Jual Aplikasi Keuangan Kampus

Pada sebuah perguruan tinggi atau kampus maka harus memanajemen atau mengelola keuangannya dengan baik dan tepat. Keuangan ini nantinya akan menjadi faktor pendukung keberlangsungan dan operasionalnya kampus. Dalam mengelola keuangan sebuah kampus bisa dikatakan ini adalah bagian yang sangat vital. Hal tersebut dikarenakan keberadaan pencatatan setiap transaksi yang ada sangat penting dan harus dilaporkan secara baik dan tepat.

Karena pengelolaan keuangan ini bersifat vital, maka tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Apalagi jika kampus atau perguruan tinggi hanya menghandalkan cara manual atau excel saja dalam perhitungan dan pengelolaannya tentu akan sangat rentan sekali. Besar kemungkinan jika data yang dihitung terjadi selisih dari jumlah angka atau tidak ballancenya laporan yang di dapatkan. Maka hal seperti tentu tidak diinginkan dan harus dihindari.

Sebagaimana sudah kita jelaskan sedikit di atas bahwa keuangan ini begitu peranannya, dan ia akan mendukung kelancarannya jalannya sebuah kegiatan atau aktivitas pada sebuah organisasi. Sehingga sebagai institusi pendidikan tentu harus bisa mengatur atau memanajemen keuangan serta arus kas yang sedang berlangsung secara baik. Dimana mengetahui arus kas secara baik dibutuhkan pula pengelolaan secara baik.

Pada sebuah institusi pendidikan sadar betul pentingnya pengelolaan keuangan ini, sebab ia menjadi salah satu substansi manajemen pada kampus yang memiliki andil dalam menentukan lancarnya proses pembelajaran pada kampus. Dalam pengelolaannya keuangan ini haruslah diawali dari proses perencanaan, mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan, pelaksanaan, membuat anggaran (RAB), mempertanggung jawabkan RAB hingga membuat laporan terkait seluruh aktivitas dan transaksi yang berkaitan dengan keuangan kampus tersebut.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Pendaftaran Online Rumah Sakit

Dari seluruh proses tersebut tentu saja memiliki peranan sangat penting, terutama laporan. Laporan inilah nantinya akan menampilkan kondisi keuangan kampus, sehingga laporan ini juga akan menjadi pertimbangan untuk menilai kinerja sebuah perguruan tinggi serta dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Apabila sebuah kampus tidak mengelola dan memanajemen keuangannya dengan tepat seperti pembayaran semester, pembangunan dan data keuangan lainnya, maka bisa saja menimbulkan kerugian untuk pihak kampus. Tidak hanya itu saja, pengelolaan yang dilakukan dengan cara manual ini bisa dikatakan sangat tidak efektif. Membutuhkan waktu relatif lama untuk mencari data-data pembayaran atau yang berkaitan transaksi yang telah berlalu. Sebab data tersebut disimpan dalam bentuk tumpukan kertas atau arsip, sehingga mencatatnya agar menghasilkan laporan yang tepat tentu itu akan sangat sulit sekali.

Selain berbagai kendala di atas, dalam manajemen keuangan ini juga harus dilakukan sesuai standar akuntansi. Karena itu perguruan tinggi membutuhkan akuntan di dalamnya. Meskipun dikerjakan atau dikelola oleh akuntan handal sekalipun tidak menutup kemungkinan adanya humman error selama itu masih menghandalkan manual proses. Kita semua tahu bahwa pengelolaan keuangan ini cukup rumit, apalagi bagi orang awam yang minim sekali dengan ilmu akuntansi. Sehingga hal tersebut menjadi tugas besar kampus dalam menemukan solusi tepat mengatasi persoalan ini.

Agar menghindari kemungkinan-kemungkinan persoalan di atas termasuk juga human error maka harus memikirkan cara yang tepat. Apalagi saat ini kita berada di era digitalisasi, dimana teknologi informasi terus berkembang dengan sangat pesat. Di tengah perkembangan teknologi tersebut perguruan tinggipun dituntut untuk bisa meningkatkan kualitas kampus karena tingginya angka persaingan. Untuk itu menerapkan teknologi yang tepat dalam pengelolaan keuangan menjadi hal yang cukup penting, seperti menggunakan Aplikasi Keuangan standar akuntansi.

Aplikasi Keuangan ini nantinya akan menyimpan setiap transaksi dengan baik serta akan menyediakan informasi mengenai arus uang bagi para pemakai atau pihak berwenang di lingkup perguruan tinggi. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengelola keuangan dan penyusunan anggaran sesuai standar akuntansi.

Fitur lainnya dari aplikasi ini adalah mendukung pencatatan dan pelaporan keuangan perguruan tinggi, sehingga kapanpun pihak berwenang selaku pimpinan bisa secara mudah melihat setiap proses dan transaksi keuangan yang terjadi. Ragam fitur yang disediakan sesuai kebutuhan hingga menghasilkan laporan yang sangat lengkap. Apabila laporan keuangan ini lengkap, maka dapat digunakan sebagai pedoman atau panduan dalam menyusun anggaran di masa akan datang. Paling penting Aplikasi keuangan ini sesuai standar akreditasi dan DIKTI.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi HRD Perusahaan

Banyak sekali kelebihan dan keunggulan dari Aplikasi Keuangan ini jika kampus atau perguruan tinggi menggunakannya. Diantara keunggulan tersebut adalah :

  1. Efektif dan Efisien

Mencatat setiap transaksi dengan efektif dan efesien, selain itu proses transaksinya, pelaporan hingga pengelolaan jauh lebih mudah.

  1. Laporan Keuangan Lengkap

Tersedianya fitur yang menghasilkan laporan keuangan secara lengkap dan mudah. Dengan laporan keuangan yang lengkap tersebut akan memudahkan dalam evaluasi keuangan sehingga sangat mendukung sekali dalam proses pengambilan keputusan secara cepat dan tepat.

  1. Pedoman Penyusunan Anggaran

Ketika laporan keuangan yang dihasilkan oleh aplikasi lengkap, maka akan sangat membantu sekali dalam memudahkan untuk menyusun anggaran di masa akan datang serta memudahkan dalam pengambilan keputusan.

  1. Terintegrasi dengan Sistem Manajemen Asset

Keunggulan paling penting Aplikasi keuangan ini terintegrasi dengan manajemen asset sehingga semua perencanaan, pencairan dan penyusunan asset akan tercatat secara baik.

Semua keunggulan dan kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan dari Aplikasi Keuangan Garuda Cyber. Dimana Garuda Cyber ini merupakan perusahaan IT sekaligus konsultan IT yang berpengalaman dan sudah memiliki banyak sekali mitra dari berbagai daerah. Aplikasi Keuangan ini terdapat dalam salah satu produk unggulannya yaitu Smart Campus. Pada Smart Campus tersedia ragam aplikasi dan sistem yang saling terintegrasi dan memudahkan semua civitas kampus.

 

#GarudaCyber23September

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...