WhatsApp-Button
Perbedaan Traktor Roda 2 dan Roda 4

Perbedaan Traktor Roda 2 dan Roda 4

  2020-09-16 16:32:32     Ulti Desi Arni     Dibaca 16 kali

Pengertian traktor roda 2

Traktor roda dua dikenal dengan sebutan traktor tangan. Traktor ini tidak bisa dikendarai karena pengemudi harus berjalan di belakangnya. Alat kemudi berupa pegang dengan tangan kanan dan kiri. Hal menyebabkan traktor dinamakan traktor tangan.

Pengertian traktor roda 4

Traktor roda empat merupakan alat yang digunakan untuk mekanisasikan pada bagian lahan yang cukup luas.

Traktor tangan adalah mesin paling banyak pada pedesaan di Jawa. Dapat diperkirakan dapat untuk melihat perkembangan penggunaan yang pesat di berbagai pedesaan.

Manfaat traktor roda empat yaitu untuk menarik dan mengerakkan alat pada pengolah tanah.

Kelebihan traktor tangan dibanding traktor roda empat sebagai berikut:

  1. Harganya lebih murah, dikarenakan komponen yang lebih sedikit.
  2. Kontruksinya yang sederhana, sehingga perawatan lebih mudah, biaya pemeliharaan lebih murah dibanding pada traktor roda empat.
  3. Bisa dirakit sendiri di pedesaan, pada bengkel yang tersedia di lokasi setempat.
  4. Kemampuan yang digunakan petak dan kecil karena berada di tengah sawah milik orang lain. Traktor roda empat yang mungkin digunakan pada situasi tersebut, karena traktor roda empat membutuhkan jalan yang petak. Sedangkan traktor roda dua dapat melintas melalui sawah tetangga, asal sawah tersebut belum ditanami oleh padi.
  5. Penggunaannya lebih mudah, tidak memerlukan ketrampilan yang tinggi.

Baca Juga : Jasa Menajemen Medsos Perusahaan

Traktor digunakan untuk pekerjaan pengolahan tanah, kebanyakan dengan dipasangi dengan tiller. Selain itu dipakai menggunakan bajak dan garu. Dengan sedikit modifikasi, traktor tangan dapat dibuat menjadi alat penanam atau pemanen bagi petani. Traktor tangan digunakan dengan roda berban karet ataupun roda besi.

Traktor pertanian yang akan menjadi komponen yang tak terpisahkan dari pembangunan pertanian dan pedesaan. Perkembangan yang pesat yang menggunakan traktor tangan di pedesaan. Bahkan jarang penduduk yang telah mempunyai manfaat pada traktor untuk melakukan pekerjaan pengolahan tanah secara cepat kemudian beralih menggunakan hewan atau tenaga otot untuk pekerjaan sama. Dikarenakan dapat memperbandingkan untuk melakukan pengolahan tanah dengan traktor lebih menguntungkan dibanding cara lain.

Traktor memiliki arti sebagai alat peghela. Fungsi utama traktor adalah untuk menghela sesuatu. Untuk disebabnya bagi semua traktor tentu pada belakangnya untuk melengkapi sambungan dengan tempat menggandeng alat yang akan dihela tersebut. Pengertian traktor ialah kendaraan bermesin khusus dan dirancang untuk menjadi penghela. Dari sejarahnya, traktor dirancang untuk mengganti hewan hela dengan mesin yang lebih kuat.

Traktor digunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan yang paling banyak ialah pada pengolahan tanah, karena pekerjaan pengolahan tanah pekerjaan untuk pertanian yang relatif membutuhkan daya yang besar dibanding pekerjaan lainnya. Selain itu traktor juga digunakan untuk penanaman, dan  pemeliharaan untuk memutar pompa irigasi, untuk pemanen  untuk memutar perontok pada padi, serta untuk melakukan pengangkutan, mulai dari bibit, pupuk, peralatan, sampai pada hasil pertanian.

Baca Juga : Jasa Branding Perusahaan

Bagian-bagian utama pada traktor tangan dikelompokkan menjadi 3bagian yaitu:

  1. Tenaga penggerak motor

Umumnya lebih murah baik pada saat pengoperasiannya maupun perawatannya. Motor lebih awet dibanding motor jenis lain, asal perawatannya dilakukan dengan baik dan benar sejak awal.

  1. Kerangka dan transmisi (penerus tenaga)

Kerangka berfungsi untuk tempat kedudukan motor penggerak, bagian traktor traktor dikaitkan dengan kerangka yang menggunakan beberapa buah baut pengencang.

Transmisi berfungsi untuk memindahkan tenaga/putaran dari motor penggerak ke alat lain yang bergerak. Jenis transmisi yang sering digunakan ada beberapa macam, seperti : pulley, belt, kopling, gigi persneling, rantai dan sebagainya.

  1. Tuas kendali/kontrol

Tuas kendali digunakan untuk mengendalikan jalannya traktor. Untuk mempermudah jalannya operasional bisa memperbanyak diproduksi traktor hanya dilengkapi dengan beberapa tuas kendali. Tujuannya agar traktor menjadi ringan, dan harganya lebih murah. Meskipun kemampuan traktor yang terbatas.(Riska)


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia