WhatsApp-Button
Pengertian Informatika

Pengertian Informatika

  2020-10-22 11:47:53     Ulti Desi Arni     Dibaca 115 kali

Seiring perkembangan dan kemajuan saat ini, teknologi mempunyai peranan yang sangat penting. Dimana manusia dituntut harus menguasai ilmu teknologi yang mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih dengan adanya teknologi yang canggih pada masa saat ini. Manusia tidak bisa melepaskan diri dari penggunaan teknologi. 

Kendati demikian, manusia harus pandai memilih dan memilah teknologi yang bagus dan buruk untuk masa depan. Tujuan nya adalah supaya manusia tidak di perbudak pada alat teknologi yang dikembangan olah manusia itu sendiri.

Teknologi bisa menjadi bermanfaat apabila si pengguna dan si pembuat bisa menggunakannya dan memakainya dengan baik dan bijak, bahkan bisa menjadi sumber kehidupan bagi mereka yang menggunakan nya dengan baik. Maka dari itu manusia harus mengetahui terlebih dahulu pengertian nya dari masing-masing.

Teknik informatika adalah ilmu komputer yang di dalamnya mempelajari tentang sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi management. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari berbagai sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses data, menyimpan data dan menampilkan data dalam bentuk informasi.

Secara detailnya, informatika meliputi beberapa aspek:

  • Teori informasi yang mempelajari konsep yang terstruktur dari suatu informasi
  • Ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan data, klasifikasi data, manipulasi data  penyimpanan data, pengaksesan data , dan penyebarluasan data informasi untuk keperluan  dalam bidang sosial dan bidang kemasyarakatan secara menyeluruhnya.
  • Ilmu komputerdan teknik komputer yang mempelajari tentang proses alur data, pengarsipan data, dan penyebaran data informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan pemrograman yang berbasis komputer.
  • Sistem informasi yang mempelajari mengenai teknik pengembangan dari proses suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.
  • Keamanan informasi ilmu yang mempelajari mengenai tentang alur proses mengamankan dan melindungi data yang beresiko terjadinya kebocoran data yang ada pada sistem atau komputer.
  • Informatika sosial yang mengkaji tentang aspek sosial dari TIK (teknik informasi dan komunikasi) dalam perubahan sosial dan organisasional, penggunaan teknologi dalam bidang sosial, dan cara kelembagaan sosial teknologi informasi yang bisa dipengaruhi oleh kekuatan sosial dan praktik-praktik sosial/kemasyarakatan.

Teknik informatika mempunyai aspek kedisiplinan dalam menguasai setiap bidang ilmu informatika yang begitu sangat luas. Peluang informatika di dunia pekerjaan sangatlah besar, karena informatika berada dalam segala bidang ilmu, pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi yang membutuhkan  ahli dari informatika ini. Berikut sejumlah profesi yang dapat di kerjakan dari lulusan Teknik Informatika:

Engineer Developer Software

Developer, adalah orang yang tugasnya membangun sebuah aplikasi  sistem, merancang arsitektur aplikasi data, mengimplimentasikan data aplikasi serta mengembangkan data sistem tersebut dimasa yang akan mendatang.

Engineer, ialah seseorang yang tugasnya untuk menjaga dan merawat sistem, bahasa kerennya maintenance.

Aplikasi Analis IT

Adalah seseorang yang bertugas untuk mendukung beberapa aplikasi.

Konsultan IT

Bekerjaa sebagai jembatan/perantara antara tim teknisi dan anggota staf untuk mengetahui kebutuhan dari model dan strategi dari bisnis klien. 

Arsitek Jaringan Komputer

Arsitektur jaringan komputer merupakan cara penggunaan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dalam jaringan agar satu komputer dengan komputer lainnya dapat melakukan komunikasi dan sharing data.

Masih banyak peluang-peluang pekerjaan lain yang bisa digeluti di dunia informatika, tergantung dengan minat dan bakat yang dimiliki. 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia