Pengertian Keyboard, Jenis-jenis dan Fungsi pada Komputer

Mungkin pada jaman yang serba modern ini kita sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, karena bagi yang sering menggunakan komputer pasti akan menggunakan benda ini. Oke tujuan pembahasan ini dibuat untuk kamu yang ingin mengetahui definisi, jenis-jenis dan fungsi dari keyboard, berikut ini pembahasannya.

Apa itu keyboard?

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terletak di komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol yang sudah ada di dalamnya. Keyboard bisa di definisikan  yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya masing masing.

Selain sebagai alat untuk menginputkan data, keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang bisa dibilang khusus. Umumnya port-port keyboard yang ada pada komputer ada 2 macam yang diantaranya PS2 dan USB. Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi modern, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.

Manfaat wireless keyboard : 

- Nyaman digunakan karena untuk memudahkan akses nirkabel mencari jaringan dalam area cakupan
- Anda dapat secara otomatis terhubung ke jaringan dalam area tertentu dengan cepat
- Menawarkan mobilitas yang lebih besar
- Biaya yang lebih efektif
- Lebih fleksibel, dan efisien karena anda tidak perlu menyiapkan kabel dan koneksi Ethernet

Jenis-jenis keyboard pada komputer

  1.  Keyboard QWERTY

Tata letak pada keyboard ini ditemukan pada tahun 1878 oleh Pak Christopher Lathan Sholes. Lalu pada keyboard QWERTY ini menjadi standar pada mesin tik komersial pada tahun 1905. Nama QWERTY sendiri diambil berdasarkan 6 huruf yang berjejeran pada baris ke-2 dari tombol alfanumerik keyboard tersebut.

  1.  Keyboard Dvorak

Keyboard ini ditemukan pada tahun 1932 oleh August Dvorak. dan William Dealey.  Susunan huruf pada keyboard Dvroak disusun sedemikian rupa. Pada keyboard ini tangan sebelah kanan akan lebih banyak di bebani pekerjaan dan kelelahan jika dibandingkan dengan tangan sebelah kiri. Lalu tataletak dari keyboard Dvorak ini dirancang supaya 70% dari penakanan pada home row, jadi dapat mengurangi kelelahan ketika melakukan pengetikan.

  1.  Keyboard Alphabetic

Tombol-tombol yang terdapat pada keyboard alphabetic ini disusun sama persis seperti pada keyboard QWERTY dan keyboard Dvorak pada umumnya, akan tetapi susunan dari hurufnya berurutan seperti halnya pada urutan huruf alphabet. Keyboard ini sangat jarang sekali digunakan, karena memperlambat kecepatan dalam pengetikan.

  1.  Keyboard Klockenberg

Keyboard klockenberg ini juga dibuat dengan tujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada. Dengan tujuan memisahkan kedua bagian dari keyboard, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan pada keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta dibuat miring ke bagian bawah. Keyboard ini memiliki tombol yang dibuat agar lebih dekat dengan meja.

  1.  Keyboard Numeric

Keyboarrd numeric juga merupakan jenis keyboard yang digunakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang sangat besar, orang-orang lebih menyukai menggunakan tombol numeric yang tata letaknya dapat dengan mudah dijangkau menggunakan tangan, sehingga lebih nyaman di gunakan.

Fungsi keyboard pada komputer

Fungsi dari keyboard secara umum pada komputer, yaitu untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang di ketikkan lalu kemudian menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) dan selanjutnya perintah tersebut akan di ubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga perintah tersebut dapat dipahami oleh processor.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian keyboard dan jenis-jenisnya dilengkapi dengan fungsinya. Jika postingan ini sangat bermanfaat bagi kamu jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu yang lain.

Terimakasih telah membaca pembahasan tentang keyboard ini ya.

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...