WhatsApp-Button
Faktor Penyebab Eksploitasi SDA

Faktor Penyebab Eksploitasi SDA

  2020-09-24 16:24:15     Ulti Desi Arni     Dibaca 66 kali

Pengertian Eksploitasi

Kata “Eksploitasi” berasal dari bahasa Inggris yaitu “Exploitation” yang artinya politik untuk memanfaatkan subjek yang tertentu dengan sewenang-wenang. Dengan penggunaan kata kata yang eksploitasi dengan sering digunakan ke dalam berbagai bidang, baik politik, sosial, lingkungan, dan lain-lain.

Eksploitasi merupakan salah satu bentuk dengan tindakan yang bertujuan untuk mengambil keuntungan dengan memanfaatkan sesuatu dengan berlebihan dan sewenang-wenang.

Tindakan eksploitasi umumnya adalah untuk mengakibatkan kerugian pada pihak lain, baik dengan manusia maupun maupun pada lingkungan.

Umumnya, negara asing (khususnya ranah Eropa) berdampak kekurangan beberapa jenis tanaman palawija umum sehingga harus mencari lahan lain untuk mengambil hasil sumber dayanya. Sumber Daya Mineral milik Indonesia juga dikeruk oleh negara-negara Barat karena membutuhkannya untuk diperdagangkan. Jadi, ada beberapa pendorong terjadinya eksploitasi sumber daya oleh pihak asing, diantaranya:

  • Rasa kurang puas terhadap Negara asing akan hasil yang diambil.
  • Sikap acuh pihak yang tereksploitasi.
  • Kebutuhan untuk mencukupi kebutuhan pada negara

Baca Juga : Strategi Marketing FOMO yang Efektif

Sedangkan penyebab sumber daya dieksploitasi adalah:

  • Keinginan untuk menguasai negara lain.
  • Kebutuhan mencukupi kehidupan negara.


Eksploitasi disebabkan oleh rasa negara asing ingin untuk menguasai negara lain ataupun negara tersebut untuk acuh kepada sikap asing yang merendahkan negara itu.

Jenis – Jenis Eksploitasi adalah sebagai berikut:

  1. Eksploitasi Fisik

Eksploitasi fisik ialah penyalahgunaan terhadap tenaga anak dalam melakukan pekerja untuk mendapatkan keuntungan orang pada tuanya atau orang lain seperti menyuruh anak bekerja.

  1. Eksploitasi Sosial

Eksploitasi sosial yakni segala sesuatu yang membuat untuk menambah hambatan dengan perkembangan emosional dengan anaknya.

  1. Eksploitasi Seksual

Eksploitasi seksual yaitu dapat untuk melibatkan anak dalam aktivitas dengan seksual yang belum dipahaminya. Dalam artian disini eksploitasi memiliki artinya pada suatu perbuatan yang tidak baik dari orang lain.

Kegiatan yang dapat mengarahkan pada suatu yang dikenal dengan kata pornograsi untuk dapat menelanjangi anak, membuat anak menjadi malu dan terpaksa memakai produk dalam bisnis prostitusi.

  1. Eksploitasi Sumber Daya Alam

Eksploitas sumber daya alam adalah perbuatan yang dapat mengambil sumber daya alam dengan berlebihan demi keuntungan yang sebesar-besarnya.

Eksploitasi biasanya dapat menghasilkan dampak dari kerusakan berat dengan lingkungan anomali global warming dan juga cuaca yang ekstrim.

  1. Eksploitasi Hewan

Eksploitasi hewan merupakan perbuatan yang memanfaatkan hewan untuk mendapatkan keuntungan pribadi tanpa mengerti dampaknya dari hewan tersebut.

  1. Eksploitasi Perempuan

Eksploitasi perempuan yaitu perbuatan yang memanfaatkan kaum perempuan untuk memperoleh keuntungan bagi kelompoknya.

Baca Juga : Alasan Kenapa Kampus Harus Memiliki Sistem Terintegrasi

Contoh dari eksploitasi adalah sebagai berikut:

  1. Eksploitasi pada Anak
  • Memanfaatkan anak menjadi pengemis dan pemulung
  • Memanfaatkan anak menjadi pengamen
  • Memanfaatkan anak menjadi penjual koran
  • Memaksa anak di bawah umur menjadi pekerja seks komersial
  • Memanfaatkan anak mendapatkan keuntungan demi mempermudah proses ekonomi.
  1. Eksploitasi Sumber Daya Alam
  • Pembakaran hutan yang berskala besar untuk kepentingan lahan kelapa sawit. dapat menimbulkan kerusakan di habitat hewan dan tanaman yang mengakibatkan bencana alam.
  • Menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak atau kimia yang akhirnya dapat merusak habitat ikan dan lingkungan lebih luas.
  • Membangun tambang-tambang liar tanpa ijin dari pihak berwenang
  • Misalnya pada tambang batu bara, tambang pasir, tambang emas, dan lain-lain.
  1. Eksploitasi Hewan
  • Topeng monyet, walaupun tujuannya untuk menghibur, tapi kenyataannya aksi topeng monyet ini merupakan bentuk eksploitasi dari hewan.
  • Atraksi atau sirkus hewan, ini sangat jelas merupakan eksploitasi hewan yang dilakukan dengan manusia untuk mendapatkan keuntungan.
  1. Eksploitasi Perempuan
  • Menjadi pekerja seks komersial. Walaupun sebagian perempuan menganggap profesi ini sebagai pekerjaan, kenyataannya sebagian besar dari mereka tidak suka pekerjaan tersebut.
  • Eksploitasi perempuan di media massa TV, koran cetak, internet, iklan, yang bertujuan untuk dapat meningkatkan perhatian dalam masyarakat dalam memakai produk atau media sosial.

 

Penulis : Riska


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia