WhatsApp-Button
Makhluk Hidup Mikroorganisme

Makhluk Hidup Mikroorganisme

  2020-09-11 15:18:52     Ulti Desi Arni     Dibaca 62 kali

Pengertian mikroorganisme

Mikroorganisme atau mikroba merupakan organisme yang sangat kecil sehingga di perlukan pengamatan atau mengamati sarana yang akan diperlukan. Mikroorganisme disebut juga dengan organisme mikroskopis. Mikroorganisme memiliki sel tunggal (uniseluler) dan multiseluler. Dan memiliki beberapa protista sel tunggal yang terlihat dengan mata telanjang, spesies pada multisel yang terlihat pada mata telanjang. Virus juga termasuk ke dalam mikroorganisme yang memiliki sifat yang seluler.

Mikroorganisme dianggap cukup dapat dalam melakukan semua prokariota, protista dan ganggang mikroskopis. Jamur, terutama yang bagian yang kecil dan tidak terbentuk hifa, dapat dianggap sebagai bagian, yang banyak tidak setuju. Kebanyakan beranggapan bahwa mikroorganisme adalah organisme yang kecil di dalam sebuah cawan petri dan inkubator di laboratorium yang mereproduksi dirinya melalui mitosis.

Mikroorganisme berbeda dengan sel makrooganisme. Sel Makroorganisme tidak bisa hidup bebas di alam melainkan hanya pada bagian struktur multiselular yang bentuk jaringan, organ atau sistem organ. Sementara itu, bagian terbesar dari mikroorganisme adalah dapat melakukan proses dengan mandiri, dan bisa menghasilkan energi, dan bereproduksi dan independen pada bagian sel lain.

Mikroorganisme lokal

Mikroorganisme Lokal (MOL) ialah mikroorganisme yang digunakan untuk starter di dalam pembuatan pupuk organik yang padat pada pupuk cair. Bahan utamanya adalah MOL yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu karbohidrat, glukosa, dan sumber mikroorganisme. Bahan dasar untuk fermentasi larutan MOL yaitu pertanian, perkebunan, serta sampah organik rumah tangga.

Baca Juga : Marketing Digital Rumah Sakit Affiliate

Karbohidrat adalah sumber nutrisi bagi mikroorganisme yang dapat diperoleh dari sampah organik dalam melakukan kegiatan pencuci beras, singkong, gandum, rumput, dan daun Gliricidia. Sumber glukosa dari gula merah cair, gula pasir, adalah sebagai sumber energi, pada santan dan urine sapi sebagai sumber mikroorganisme. Solusi MOL yang telah mengalami di proses fermentasi dapat digunakan untuk melakukan pengurai di dalam bagian pupuk cair yang akan meningkatkan kesuburan tanah yang memiliki sumber nutrisi pada pertumbuhan tanaman.

Berikut ini adalah jenis-jenis mikroorganisme:

  • Bakteri

Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran pada inti sel. Organisme ini memiliki prokariota dan domain yang sangat kecil (mikroskopik), dan memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Bakteri biasanya menyebabkan penyakit pada manusia. Contoh: Salmonella, Eccerecia Coli, Staphylococcus dan Difteri bacilus.

  • Virus

Virus adalah parasit pada mikroskopik yang menginfeksi sel-sel di dalam organisme biologis. Virus adalah bagian parasit pada obligat, karena memiliki virus yang dapat bereproduksi dengan menyerangka material dan memanfaatkan sel-sel yang hidup karena mereka tidak memiliki mesin selular untuk bereproduksi. Biasanya sejumlah asam nukleat (DNA atau RNA, tidak berkombinasi dengan keduanya) yang dapat dikelilingi oleh beberapa bentuk diantaranya adalah pada bahan pelindung yang berprotein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi dari ketiganya.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi HRM Rumah Sakit

  • Parasit

Parasit adalah hewan mikroskopis yang bisa mengurangi produktivitas hewan inang. Parasit dapat menginfeksi manusia dan hewan, seperti pada penyerang kulit manusia. Parasitoid adalah parasit dari organisme lain yang menggunakan jaringan melalui kebutuhan gizi sampai dengan orang-orang yang menunggang meninggal karena kehilangan jaringan atau nutrisi yang dibutuhkan.

  • Jamur

Jamur dimaksudkan adalah jamur dengan kategori jamur. Jamur biasanya tidak menyebabkan penyakit, tetapi juga menyebabkan kerusakan pada makanan. Misalnya, pada jamur yang ditemukan pada permukaan daging, daging yang dapat dibuang pada bagian yang harus melakukan pembuangan di semua bangian pada daging.

  • Ragi

Ragi atau Fermen merupakan zat yang menyebabkan fermentasi. Ragi biasanya mengandung mikroorganisme yang memiliki fermentasi pada media kulturuntuk mikroorganisme. Medium kultur akan bentuk butiran kecil atau punnutrisi cair. Ragi umumnya digunakan dalam industri pada makanan untuk membuat makanan dan minuman fermentasi seperti acar, tempe, tape, roti, dan bir.

 

Penulis : Riska


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia