Pengertian Mouse

Mouse adalah sebuah perangkat keras dari komputer yang termasuk dalam golongan perangkat input (masukan). Mouse berfungsi sebagai pengaturan pergerakan kursor secara cepat, dan dapat berfungsi sebagai memberikan satu perintah dengan cara menekan tombol pada mouse. Di dalam mouse ini terdapat sebuah bola kecil yang berfungsi untuk menangkap gerakan mouse dan mentransferkan sinyal listrik ke perangkat laptop/komputer. Dengan begitu mouse dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.

Berikut adalah fungsi dari mouse :

  1. Memberikan perintah untuk komputer/laptop dengan cara menggerakkan mouse di permukaan khusus yaitu alas mouse (Mouse Pad).
  2. Menunjukkan letak kursos di layar monitor.
  3. Dalam mouse ada  kegiatan untuk melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut: klik, klik ganda (double click), klik tahan dan geser (drag and drop click), serta klik kanan.
  4. Melakukan scrolling layar pada komputer/laptop untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll nya.
  5. Mempercepat dan mempermudah pekerjaan desain grafis, gaming dan sebagainya.
  6. Mengontrol perbesaran visual suatu objek.
  7. Mengaktifkan fitur coommnd button serta melakukan perintah pada suatu aplikasi.
  8. Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet.
  9. Melakukan transfer sinyal elektronik dari pergerakan mouse menuju ke perangkat pemrosesan perintah.
  10. Dan masih banyak lagi.

Kita harus memperhatikan penggunaan mouse untuk komputer dan laptop kesayangan kita. Cara memilih mouse yang baik adalah :

  • Harga harus di prioritaskan dalam membelinya

Dalam memilih mouse komputer yang bagus, pertama kali kita harus memperhatikan soal harga dari mouse. Mengapa demikian? Sebab, harga juga akan berpengaruh ke aspek kualitas. Baik itu kualitas dalam segi fitur maupun keawetan penggunaan. Perlu juga untuk kita menyesuaikan harga dengan budget yang kita miliki. Rekomendasi mouse komputer yang terbukti kualitasnya pada saat ini dan  sesuai dengan harganya adalah mouse bermerk Logitech. Mouse dengan merk itu memiliki kinerja yang cukup bagus dalam waktu yang lama, mouse ini bisa lebih dari satu tahun pemakaian sering. Jadi, awal mula jikalau ingin memiliki perangkat mouse komputer yang bagus adalah mempertimbangkan soal harga dan kualitas sebab harga menjamin dari kualitas barang.

  • Ergonomis adalah pilihan ke dua

Jangan mentang-mentang melihat desain mouse komputer yang unik serta lucu, Anda tertarik langsung untuk membelinya. Hal itu merupakan kesalahan bagi sebagian besar konsumen saat ini yang baru mengenal mouse. Kedepankan kenyamanan, sebab tujuan utamanya adalah pemakaian jangka panjang, bukan? Oleh sebab itu, kita bisa terlebih dahulu melihat dan mencoba mouse komputer yang sesuai untuk kita beli. Pastikan pula mouse komputer incaran kita bisa cocok dan nyaman untuk digunakan sesuai aktivitas sehari-hari dalam mengoperasikan komputernya, sebab disini lebih untuk kenyamanan si konsumen.

  • Frekuensi pemakaian juga butuh perhatian

Mungkin banyak dari sebagiaan besar dari kita yang belum mengetahui bahwa ketahanan mouse komputer dipengaruhi oleh banyaknya klik ketika kita menggunakannya. Jadi, apabila kita memiliki pekerjaan di depan komputer dengan pemakaian yang cukup sering, maka pastikan bahwa merk dari mouse komputer yang akan Anda dibeli memiliki kriteria mouse yang kualitasnya terbaik. Sebagaimana poin satu, harus di sesuaikan harga dan kualitas dari mouse komputer tersebut. dan, pilihlah merk yang menawarkan garansi.

  • Tekstur pun tidak boleh di lupakan

Sangat jarang diperhatikan oleh pembeli dan pengguna dari mouse ini adalah soal tekstur mouse komputer. Usahakan untuk memilih mouse dengan tekstur dop, yang ciri-cirinya bodi dari itu mouse tidak mengkilap. Fungsi lainnya adalah untuk menghindari mouse tersebut cepat kotor sehingga tidak mengganggu aktivitas komputerisasi Anda dan lebih enak di pandang oleh mata.

           

 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...