Aplikasi Video Conference Gratis Terbaik

Aplikasi untuk video conference menjadi banyak digunakan seiring dengan anjuran pemerintah untuk di rumah saja. Berkat teknologi ini, interaksi tatap muka tetap bisa dilakukan meski terpisah jarak. Koordinasi antar tim pun jadi semakin mudah karenanya. Video conference menggunakan aplikasi pasti ada memiliki kekurangan atau keterbatasan. Oleh karena itu, untuk menjaga produktivitas Anda selama work from home, inilah aplikasi video conference yang terbaik.

  1. Google Hangouts Meet

Aplikasi Google Hangouts Meet bisa menjadi aplikasi terbaik karena aplikasi ini telah terhubung dengan layanan Google sehingga mengundang rekan tim untuk melakukan video conference jadi lebih mudah.

Bahkan, undangan meeting di aplikasi Google Calendar pun sudah terkoneksi dengan Google Hangout Meet, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari cara untuk bergabung pada video conference.

Google Hangout Meet memiliki user interface yang baik dan sederhana, sehingga mudah dipahami oleh semua orang. Kelebihannya memiliki fitur berkirim pesan melalui chat juga membuat Google Hangouts semakin nyaman untuk video conference.

Jika dalam kondisi tertentu di mana koneksi internet kurang stabil, fitur chat ini akan sangat berguna. Google Hangouts Meet juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu adanya enkripsi end-to-end untuk memastikan keamanan komunikasi Anda.

Selain itu, Google Hangouts Meet juga bisa digunakan pada perangkat komputer atau pun smartphone. Fleksibilitas ini memberikan kemudahan untuk berkoordinasi dengan rekan satu tim yang mungkin sedang berada di lapangan dan tak memiliki akses ke komputer.

  1. Zoom Meeting

Aplikasi video conference selanjutnya adalah zoom yang mulai banyak digunakan semenjak wabah virus Corona memaksa para karyawan bekerja di rumah. Karena memang aplikasi ini cukup baik, bisa menyelenggarakan video conference dengan kapasitas hingga 1.000 orang.

Dengan menggunakan Zoom, Anda bukan hanya bisa mengadakan video conference saja, tetapi juga audio conference, live chat, merekam jalannya meeting, dan webinars. Layanan yang ditawarkan ini memang sangat membantu di tengah anjuran bekerja dari rumah

Layanan Zoom sendiri terdiri dari beberapa tingkatan dengan harga yang berbeda-beda. Zoom Free batas waktu yang ditentukan 40 menit per pertemuan. Zoom Pro harganya USD 14,99 per bulan per meeting host yang cocok untuk tim kecil. Zoom Business harganya USD 19,99 per bulan per meeting host yang memilki fitur branding perusahaan, layanan spesial, dan transkrip meeting. Zoom Enterprise yang juga dibanderol dengan harga USD 19,99 per bulan per host.

Baca Juga : Cara Mudah Manajemen Marketing dengan Aplikasi Marketing Garuda Cyber

  1. WhatsApp

WhatsApp menyediakan kesempatan bagi Anda yang ingin melakukan video conference dengan tim tanpa perlu mengunduh aplikasi khusus yang dibanderol dengan harga tertentu.

Penggunaan WhatsApp memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan mereka yang sulit akses komputernya, sehingga dengan smartphone saja sudah cukup. Kelebihannya video conference di WhatsApp mampu diisi oleh 16 orang, dan 32 orang untuk group voice calls.

Hanya saja, WhatsApp tidak bisa digunakan untuk video call dengan menggunakan komputer. Sehingga, kita membutuhkan smartphone untuk bisa melakukan video conference. Apabila video conference-nya untuk koordinasi singkat, WhatsApp pasti bekerja dengan baik.

  1. Slack

Slack digadang-gadang mampu menggeser peran e-mail pada sebuah tempat kerja karena menjanjikan fleksibilitas sebuah aplikasi chatting namun fitur-fitur layaknya sebuah e-mail.

Selain menyediakan layanan chatting, Slack juga menyediakan layanan video call atau video conference yang mudah untuk digunakan. Hanya saja, untuk saat ini kapasitas maksimal peserta video conference untuk Slack masih terbatas di 15 orang saja. 

  1. GoToMeeting

Aplikasi video conference yang punya banyak fitur adalah Go To Meeting. GoToMeeting juga memungkinkan kita untuk meeting, mengirimkan pesan singkat pada saat video conference, serta penjadwalan meeting yang komprehensif.

Selain itu, GoToMeeting juga memungkinkan Anda membuat ruangan meeting virtual sendiri, dengan link tersendiri untuk menjamin privasi.

Bagi Anda pengguna perangkat Apple, GoToMeeting telah terintegrasi dengan asisten virtual Siri, sehingga Anda bisa mengaksesnya hanya melalui perintah suara saja. Selain itu, GoToMeeting juga memiliki fitur yang disebut Commuter Mode untuk menghemat penggunaan data Anda. Menarik bukan?

  1. Facetime

Aplikasi video conference atau video call yang diluncurkan oleh Apple adalah Aplikasi Facetime. Aplikasi ini hanya bisa digunakan di perangkat-perangkat Apple seperti iPhone, iPod Touch, iPad, iMac, dan juga Macbook. Sehingga, jika dalam tim Anda terdapat anggota yang bukan pengguna produk Apple maka tidak disarankan untuk menggunakan FaceTime.

Baca Juga : Jual Aplikasi marketing perusahaan, Aplikasi Marketing Hebat Garuda Cyber

  1. Free Conference

Free Conference adalah aplikasi video conference pada komputer desktop tanpa perlu menggunakan aplikasi, jadi cukup dengan menggunakan browser saja. Khusus untuk perangkat smartphone dan tablet, Kita masih harus mengunduh aplikasi Free Conference terlebih dahulu.

Free Conference cocok untuk digunakan untuk rapat online berkat adanya fitur Screen Sharing, layaknya Google Hangouts Meet sehingga rekan satu tim Anda bisa mengikuti penjelasan dengan lebih nyaman.

Free Conference juga memiliki fitur chatting jika Anda membutuhkannya. Setelah rapat online selesai, Anda bisa mengunggah dokumen-dokumen penting langsung di Free Conference ini, sehingga tidak perlu mengirimkannya melalui email lagi.

  1. Cisco WebEx

Cisco WebEx digunakan oleh bisnis berskala besar dengan jumlah karyawan yang sangat banyak. Cisco WebEx adalah layanan video conference   yang terbaik karena mampu menyajikan kualitas gambar yang baik selama berjalannya/ berlangsung video conference. Memastikan suara latar selama meeting terminimalisir dengan baik. Jadi dengan demikian, Kita akan jadi nyaman dan lebih efisien.

  1. Jitsi

Jitsi adalah layanan yang sepenuhnya gratis tidak ada paket premium atau berbayar lainnya pada Jitsi. Ini hanya dilakukan dengan free, walaupun gratis Jisti Cukup baik untuk melakukan Video Conference,  Jitsi memiliki fitur cukup lengkap screen sharing, mengedit dokumen dengan menggunakan Etherpad, mengirim pesan selama meeting, dan jumlah yang hampir tak terbatas.

 

Penulis : Yoki

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...