WhatsApp-Button
Pengertian Server dan Client

Pengertian Server dan Client

  2020-11-09 10:01:08     Ulti Desi Arni     Dibaca 56 kali

Ada bermacam jenis web yang bisa kita lihat. Web juga terhubung dengan sever yang dapat memberikan kemudahan bagi para user untuk memasukinya, dan di dalam server terdapat pula client yang menjadi bagian dari server web. Disini akan di jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan server dan apa yang di maksud dengan client, beserta perbedaan, fungsi dan ciri-ciri dari client dan server. 

Pengertian server

Server merupakan sebuah sistem yang terdapat di dalam komputer yang menyediakan berbagai macam jenis dari layanan tertentu yang biasanya ditujukan kepada client di dalam sistem jaringan komputer. Di dalam server terdapat juga sistem operasi khusus untuk dapat mengontrol operasi khusus atau untuk memonitor semua akses dan menjaga semua sumber daya yang ada di dalamnya. Server memerlukan prosesor yang memiliki sifat-sifat yang scable dan juga memerlukan RAM yang berkapasitas besar. Server juga dapat menjalankan perangkat lunak yang mempunyai sifat dapat mengatur dan mengontrol akses untuk jaringan komputer yang ada di dalam nya.

Pengertian client

Client merupakan suatu komputer yang ada pada suatu jaringan komputer dengan menggunakan berbagai macam sumber daya yang terdapat dari server. Dengan kata lain client merupakan pemakaian jasa layanan server. Dengan adanya prinsi dari client dan server dapat menjadikan suatu sistem merupakan aplikasi yang terdapat di beberapa bagian jaringan komputer yang telah saling berhubungan dan yang  saling terhubung antara satu komputer dan komputer lainya.

 

PERBEDAAN SERVER DAN CLIENT

Perbedaan dari server dan client ini sangat lah mudah untuk kita lihat. Berikut ini adalah perbedaan dari server dan client :

Server

Dapat menyediakan segala hal bentuk dari layanan yang sesuai dengan permintaan client. Permintaan dari client berupa semacam web server yang bisa mengirimkan sebuah halaman web, mail server yang dapat mengirimkan  email.

Client

Client ini harus di dahului  dengan adanya hubungan kepada server yang pada dasarnya meminta sebuah layanan dari server tersebut . Di dalam client pada web semua dapat di implementasikan ke dalam bentuk browser sama halnya seperti  pada email dengan bentuk mail reader.

 

 

FUNGSI DARI CLIENT DAN SERVER

Adapun fungsi nya sebagai berikut ini:

Fungsi Server

  1. Menerima dan memproses database yang ingin di proses dari client
  2. Memeriksa autorisasi
  3. Menjamin tidak terjadinya pelanggaran terhadap integrity constrain
  4. Melakukan query atau proses update dan memindahkan respons ke client
  5. Memelihara data dictionary

 Fungsi Client

  1. Mengatur user interface
  2. Menerima dan memeriksa sintaks untuk input data dari user
  3. Memproses aplikasi
  4. Generate permintaan basis data dan memindahkannya ke server
  5. Memberikan respon balik kepada pemakai
  6. Menyediakan akses basis data secara bersamaan
  7. Menyediakan kontrol recovery

Ciri-ciri dari client dan server

  1. Servis (layanan) :
  • Hubungan antar proses yang berjalan pada mesin yang berbeda
  • Pemisah fungsi berdasarkan ide layanan
  • Server sebagai provider, client sebagai konsumen
  1. Sharing sumber daya; server bisa melayani beberapa dari client dalam waktu yang bersamaan, dan dapat meregulasi akses bersamaan juga untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.
  2. Asymmetrical protocol (protokol yang tidak selaras dengan data ): ERD untuk Many-to-one relationship antara client dan server. Client selalu memasukan dialog melalui permintaan data dari server, dan server pun menunggu secara pasif permintaan dari client tersebut agar proses data nya terlaksanakan. 
  1. Transparansi lokasi; Proses yang dilakukan server boleh saja terletak pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui sebuah jaringan yang sama. Lokasi dari  server harus dekat supaya mudah diakses dari client. 
  1. Mix-and-Match: Perbedaan dari masing-masing server client platforms 
  1. Pesan berbasiskan komunikasi; Interaksi yang dilakukan oleh server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan permintaan dan jawaban dari client. 
  1. Pemisahan interface dan implementasi; Server bisa di diupgrade tanpa harus mempengaruhi client selama interface pesan yang diterbitkan tidaklah berubah.

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia