Usaha Dagang

Ada begitu banyak jenis usaha yang dapat kita jalankan dari usaha jasa hingga pabrikasi. Di antara keduanya juga dapat juga di temukkan jenis usaha  lain yang mempunyai aspek dari kedua jenis usahanya, yaitu usaha dagang. Lalu apakah maksud dengan usaha dagang itu sendiri? Pada kesempatan ini mari membahas materi mengenai usaha dagang yang meliputi pengertian usaha dagang serta bagaimana operasi dari usaha semacam ini yang akan dilengkapi dengan contoh.

Pengertian Usaha Dagang

Usaha dagang dapat diartikan sebagai segala jenis rupa usaha dengan konsep dasar membeli pasokan barang persediaan serta menjualanya kembali tanpa adanya proses pengolahan yang lebih lanjut. Hal ini mengandung arti, apa yang di beli adalah sama dengan apa yang di jual. Dan juga keuntungan dari usaha sepenuhnya berasal dari selisih harga yang telah di peroleh dari harga jual dan juga harga beli.

Tidak terdapat aktivitas tertentu yang mempunyai tujuan untuk menambah nilai ekonomis dari suatu barang. Terdapat juga beberapa aspek lain yang di anggap memberikan dampak tambahan terhadap nilai keuntungan lebih sebagai suatu upaya dalam meberikan kenyamanan , layanan serta kemudahan distribusi serta kemudahan dalam hal pembayaran yang dapat memberikan hak bagi yang memiliki usaha dagang menambah harga jual.

Pengertian usaha dagang dapat terbagi dalam beberapa skala usaha. Diantaranya dari skala distribusi, skala keagenan hingga skala enceran. Usaha dagang juga dibagi dalam beberapa jenis barang dagangan.

Detail Operasi Usaha Dagang

Adapun detail operasi usaha dagang diantaranya yaitu:

  • Pembelian barang dagangan tunai maupun kredit
    Pada kompleks ini perusahaan akan langsung berurusan dengan supplier , bagaimana menemukan suplai barang yang sesuai dengan kebutuhan, bagaimana menjalin kerjasama sehingga proses suplai akan berjalan dengan lancar  tanpa adanya kekosongan stok dalam gudang dengan kualitas sesuai dengan yang dibutukan. Untuk hal ini juga pihak pembelian juga harus memperhatikan masalah mengenai sistem pembayaran yang paling menguntungkan bagi perusahaan.
  • Pengelolaan persediaan barang dagangan dalam gudang
    Urusan perdagangan di dalam usaha dagang konvensional menduduki posisi Yang penting . pada bagian gudang harus sangat diperhatikan bagaimana produk harus dalam kondisi atau keadaan terbaiknya sampai pada jalur distribusi. Bagaimana prinsip kepraktisan dalam pergudangan berjalan dan tentu saja bagaimana kerugian ekonomi atas produk dalam gudang dapat di minimalisir. Dalam hal ini artinya, gudang harus mengetahui bagaimana cara menyimpan produk dengan aman , memperhatikan masalah kadaluarsa , masalah perkembangan produk , dan mana tingkat penjualan produk.
  • Pemasaran
    Pemasaran juga merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam sebuah usaha dagang. Pemasaran untuk tiap jenis usaha dagang tentunya akan berbeda. Pemasaran pada usaha supermarket yaitu bagaimana cara memikat pengunjung datang dan juga bagaimana cara memajang produk dengan cara semenarik mungkin , tetapi tetap efektif bagi konsumen namun juga harus dapat mengundang konsumen untuk membeli produk dengan lebih konsumtif. Sedangkan pada usaha dagang agen penjualan busana anak di portal jual beli online tentunya akan terfokus pada bagaimana memberikan informasi produk dengan jelas , memberikan deskripsi dari produk secara verbal dan visual dengan sebaik mungkin sehingga dapat memberikan daya tarik bagi para konsumen untuk membelinya.
  • Pelayanan
    Sebagai pengusaha dagang , juga perlu melakukan langkah pelayanan guna meningkatkan keuntungan usaha. Pelayanan lebih akan memberikan kelelulasaan dalam menambah harga jual serta juga dapat meningkatkan nilai keuntungan . beberapa supermarket juga terkadang melayani jasa pengantaran barang untuk pembelian dengan nilai transaksi tertentu, atau bahkan juga ada yang memberikan undangan acara khusus bagi para pelanggan dengan keanggotaan khusus. Sedangkan untuk beberapa usaha dagang lain justru terdapat yang memeberikan keringanan pembayaran dengan sistem termin atau kredit untuk memberikan layanan serta kemudahan dalam hal pembayaran bagi konsumen. Di usaha dagang online juga bisa memberi layanan khusus seperti sistem Cash On Delivery atau COD untuk konsumen dalam kota atau gratis pengiriman setelah beberapa kali pembelian.
  • Arus Kas
    Arus kas secara umum dalam usaha dagang lebih cenderung sederhana dan pada usaha produksi atau pabrikasi. Hal tersebuit dikarenakan arus kas utama terdiri dari urusan pembelian barang serta penjualan barang. Uang masuk penjualan dan uang keluar untuk pembelian barang, pemasaran, pelayanan serta pergudangan.

Contoh – Contoh Usaha Dagang

  • Usaha Online.
  • Usaha konveksi.
  • Usaha jasa design.
  • Usaha Kuliner ( Makanan Minuman ).
  • Usaha transportasi.
  • Usaha ekspedisi.
  • Usaha perhiasan.
  • Usaha percetakan.
  • Usaha salon kecantikan dan perawatan.
  • Usaha alat kesehatan , perkantoran dan lain-lain.

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...