WhatsApp-Button
Etika yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan HP

Etika yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan HP

  2020-09-04 16:42:20     Ulti Desi Arni     Dibaca 107 kali

Saat ini kita berada di era digitalisasi, dimana zaman terus maju dan berkembang dan seiring dengan itu teknologi informasi dan komunikasi juga terus berkembang semakin pesat. Banyak sekali kemudahan yang ditawarkan dengan hadirnya teknologi tersebut. Hampir setiap industri kerja dan bahkan setiap orang memanfaatkan teknologi untuk membantu aktivitas mereka.

Diantara kemudahan yang ditawarkan dengan perkembangan teknologi tersebut, yang paling dirasakan sekali manfaatnya adalah hadirnya Handphone (HP). Keberadaan HP ini kini tidak sebatas untuk berkomunikasi via telepon saja, namun adanya Smartphone membuat orang berkomunikasi dengan mudah dimana saja bahkan bisa menjelajahi dunia dengan mudah pula.

Adanya Smartphone ini membuat orang menjadikannya sesuatu yang penting, entah itu untuk mendapatkan ragam informasi hingga kini juga bisa mendukung dalam pembelajaran. Begitu besarnya pengaruh HP dalam kehidupan, harus kita ingat juga bahwa ada hal lainnya yang mesti diperhatikan. Kita harus ingat bahwa dunia kita bukan berinteraksi dengan HP saja, kita harus memanage dalam menggunakannya.

Memang HP ini bisa mendekatkan orang yang jauh dari kita, namun ada kalanya ia bisa membuat orang dekat menjadi jauh. Meskipun bersosialisasi menggunakan ponsel mudah, namun sosialisasi secara langsung juga menjadi kodrat alami manusia yang harus diperhatikan. Ketika berinteraksi dan bersosialisasi sembari bermain HP tentu ini tidak sangat bagus sekali. Untuk itu mengenai ini ada etika-etika menggunakan HP yang mesti Anda perhatikan ketika berinteraksi dengan orang lain.

Dilansir dari LifeIDNTimes berikut ini beberapa etika dalam menggunakan HP yang kadang sering diabaikan oleh orang, diantaranya adalah :

  1. Hindari bermain medsos ketika adanya pembicaraan penting

Etika pertama mesti diperhatikan adalah menghindari bermain medsos di kala adanya pembicaraan penting atau acara penting. Misalnya ketika Anda berada di sebuah pertemuan penting, memperhatikan presentasi, berada dalam sebuah rapat atau menghadap atasan maka hindari bermain medsos. Pasalnya jika dalam kegiatan ini Anda bermain medsos dikhawatirkan nantinya lupa mengenai topik yang dibicarakan ketika harus meresume pembicaraan. Nah, saat ini lawan bicara juga akan merasa tidak dihargai sebab Anda tidak memperhatikannya.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Booking Online Rumah Sakit 

  1. Ketika momen formal, kecilkan nada dering dan notifikasi

Nada dering yang kencang bisa mengganggu konsentrasi seseorang yang tengah fokus, baik itu ketika rapat, presentasi atau aktivitas formal lainnya. Untuk itu ketika berada di keramaian atau acara formal sebaiknya Anda mengecilkan notifikasi Anda.

  1. Mengurangi volume media ketika berada di tempat umum

Hal ini mungkin juga sering kita lupakan, yaitu mendengarkan musik atau menonton video di tempat umum namun dengan volume kencang. Mengeraskan volume media mungkin akan menjadi kenyamanan tersendiri bagi Anda ketika menonton video. Namun, ini akan menjadi kesalahan fatal apabila dilakukan di temapt umum sebab akan mengganggu kenyamanan orang lain dengan aktivitas pribadi Anda.

  1. Ketika sedang rapat dan hendak menerima telepon maka izin terlebih dahulu

Tidak hanya nada dering yang keras saja sering menjadi kesalahan yang sering diabaikan banyak orang. Namun menerima telepon tanpa izin ketika adanya rapat juga kerap kali menjadi kesalahan yang sering diabaikan. Meskipun terkadang telepon yang kita terima tidak terlalu bersifat pribadi, namun menerimanya saat ada rapat atau aktivitas penting itu cukup mengganggu. Untuk itu cobalah mencari tempat yang sepi untuk menelepon agar tidak ada yang merasa tergganggu dengan itu.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Radiologi Rumah Sakit

  1. Jangan main HP ketika mengemudi

Kesalahan berikut ini juga sering kita jumpai, meskipun sudah berulang kali diingatkan tetap saja banyak dari kita menggunakan HP saat mengemudi. Hal ini haruslah dihindari sebab ini bisa memicu kecelakaan.

  1. Hindari berbicara keras ketika menelepon

Ada kalanya kita menerima telepon di tempat umum, nah namun ketika saat itu terkadang tanpa sadar kita berbicara dengan nada keras dan ini akan sangat mengganggu sekali bagi orang sekitar. Untuk kenyamanan serta membantu Anda mendengar dan berbicara lebih baik maka gunakanlah headset.

  1. Jangan memotret tanpa izin

Hal berikutnya yang juga sering kita abaikan adalah memotret tanpa izin. Meskipun ia teman atau keluarga tetaplah meminta izin terlebih dahulu sebelum Anda ingin memotretnya. Terlebih lagi jika yang kamu potret dan unggah adalah orang asing tentu ini sangat tidak beretika sekali. Walaupun konten yang kamu ambil untuk kepentingan resmi tetap harus meminta izin terlebih dahulu. Memotret atau merekam tanpa izin ini bisa mengakibatkan kamu dikenakan hukuman sebab hal ini terlampir dalam undang-undang dalam perlindungan privasi seseorang.

Nah, itulah beberapa etika yang sering kali kita abaikan ketika menggunakan HP. Sebagai pengguna teknologi yang bija, pahamilah bahwa dengan teknologi informasi yang terus berkembang juga harus meningkatkan rasa empati dan kepekaan terhadap orang lain. Kita harus memperhatikan pula orang sekitar, jangan sampai orang merasakan ketidak nyamanan karena kita yang menciptakan suasana tidak nyaman tersebut.

 

#GarudaCyber23September


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia