WhatsApp-Button
LAN, MAN & WAN

LAN, MAN & WAN

  2020-11-05 10:03:34     Ulti Desi Arni     Dibaca 49 kali

LAN, MAN dan WAN merupakan tiga jenis jaringan yang dirancang untuk beroperasi di area yang dicakupinya. Ada beberapa persamaan dan perbedaan di antara mereka. Perbedaan jaringan LAN, MAN dan WAN adalah wilayah geografis yang dicakupnya yaitu LAN mencakup wilayah terkecil, MAN mencakup area yang lebih besar dari LAN, dan WAN merupakan jaringan untuk cakupan daerah terbesar.

Pengertian LAN

LAN atau Local Area Network menghubungkan perangkat jaringan sedemikian rupa sehingga komputer pribadi dan workstation dapat berbagi data, alat, dan program. Komputer dan perangkat dihubungkan bersama oleh switch atau stack switch menggunakan skema pengalamatan pribadi seperti yang didefinisikan oleh protokol TCP / IP. Pada LAN terdapat router yang menghubungkannya ke WAN yang lebih besar. Transmisi data pada LAN sangat cepat karena jumlah komputer yang terhubung hanya terbatas. LAN menggunakan perangkat keras yang relatif murah seperti hub, adaptor jaringan, dan kabel Ethernet. LAN mencakup area geografis yang lebih kecil (Ukuran terbatas beberapa kilometer) dan dimiliki secara pribadi.

Pengertian MAN

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang mampu mencakup area yang lebih luas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih dari semua jaringan komputer yang menggunakan LAN.

Mengapa jenis jaringan ini bisa dikatakan mampu mencakup area yang lebih luas? Jawabannya yaitu, karena MAN sendiri biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya. Namun, untuk membuat suatu jaringan MAN, biasanya memerlukan operator telekomunikasi yang bertugas sebagai penghubung antar jaringan komputer.

  • Keuntungan Menggunakan Jaringan MAN

Jaringan ini dapat dengan sendiri mencakup wilayah atau area yang lebih luas sehingga untuk berkomunikasi dengan internet menjadi lebih efisien. Jaringan MAN juga mempermudah anda dalam halnya berbisnis. Bahkan, keamanan berkomunikasi menggunakan jaringan ini juga menjadi lebih terjaga.

  • Kerugian Menggunakan Jaringan MAN

Meskipun berkomunikasi dengan jaringan ini bisa dibilang cukup aman, namun ternyata jaringan MAN mudah dirusak oleh seseorang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan pribadi. Bahkan, untuk memperbaiki jaringan MAN ini juga memerlukan waktu yang cukup lama.

Pengertian WAN

WAN atau Wide Area Network adalah jaringan komputer yang membentang di wilayah geografis yang luas, meskipun mungkin terbatas dalam batas-batas negara. WAN dapat berupa koneksi LAN yang menghubungkan ke LAN lain melalui saluran telepon dan gelombang radio dan mungkin terbatas pada perusahaan (korporasi atau organisasi) atau dapat diakses oleh publik.

Tidak tanggung-tanggung, jaringan ini sendiri biasanya digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain. Bahkan, dari suatu benua ke benua lainnya. Untuk dapat menghubungkan ke berbagai negara, jaringan WAN terhubung dengan menggunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah maupun di jalur bawah laut.

  • Keuntungan Menggunakan Jaringan WAN

Selain lebih canggih daripada LAN ataupun MAN, jaringan WAN ini tentunya memiliki cakupan wilayah jaringan yang sangat luas. Adapun teknologi yang lebih canggih sudah tentu ditanamkan di mekanisme ini. Otomatis hal tersebut juga membuat jaringan WAN dapat terhubung dengan lebih rahasia dan lebih aman. Karena cakupannya bisa membentang antar benua, maka hal ini juga mempengaruhi kemudahan dalam urusan berbisnis.

  •  Kerugian Menggunakan Jaringan WAN

Teknologi yang lebih canggih, cakupan yang lebih luas, serta keamanan yang lebih terjaga pastinya membutuhkan biaya operasional yang tidak murah. Karena hal itu, biaya adalah hal utama yang menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah jaringan WAN.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia