WhatsApp-Button
WiFi dan Hotspot

WiFi dan Hotspot

  2020-11-05 10:10:27     Ulti Desi Arni     Dibaca 50 kali

WiFi

WiFi (Wireless Fidelity) adalah kerjasama antara kelompok industri untuk membentuk standar interoperabilitas antar perangkat WLAN agar setiap perangkat yang telah disertifikasi WiFi akan dapat saling terhubung meskipun berbeda vendor atau merek. Simbol WiFi sering terlihat di area-area yang memang mendukung koneksi internet berbasis WLAN (wireless LAN).

WiFi merupakan teknologi untuk jaringan area lokal nirkabel dengan perangkat berdasarkan standar IEEE 802.11. WiFi juga merupakan merek dagang dari kerjasama WiFi, yang membatasi penggunaan istilah WiFi Certified ke produk yang berhasil menyelesaikan pengujian sertifikasi interoperabilitas.Cara Kerja WiFi

Sinyal Radio adalah kunci yang memungkinan untuk berkomunikasi dalam jaringan WiFi. Teknologi WiFi ini menggunakan dua frekuensi gelombang radio yang dapat mengirimkan dan menerima sinyal Radio. Kedua Frekuensi gelombang radio tersebut memiki Frekuensi 2,4GHz dan 5GHz.

Router menangkap dan juga menerima data dari internet lalu menerjemahkannya menjadi Sinyal Radio dan kemudian mentransmisikan melalui antena WiFi ke perangkat pengguna WIFI seperti smartphone dan juga laptop yang dilengkapi dengan rangkaian WiFi. Laptop dan juga smartphone menangkap sinyal dari WiFi lalu membacanya dan menerjemahkannya menjadi data yang dapat dimengerti oleh perangkat tersebut. Lalu terjadilah koneksi antara pengguna dan jaringan. Demikian pula dengan pengiriman informasi dari laptop ataupun juga ponsel, perangkat tersebut akan menerjemahkan data menjadi sinyal radio dan mentransmisikannya menggunakan antena. Router nirkabel menangkap sinyal tersebut lalu diterjemahkannya, kemudian mengirimkan informasi tersebut ke Internet menggunakan koneksi Ethernet kabel fisik.

Jarak jangkauan router WiFi dan  Hotspot WiFi dalam ruangan yaitu berkisar 30 meter namun dapat diperluas lagi jika di luar ruangan. biasanya, kecepatan koneksi tergantung pada jarak kedekatan perangkat penerima dengan sumber sinyal radionya. Kecepaan koneksi WiFi akan meningkat apabila perangkat pengguna berada di dekat router atau titik hotspotnya. Sebaliknya, kecepatan koneksi WiFi akan semakin lambat jika berada di wilayah yang jauh sinyalnya.

Hotspot

Hotspot merupakan gambaran sebuah area atau lingkup tertentu yang terjangkau oleh frekuensi jaringan WLAN/WiFi sehingga orang dapat terhubung dengan koneksi jaringan melalui perangkat yang memiliki teknologi WiFi seperti smartphone, komputer, laptop dan lain sebagainya.

Fungsi Hotspot yaitu dengan Hotspot kamu bisa melakukan koneksi internet seperti browsing, berkirim email, chatting transaksi bank, mendownload, sambil menunggu seseorang, hangout, maupun saat bertemu dengan rekan bisnis kamu dan lain-lain.

Perbedaan WiFi dan HotSpot

Wi-Fi dan juga hotspot, keduanya digunakan untuk tujuan yang sama yaitu untuk menyediakan internet tanpa kabel. Seringkali orang beranggapan bahwa kedua istilah tersebut digunakan secara bergantian namun mereka lupa membandingkannya sesuai dengan fungsi dan fiturnya. Ada beberapa perbedaan yang mendasar antara Wi-Fi dan juga hotspot mengenai kecepatan, kinerja, keamanan dan juga cakupan area.

Berikut beberapa perbedaan utama antara WiFi dan HotSpot :

  • Wi-Fi adalah istilah umum yang digunakan dalam situasi ketersediaan internet tanpa kabel sementara hotspot adalah sejenis router atau perangkat fisik yang digunakan untuk menyediakan internet melalui teknologi nirkabel.
  • Wi-Fi itu sendiri adalah sejenis penyedia layanan Internet sedangkan hotspot bukan karena hanya sekedar jalur akses.
  • Sampai batas tertentu, Wi-Fi itu sendiri lebih aman daripada hotspot karena di hotspot ada orang yang bisa mengakses internet dan dalam beberapa kasus bisa melihat lalu lintas pengguna juga.
  • Sinyal Wi-Fi bisa diakses hingga kisaran jarak 20 meter atau 66 kaki sedangkan sinyal hotspot bisa akses di kisaran jarak 33 ft.
  • Dalam sebagian kasus, banyak pengguna hotspot yang memberikan kecepatan rendah dibandingkan dengan Wi-Fi.
  • Wi-Fi juga masih merupakan layanan internet berbayar di banyak lokasi, sementara layanan hotspot sebagian besar gratis karena ditawarkan untuk menyenangkan pelanggan atau pengunjung.
  • Layanan hotspot sebagian besar disediakan oleh perusahaan seluler atau telepon sementara layanan Wi-Fi disediakan oleh penyedia layanan internet area lokal.

 Tips Menggunakan Hotspot Supaya Aman

  • Jangan mengaktifkan file sharing folder PC/laptop kamu, jika kamu terhubung dengan jaringan publik, karena memungkinkan orang lain juga dapat mengakses folder yang kamu sharing.
  • Matikan juga sharing printer PC/Laptop kamu.
  • Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan anti virus dengan update yang terbaru.
  • Jangan sekali-kali memberikan username dan juga password Anda kepada orang lain.

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia