Cara Daftar Google Meet Untuk Siswa Dan Guru

Sejak penyebaran virus corona di seluruh dunia telah memaksa banyak pekerja untuk tetap bekerja dari rumah dan mengadakan pertemuan atau meeting secara online saja. Bukan hanya untuk orang-orang yang bekerja bahkan sekarang proses belajar mengajar dilangsungkan secara online. Membuat banyak aplikasi online meeting atau web conferencing seperti Zoom, Skype dan kini Google Meet menjadi pilihan banyak orang untuk tetap terhubung.

Bekerja dari rumah saja atau work from home ini bertujuan untuk meminimalisir dan memutus rantai penyebaran corona virus. Namun, dikarenakan pada masa pandemi ini menjadikan banyak orang berselancar dan melakukan pekerjaan secara online, hal ini turut mengganggu kelancaran konferensi online. Sehingga, banyak yang mencari alternatif dengan menggunakan beragam jenis aplikasi agar mereka tetap dapat berhubungan dan menyampaikan rapat tanpa terputus-putus.
Salah satunya adalah Google Meet.
 
Mengenal Apa itu Google Meet?

Google Meet merupakan produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi tersebut merupakan salah satu dari 2 aplikasi yang merupakan versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. Pihak Google sendiri telah menghapus versi klasik Google Hangouts pada Oktober 2019 silam. Aplikasi google Meet dirilis untuk pengguna iOS saja namun pada Februari 2017 kemarin Google secara resmi meluncurkan Google Meet di bulan berikutnya. Layanan aplikasi konferensi video ini bisa ditonton hingga 30 peserta. Meet menjadi versi yang lebih kuat dibanding Hangouts karena Meet mampu ditampilkan pada aplikasi web, aplikasi Android dan iOS.

Cara Daftar Akun Google Meet

Jika ingin menggunakan google meet untuk meeting virtual membuat tim ataupun bergabung, anda memerlukan akun google pribadi untuk bisa menggunakannya. Caranya jika seseorang yang ingin membuat acara maka cukup dengan mengunjungi Google Meet dan buat agenda di dalamnya. Untuk bisa bergabung ke rapat video, harus membutuhkan aplikasi Meet atau melalui browser yang di dukung.

  • Google Meet untuk pengguna smartphone/HP
    Bagi yang lebih banyak mobile atau lebih memilih menggunakan smartphone/HP maka kita dapat mengunduh aplikasi ini Play Store dan App Store. Lakukan pendaftaran atau Sign Up dengan menggunakan Gmail. Apabila sudah terdaftar, maka akan dapat melakukan konferensi online dengan menggunakan fitur chat atau video conference. Tekan ikon (+) pada pojok kanan bawa aplikasi dan pilih New Video Call, kemudian tambahkan partisipan dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon mereka.
  • Google Meet untuk pengguna komputer/desktop
    Dan yang ingin menggunakan komputer dapat mengakses Google Meet pada laman resmi mereka, kemudian klik Join or Start a Meeting. Disini pengguna diharus membuat kode rapat dan judul meeting sebelum mengundang partisipan. Website akan meminta izin untuk dapat mengakses mikrofon dan kamera. Pilih Join Now untuk bergabung dengan ruang rapat virtual, presentasi akan dilakukan pada layar komputer. Jika ingin mengundang lebih banyak orang, silahkan copy paste video conference atau cukup menambah email partisipan baru.

Fitur – fitur Google Meet
Tentu saja Google Meet datang dan menawarkan banyak fitur yang bisa membantu penggunaan perorangan dan perusahaan hingga skala besar sekalipun. Berikut ini fitur- fitur yang bisa diandalkan dari Google Meet :

  • Dapat mengundang sampai 100 peserta per panggilan untuk pengguna G Basic Suite, 150 orang bagi pengguna G Suite Business dan 260 orang per meeting untuk pengguna yang membeli paket G Suite Enterprise.
  • Memiliki kemampuan untuk bergabung dengan rapat dari web atau melalui aplikasi yang di instal oleh pengguna smartphone Android dan iOS.
  • Bisa melakukan rapat online dengan nomor dial-in.
  • Jika pengguna edisi G Suite Enterprise menggunakan nomor dial-in, maka kata sandi atau password pengguna akan terlindungi.
  • Integrasi dengan Google Calendar untuk melakukan panggilan rapat sekali klik.
  • Berbagi layar untuk menampilkan dokumen, spreadsheet atau presentasi.
  • Panggilan terenkripsi di antara semua penggunanya/pemakai.
  • Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya AI.

Keunggulan Google Meet
Penciptaan dan pembaruan Google Meet yang jauh lebih menarik dan menawarkan fitur- fitur terbaik dibandingkan dari pendahulunya Google Hangouts klasik, inilah keunggulan yang
ditawarkan Google Meet :

  • Membantu para pekerja dan karyawan untuk tetap melakukan rapat dimana saja mereka berada dengan menggunakan video call.
  • Interface atau antarmuka yang unik dan fungsional dengan ukuran ringan serta cepat, mengedepankan pengelolaan yang efisien, mudah guna (user friendly) yang dapat
    diikuti semua pesertanya.
  • Pengguna bisa mengundang peserta rapat dan berbagi fitur.

(hfz)

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...