WhatsApp-Button
Perawatan Hewan Sakit Non Infeksius

Perawatan Hewan Sakit Non Infeksius

  2020-09-21 16:31:33     Ulti Desi Arni     Dibaca 77 kali

Pengertian non infeksius

Penyakit non infeksius adalah penyakit yang disebabkan bukan pada bakteri, juga bukan pada virus, juga bukan karena jamur, juga bukan karena parasit, dan juga bukan oleh mikroba dan lainnya.

Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh seseorang sebagian besar disebabkan karena adanya pertumbuhan pada sel yang berkelebihan, penyakit infeksius dan non infeksius.

 9 langkah perawatan hewan sakit non infeksius

  1. Sering –sering untuk membersihkan kuman yang akan menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia ingat untuk selalu mencuci tangan,sepatu dan pakaian secara menyeluruh
  2. Jagalah kebersihan pada kandang hewan di  area yang digunakan oleh hewan untuk bisa bersih dari kotoran  hewan yang telah diberi antimikroba supaya  lebih berhati-hati
  3. Kurangi penyebaran pada kuman. Kendalikan kontak dengan hewan dan bersihkan peralatan ternak secara regular,hewan yang sakit pisahkan dengan ternak lainnya untuk mencegah penyebaran infeksi
  4. Pratikan konsep masuk-semua dan keluar-semua pada peternak,untuk mengurangi resiko pada hewan menginfeksi hewan yang sudah ada, biarkan hewan payang saat yang sama.
  5. Jaga pakan ternak agar tetap kering dan aman,simpanlah jauh dari kuman seperti,hewan pengerat,burung serangga dan hewan lainnya
  6. Hindari stress pada hewan, Pastikan mereka nyaman serta kering serta memiliki ruang yang cukup.
  7. Bantu hewan untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit untuk memastikan mereka untuk mendapatkan nutrisi yang baik.Jaga kesehatan hewan agar memastikan air bersih.
  8. Mintalah ahli kesehatan untuk dapat membantu melakukan pemberian vaksin-vaksin pada waktu yang benar.
  9. Mintak nasehat pada ahli kesehatan hewan untuk mendapatkan diagnose dan perawatan yang tepat,karena membeli pengobatan bisa membahayakan kesehatan

Baca Juga : Jasa Digital Marketing Kampus Era 4.0

Pengobatan Infeksius

Penanganan infeksius yang disesuaikan dengan organisme yang menyebabkan bagian yang tubuh dan terinfeksi. Umumnya penanganan infeksi dilakukan dengan cara pemberian obat atau operasi.

Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menangani infeksi meliputi sebagai berikut:

  • Antivirus, seperti zanamivir dan acyclovir.
  • Antibakteri, seperti amoxicillin dan doxycycline.
  • Antijamur, seperti clotrimazole dan fluconazole.
  • Antiparasit, seperti albendazole dan artesunate.

Obat untuk menangani infeksi yang tersedia di dalam berbagai bentuknya, mulai dari tablet, kaplet, salep, krim, hingga suntik. Sampai dengan dosis dan jenis masing-masing pads obat yang di perlukan untuk menyesuaikan dengan kondisi pada riwayat pasien. Hindari menggunakan obat tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Selain dengan memberikan obat, ada beberapa infeksi yang perlu ditangani dengan melakukan operasi. Operasi yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi yang diderita, organisme penyebabnya, dikarenakan pada riwayat kesehatan pasien. Misalnya, pada penyakit katup jantung akibat infeksi, maka perlu dilakukan operasi untuk mengganti katup pada jantung.

Pencegahan Infeksi

Semua jenis penyakit infeksius pada dasarnya dapat dicegah. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk guna mengurangi risiko terjadinya infeksi adalah:

  • Melakukan pemeriksaan dengan secara rutin.
  • Menghindari kontak dengan hewan liar.
  • Melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwalnya.
  • Menerapkan kehidupan seks yang sehat.
  • Menjaga kebersihan.

Baca Juga : Jual Sistem Manajemen Aset (Sarana Prasarana) Kampus

4 Cara menjaga kesehatan pada hewan supaya tidak sakit adalah sebagai berikut:

  1. Makanan yang cocok dan seimbang

Makanan yang cocok dan seimbang akan membuat hewan tersebut tidak akan mengalami muntah, diare, atau tidak akan mengalami kerontokan pada bulunya.

  1. Vaksinasi

Vestinasi sangat penting yaitu untuk mencegah penyakit pada hewan peliharaan

  1. Pemberian anti parasit

Parasit datang dengan berbagai bentuk, baik itu dari internal maupun pada eksternal pada tubuh, untuk mencegah pada parasit yang berkembang biak pada hewan peliharaan dan selalu rutin dalam memberikan obat-obat anti parasit yang berkembang biak pada hewan peliharaan

  1. Kesehatan pada mulut dan gigi

Sama dengan manusia hewan juga perlu dijaga kesehatan mulutnya oleh majikannya, cara paling sederhananya dimulai dengan mencari makanan yang cocok dan tidak menambah karang pada giginya.

 

Penulis : Riska


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia