profesional maupun akademisi dalam bidang yang mereka kuasai sedangkan Artikel itu adalah karya sastra.
  • Jurnal yang bersifat pendidikan dan akademik. Sedangkan Artikel bersifat non-fiksi dan informatif.
  • Jurnal berisi artikel, ulasan buku, konten editorial, prestasi, umpan balik, perkembangan terkini di bidang studi. Sedangkan artikel dapat mencakup berita, cerita, informasi, fakta atau pengalaman penulis, pendapat, saran, fakta, dan lainnya.
  • jurnal adalah semua tentang bidang studi tertentu atau kursus profesional dan perkembangannya dedangkan artikel ditulis dengan topik yang menarik oleh penulis atau masalah apa pun.

Kesimpulan

Intinya jurnal berbeda dari artikel dalam arti bahwa artikel adalah komposisi tertulis, yang hanya sebagian kecil dari jurnal, sedangkan jurnal itu sendiri adalah publikasi yang berisi sejumlah artikel dan bahan relevan lainnya.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia