WhatsApp-Button
Website Menurut Para Ahli

Website Menurut Para Ahli

  2020-11-17 14:51:46     Ulti Desi Arni     Dibaca 43 kali

Website Menurut Para Ahli

Sebelum kita mengetahui pengertian website menurut para ahli, kita harus mengetahui apa itu website dalam ilmu teknologi. Website atau web merupakan sebuah data berupa dokumen, yang berisikan berbagai informasi yang berbasis digital. Informasi ini dapat berupa teks, gambar, animasi, video, dan gabungan dari semua itu yang tersediakan melalui jaringan internet dan bakal bisa di akses oleh orang banyak di seluruh dunia selama masih memiliki jaringan koneksi internet.

Website ini merupakan dari halaman-halaman situs, yang terangkum dalam domain atau subdomain, yang lebih tepatnya terdapat dalam World Wide Web (WWW) dalam sebuah internet yang sudah pasti tersedia. Halaman web yang berisikan dokumen ini biasanya di tulis dalam bentuk HTML (Hyper Text Markup Languange) yang pastinya bisa di akses melalui HTTP.

HTTP merupakan sebuah protokol yang tujuannya untuk mengambil dan memproses informasi dari sebuah server website untuk di tampilkan kepada para user melalui web browser.

Website dalam artian lain juga dapat di artikan sebagai halaman-halaman yang terkoneksi melalui jaringan internet atau situs yang terkoneksi dengan internet yang dapat menyampaikan informai melalui data teks, data gambar yang diam dan bergerak, data animasi, data suara, data vidio dan gabungan dari semua bentuk, baik web yang sifatnya statis ataupun web yang sifatnya dinamis yang akan membentuk satu bentuk dari bangunan  rangkaian yang bakalan saling terkait  dimana masing- masing dari website tersebut akan di hubungkan melalui jaringan-jaringan halaman (Hyperlink).

Pengertian website menurut para ahli :

Suwanto Raharjo

Web menurut Suwanto Raharjo, layanan web merupakan bagian dari salah satu Internet yang paling banyak dipergunakan dibandingkan dengan beberapa layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

Wahana Komputer

Web menurut wahana komputer adalah bentuk interaksi dalam berkomunikasi yang digunakan dalam jaringan komputer. 

Sukarno dan Hianoto

Web menurut Sukarno dan Hianoto, website adalah barang berharga(aset) sama halnya seperti rumah dan saat ini mulai bnyak di perjual belikan demi mecukupi kebutuhan. 

A. Taufiq Hidayatullah

Web menurut A.Taufiq Hidayatullah adalah bagian-bagian terbesar yang akan sangat terlihat jelas sebagai jaringan yang ada di dunia, yaitu intrenet. 

Haer Talib

Web menurut Haer Talib adalah tempat di Internet yang mempunyai nama serta alamat untuk dapat di akses.

Ali Zaki & Smitdev Community

Web menurut Ali Zaki & Smitdev Community mendefinisikan Website merupakn beberapa kumpulan dari halaman yang bakalan terdapat pada satu domain, yang  isi nya terdiri dari 2 atau lebih halaman web.

Boone (Thomson)

Web menurut Boone (Thomson) adalah kumpulan grafis yang kaya akan sumber daya yang dapat berinteraksi astu sama lain di Internet yang cakupannya lebih besar. 

 

Feri Indayudha

Web Menurut Feri Indayudha, Website adalah sebuah program yang dapat memuat data film, data gambar,data suara & data musik yang akan ditampilkan di internet.

Yuhefizar

Web Menurut Yuhefizar, Website adalah cara untuk menampilkan sumber informasi yang ada  di pada internet, baik itu berupa teks, gambar, video & suara maupun interaksi yang bakalan  memiliki keuntungan yang dapat menghubungkan (link) dari sebuah dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) dan akan dapat diakses melalui browser yang ada internetnya.

Jasmadi

Web menurut Jasmadi adalah kumpulan dari beberapa halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya yang akan diletakkan di dalam host atau web server yang bakalan dapat diakses melalui internet.

Gregorius, 2000:30

Web Menurut Gregorius adalah kumpulan dari beberapa halaman web,baik web yang saling terhubung dan file-filenya yang saling terkait. Web terdiri dari beberapa page yang ada atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan halaman utama(homepage). Homepage biasanya akan berada pada posisi teratas, dengan adanya halaman-halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink yang tujuannya adalah agara dapat mengakses ke halaman lain dalam web.

Hakim Lukmanul, 2004

Web menurut Hakim Lukmanul adalah fasilitas yang di sediakan untuk internet yang menghubungkan dokumen satu dengan dokumen lainya dan berada dalam lingkup lokal maupun dalam lingkup jarak jauh. Dokumen yang terdapat pada website disebut dengan web page(halaman web) dan link dalam website agar dapat memungkinkan si pengguna bisa berpindah-pindah dari satu page(halaman) ke page lain (hyper text), baik diantara page yang akan disimpan dalam server yang sama maupun server yang ada pada seluruh dunia. Pages akan dapat diakses dan dibaca melalui browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan bnyak lagi aplikasi browser lainnya.

Sibero (2011 : 11)

“Web menurut sibero adalah kumpulan dari beberapa sistem yang ada kaitannya atau hubungan nya dengan dokumen yang digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lainnya pada  sebuah jaringan internet”.

Menurut Arief (2011 : 8)

“Web menurut Arief adalah salah satu aplikasi yang dapat berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) dan didalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) cara untuk  dapat mengaksesnya yaitu dengan menggunakan perangkat lunak yang biasa disebut browser”.

Wikipedia

Web menurut wikipedia adalah salah satu halaman web yang akan saling berhubungan. umumnya berada pada peladen yang sama dengan berisikan beberapa kumpulan informasi yang dapat disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Peladen merupakan sebuah sistem komputer yang akan menyediakan beberapa dari jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Abdullah (2015:1)

“Web menurut abdullah adalah sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik berupa text, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet”.

Nilasari (2014:2)

“Web Menurut Nilasari yaitu merupakan web yang berisikan situs atau kumpulan dari halaman web yang dijalankan dari suatu alamat web domain.

Bekti (2015:35)

“Web menurut Bekti yaitu merupakan kumpulan dari beberapa halaman-halaman yang akan digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang bersifat dinamis dan bertujuan membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing- masing masing  dapat dihubungkan dengan beberapa jaringan-jaringan halaman”.

 (rzk)


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia