WhatsApp-Button
Tujuan Penyimpanan dan Penggudangan

Tujuan Penyimpanan dan Penggudangan

  2020-09-17 16:22:15     Ulti Desi Arni     Dibaca 31 kali

Suatu fasilitas yang berfungsi sebagai lokasi penyaluran barang dari petani atau supplier (pemasok), sampai ke pembeli atau end user (pengguna). Di dalam praktek operasional setiap perusahaan cenderung memiliki suatu ketidakpastian akan permintaan atau pemesanan konsumen. Timbulnya kebijakan dari perusahaan untuk melakukan sistem persediaan (inventory) agar permintaan dapat diantisipasi dengan cermat agar konsumen puas. Inventory ini mendorong perusahaan untuk menyediakan fasilitas gudang sebagai tempat untuk menyimpan barang inventory agar pemasaran bisa tercukupi.

Tujuan gudang

Pengurangan biaya transportasi dan produksi. Gudang sangat penting dalam proses pengendalian dan pengurangan biaya transportasi dan produksi, pada dasarnya gudang sama dengan persediaan barang namun pada posisi tertentu gudang dapat mengurangi biaya transportasi dan produksi. 

Pengkoordinasian antara penawaran dengan permintaan. Gudang memiliki tugas dalam hal mengkoordinasikan antara penawaran dengan permintaan, hal ini disebabkan karena permintaan pasar tidak selalu bisa diproyeksikan secara akurat sedangkan proses penawaran suatu barang harus terus berjalan dan bisa menyimpan stok dalam jumlah banyak. Justru karena itu kita diperlukan sebuah gudang untuk menyimpan barang pada saat volume produksi naik dan volume permintaan menurun. 

Kebutuhan produksi. Produksi barang dengan karakteristik dan sifat yang berbeda pula, ada jenis barang yang bisa langsung dikonsumsi dan ada juga barang yang harus disimpan terlebih dahulu untuk dikonsumsi ini sangat menguntungkan bagi barang yang memiliki keterbatasan waktu bisa disimpan dulu. Contohnya produksinya adalah minuman anggur, untuk barang seperti ini dan karakteristik serupa memerlukan gudang sebagai tempat penyimpanan barang ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Kebutuhan pasar. Barang-barang yang telah beredar di pasaran memiliki banyak macam, namun ada beberapa barang yang diminta selalu ada oleh konsumen dan kita tidak pernah kehabisan stok barang dan dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Baca Juga : Jual Aplikasi Kontrol Pegawai Perusahaan

Manfaat Gudang

a. Manufacturing support (pendukung proses produksi)

Peranan sangat penting dalam proses produksi, dukungan dari operasi pergudangan sangat mutlak bagi kelancaran proses produksi, sistem administrasi proses penyimpanan, transportasi dan material handling serta aktivitas lain dalam pergudangan diatur sedemikian hingga proses produksi berjalan sesuai dengan target yang hendak dicapai konsumen harus mendukung manufacturing support.

b. Production mixing

Sumber yang melakukan pengiriman dan dengan system material handling baik otomatis maupun manual dilakukan penyortiran dan menyiapkan pesanan pelanggan selanjutnya mengirimnya ke pelanggan atau menjualnya kepada konsumen.

c. Sebagai perlindungan terhadap barang

Gudang merupakan jenis peralatan /tempat dengan sistem pengamanan dan keamanan baik dari bahaya pencurian, kebakaran, banjir, serta problem keamanan lainnya begitulah dengan keamanan gudang.

d. Dalam sistem pergudangan

Material berbahaya dan material tidak berbahaya akan dipisahkan beberapa material ada yang beresiko membahayakan dan menimbulkan pencemaran fungsinya menjaga barang sampai ke tangan konsumen.

e. Sebagai persediaan

Produk yang akurat merupakan hal yang sangat sulit untuk diramalkan di suatu tempat, agar dapat melayani pelanggan setiap waktu operasi pergudangan melakukan pengecekan barang yang mana akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penanganan persediaan.

Macam-macam gudang

Gudang berdasarkan bentuknya dan karakteristiknya

Gudang tertutup

Gudang tertutup adalah suatu ruang penyimpanan dalam suatu bangunan beratap dengan menggunakan pembatas dinding. Gudang tertutup yang serba guna sifatnya dapat berwujud bangunan bertingkat satu atau lebih. Ditinjau dari segi tipe atau jenis bahan/barang yang disimpan, gudang tertutup dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis bentuk yaitu:

  • Gudang transit
    Terdiri dari lumbung-lumbung beratap yang disediakan di samping atau langsung berbatasan dengan fasilitas pelabuhan yang melindungi persediaan-persediaan barang terhadap cuaca dalam proses pemuatan dan pembongkaran itulah yang dinamakan Gudang transit.
  • Gudang serba guna
    Gudang-gudang serba guna dapat berwujud bangunan-bangunan bertingkat banyak terutama tergantung dari pembatasan-pembatasan ruang dasar pada instansi penyimpanan khusus.
  • Gudang kedap udara
    Pengendapan udara merupakan cara yang paling kuat untuk menyimpan segala macam barang supaya tahan lama dan daya gunanya semakin meningkat.
  • Gudang pendingin (dengan pengaturan kondisi udara)
    Gudang pendingin dibangun dengan atap yang berdinding samping dan dinding ujung yang digunakan untuk menyimpan barang-barang yang mudah rusak. Gudang ini biasanya terbagi dalam dua ruangan yang berbeda yaitu kamar sejuk dan kamar beku.
  • Tangki kering
    Tangki kering digunakan untuk menyimpan barang atau alat yang membutuhkan jangka waktu lama atau barang-barang yang akan digunakan beberapa tahun kemudian setelah tanggal penyimpanannya.
  • Gudang penyimpanan tahan api (panas)
    Tempat ini digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang sangat mudah menyala, seperti: cat, dan jenis-jenis minyak.

Gudang terbuka

Gudang yang berupa lapangan terbuka yang permukaannya diratakan tanpa diperkeras, biasanya digunakan untuk menyimpan logistik yang tidak terpengaruh perubahan cuaca/untuk penyimpanan yang sifatnya sementara gudang ini tidak dapat menyimpan barang dengan waktu yang lama karena perubahan cuaca yang cepat. 

Gudang semi tertutup (lumbung)

Jenis ini adalah bangunan beratap tanpa dinding-dinding ujung yang lengkap dan digunakan untuk logistik yang memerlukan pertukaran udara maksimum, tidak memerlukan perlindungan lengkap terhadap udara.

Baca Juga : Jual Aplikasi Keuangan Kampus Standar Akuntansi


Gudang berdasarkan fungsinya

a. Gudang opersional
b. Gudang perlengkapan
c. Gudang pemberangkatan, dan
d. Gudang musiman

Berdasarkan barang-barang yang disimpan di dalamnya

a. Gudang alat tulis
b. Gudang alat medis
c. Gudang BBM
d. Gudang tenun

Berdasarkan tujuannya

a. Gudang pusat (stafel magazijne)
b. Gudang persediaan (gebruiks-gudang)
c. Gudang pemakaian (verbruiks-gudang)
d. Gudang penyaluran

Berdasarkan artiannya

Gudang dalam arti statis (gudang persediaan):

Bangunan tertutup di dalamnya terdapat barang–barang serta tidak seorang pun yang boleh masuk kecuali pegawai atau hanya pemilik gudang .

 Gudang dalam arti dinamis (gudang penyaluran): 

Tempat atau bangunan untuk menyimpan dan mendistribusikan barang-barang baik dari hasil pembelian maupun hasil pembuatan sendiri. Jadi, gudang dapat diartikan sebagai tempat menampung, menyimpan dan mendistribusikan barang–barang serta ada unsur manusia (orang) untuk mengatur (mengelola) barang–barang yang ada di dalamnya.

Berdasarkan jenis barangnya

a). Gudang transit
b). Gudang serbaguna
c). Gudang kedap udara
d). Gudang pendinginan
e). Tangki kering.

 

Penulis : Yoki


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia