Dampak Big Data dalam Pendidikan

Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh setiap individu untuk meningkatkan taraf kehidupannya. Dapat kita katakan bahwa pendidikan ini penting keberadaanya, pemerintahpun telah membuat program untuk rakyatnya yaitu wajib belajar sembilan tahun. Pendidikan juga salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas rakyatnya agar mutu suatu negara juga turut meningkat.

Berkembang dan majunya suatu bangsa juga ikut serta peran dari pendidikan ini, dimana dengan adanya pendidikan maka pembangunan suatu bangsa tersebut juga akan semakin baik tentunya. Permasalahan-permasalahan yang kian hari terus bermunculan seiring dengan perkembangan zaman menjadikan pendidikan semakin dibutuhkan. Sehingga untuk masyarakat dan pemerintah haruslah menjadikannya prioritas utama.

Dimana kita tahu bahwa seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan kitapun berada di era globalisasi, pendidikanpun semakin maju. Hal itu menuntut masyarakat harus bisa berfikir secara edukatif, rasionalis, kritis, komunikatif dan intelektual. Hal ini akan terus berevolusi atau berkembang dengan menggunakan metode dan alat bantu yang juga semakin canggih dan mudah di akses.

Jika dahulu dunia pendidikan hanya dilakukan secara konvensional, yaitu hanya memanfaatkan tatap muka dalam menyampaikan materi pelajaran. Selain itu hanya memanfaatkan umpan balik dimana guru memberikan tugas kepada siswa dan tugas yang dikumpulkan siswalah menjadi nilai. Tentu saja cara ini sangat konvensional sekali, sebab proses pembelajaran sangat terbatas dimana kemungkinan adanya materi tidak tersampaikan secara penuh.

Selain itu metode lama tersebut juga menghasilkan data dalam jumlah yang sedikit atau kecil (small data), dimana hanya dapat dibaca secara linear seperti melihat data bagaimana korelasi kehadiran siswa dan pengerjaan pekerjaan rumah dengan prestasi atau nilai siswa.

Baca Juga : Jual Sistem Informasi KKN Online

Di era modern dan digitalisasi saat ini dimana teknologi yang tersedia semakin canggih tentu akan mendatangkan perubahan dalam metode pendidikan. Dimana kini hadir fenomena yang dinamai e-learning dengan menawarkan kemudahan akses terhadap bahan ajar dan media pengajaran yang beragam mulai dari infografis, Audiovisual, text, program interaktif dan lain sebagainya.

Dampak dari kemudahan akses dalam pembelajaran ini memberikan sejumlah data besar (big data) hasil dari umpan balik setiap siswa. Dimana setiap siswa bisa mengakses bahan ajar dengan mudah yang tersedia pada portal e-learning. Hasil perpaduan antara teknologi dengan pendidikan ternyata banyak sekali mendatangkan peluang bisnis. Namun, hal ini lebih spesifikasi lagi untuk membantu dalam dunia belajar memanfaatkan teknologi semakin besar dan juga akan menghasilkan data yang besar pula yaitu Big Data.

Keberadaan Big data ini bisa dikatakan sudah membawa perubahan yang cukup signifikan dalam berbagai bidang industri kerja, termasuk pada institusi pendidikan. Bagi sebagian orang mungkin masih belum terlalu memahami apa yang dimaksud dengan Big Data ini. Definisi dari Big Data ini adalah sekumpulan data yang memiliki volume tinggi, kecepatan tinggi, dan / atau variasi tinggi. 

Kumpulan dara tersebut nanti akan dianalisa guna mengungkapkan pola, tren, dan asosiasi yang berkaitan dengan perilaku dan interaksi manusia untuk memungkinkan peningkatan wawasan, pengambilan keputusan, dan otomatisasi proses. Tentu saja teknik pengolahan data secara konvensional tidak mendukung untuk proses analisa ini, sebab datanya akan terus bertambah.

Perusahaan menggunakan data besar untuk meningkatkan operasi, menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik, membuat kampanye pemasaran yang dipersonalisasi berdasarkan preferensi pelanggan tertentu, dan pada akhirnya untuk meningkatkan profitabilitas. Sebuah bisnis yang memanfaatkan data besar di dalamnya berpotensi memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan yang tidak, karena mereka dapat membuat keputusan bisnis yang lebih cepat dan lebih tepat, dengan asumsi bahwa mereka menggunakan data secara efektif.

Keberadaan Big Data juga mendatangkan banyak manfaat dalam pembelajaran dimana keberadaan kelas online dan e-learning cukup populer saat ini. Terlebih lagi di masa pandemi ini, sehingga ini akan menghasilkan sejumlah besar data yang terkait dengan mahasiswa dan fakultas.

Baca Juga : Jual Sistem Manajemen Arsip Kampus 

Tentu saja ada dampak positif keberadaan Big Data tersebut, diantara dampak tersebut adalah :

  • Wawasan untuk meningkatkan sistem pendidikan

Dengan menggunakan analisis data, institusi akan mendapatkan wawasan tentang apa yang dapat ditingkatkan dalam sistem pendidikan.

  • Ciptakan kelas yang efektif dan menarik

Big data membantu organisasi untuk menciptakan sistem revolusioner dimana siswa dapat belajar secara efektif dan menyenangkan.

  • Sistem pembelajaran yang lebih personal

Kemampuan untuk melacak aspek aktivitas siswa membuatnya lebih mudah untuk membangun program yang dipersonalisasi untuk masing-masingnya. Proses pembelajaran ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa.

  • Lingkungan belajar yang optimal

Sistem pembelajaran yang semakin disesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga mampu menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi siswa.

Manfaat menggunakan data besar bagi siswa dan pendidikan

Penggunaan big data membantu institusi pendidikan untuk beradaptasi dengan kebutuhan siswa. Hal ini sangat membatu sekali dalam mengembangkan strategi pengajaran yang tepat, pengembangan kelas dan kurikulum yang diterapkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan peserta didik. Sehingga lembaga yang memanfaatkannya akan mengoptimalkan sumber daya dimiliki dan hasilnya kinerjapun akan semakin meningkat.

Selain itu, karena sifat belajar e-learning personalisasi tanpa bertemu di dalam kelas tentu saja akan membantu siswa untuk belajar dengan kecepatan sendiri dan bisa dengan mudah apakah mereka sudah memahami materi yang telah diberikan. Memanfaatkan Big Data ini, guru bisa menentukan kondisi siswa unggul dalam ha apa dan bagian mana yang membutuhkan kerja keras agar mereka bisa unggul.

Adanya Big Data sistem juga membantu akurasi dalam penilaian artinya guru yang menilai bisa lebih dipertanggung jawabkan sembari memantau terus kemajuan peserta didik. Adanya laporan dari sistem juga bisa dikembangkan dimana menunjukkan bidang minat siswa untuk membantu mereka memutuskan karir masa depan mereka. Laporan ini juga akan menunjukkan bidang kepedulian mereka kemudian guru membantu dalam menentukan pendekatan pas sesuai skill mereka.

 

#GarudaCyber23September

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...