WhatsApp-Button
Jual Sistem Informasi Riset Kampus

Jual Sistem Informasi Riset Kampus

  2020-08-31 16:30:16     Ulti Desi Arni     Dibaca 171 kali

Bagi dunia kampus atau perguruan tinggi tentu tidak asing lagi ketika mendengar kata riset. Riset juga dikenal dengan penelitian dimana sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi untuk menghasilkan karya ilmiah. Dimana investigasi yang dilakukan dengan tekun dan sistematis dengan tujuan bisa menemukan atau mendapatkan, mengiterpretasikan serta merivisi fakta-fakta. Hasil riset ini nantinya akan berupa karya ilmiah dijadikan sebagai referensi atau acuan untuk peneliti selanjutnya.

Saat ini jurnal ilmiah atau hasil penelitian di Indonesia sudah banyak yang diterbitkan baik oleh lembaga-lembaga riset maupun perguruan tinggi. Namun, kendala yang sering terjadi adalah jurnal tersebut hanya terbatas di lingkungan tersebut saja. Misalnya penelitian dosen yang hanya bisa dilihat oleh dosen yang berada di lingkungan kampus tempat ia mengabdi saja. Hal ini menyebabkan masyarakat luas tidak mengetahui hasil penelitian tersebut. Seharusnya penelitian tersebut mudah di akses agar bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa lainnya atau peneliti lainnya sebagai referensi untuk mereka.

Referensi merupakan sesuatu yang sangat erat kaitannya dengan penelitian, dan ketika seseorang hendak melakukan penelitian maka hal utama harus dilakukan adalah mencari referensi. Mereka harus mendapatkan informasi sebanyak mungkin terutama yang ada kaitannya dengan riset sebelumnya atau yang pernah dilakukan. Hal serupa juga berlaku untuk para mahasiswa yang hendak melakukan penelituan baik itu untuk tugas akhir (skripsi) atau penelitian lainnya yang membutuhkan banyak sekali riset agar bisa menghasilkan karya yang tepat.

Berbicara mengenai riset ini, umumnya kampus masih menerapkan cara manual dalam menajemennya. Disimpan dalam bentuk jilid-an atau tumpukan kertas hingga akhirnya tidak ada lagi ruang yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpannya saking banyaknya hasil penelitian tersebut. Hal tersebut dikarenakan setiap saat akan ada penelitian sehingga jurnal penelitian juga akan bertambah.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Rekam Medis Rumah Sakit

Selain banyaknya tumpukan, hasil riset juga tidak dimanfaatkan secara optimal. Dimana kelemahan paling kentaranya hasil penelitian atau riset tersebut akan tersimpan dalam tumpukan file yang kemudian ketika dibutuhkan akan sulit untuk didapatkan. Membutuhkan waktu lama memilah satu per satu tumpukan penelitian tersebut. Hal ini juga akan menjadi kesulitan untuk dosen atau mahasiswa di lingkungan kampus yang membutuhkan dan mendapatkan referensi berdasarkan hasil riset sebelumnya.

Memang banyak sekali kelemahan cara manual jika dibandingkan dengan sistem integrasi ketika kita berada di era digitalisasi saat ini. Karena itulah, di tengah terus berkembangnya teknologi dengan sangat pesat maka teknologi menjadi solusi tepat menggantikan cara manual. Saat ini bisa kita lihat bahwa hampir setiap orang dan industri memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan kinerja mereka. Setiap orang juga membutuhkan sesuatu yang mudah instan, cepat serta efektif dan efesien dalam mendapatkan informasi.

Sehingganya untuk memenuhi kebutuhan dalam mendapatkan informasi riset serta bisa dikelola secara mudah, cepat dan tepat hingga proses review maka sistem informasi riset yang terintegrasi adalah solusi tepat bisa diterapkan. Selain itu dengan adanya sistem informasi riset yang terintegrasi ini akan menjadi wadah atau media yang menampung hasil riset yang berupa jurnal mahasiswa atau dosen kampus dan agar dilihat oleh khalayak masyarakat atau orang yang membutuhkan. Tentu saja sistem ini bisa diakses kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan sebuah sistem yang berbasis internet. Maka informasi dapat menjangkau anggota masyarakat yang luas sehingga sistem ini dapat diakses oleh pengguna dari seluruh dunia

Sistem informasi riset ini merupakan sistem informasi untuk perguruan tinggi yang digunakan sebagai open jurnal sistem serta menginputkan hasil riset. Pada sistem terintegrasi ini tersedia pengaturan dan penerbitan jurnal dan website yang meliputi semua aspek penerbitan jurnal online, dari pembuatan website jurnal hingga tugas operasional seperti proses submisi penulis, peer review (pengkoreksian), pengeditan, publikasi, archives dan indeks jurnal dilakukan dengan mudah.

Baca Juga : Jual Aplikasi Keuangan Perusahaan

Tidak hanya itu saja, di dalam Sistem Informasi Riset ini juga membantu bagian LP2M kampus dalam mengatur aspek pengguna ketika menyusun sebuah jurnal. Selain itu juga memudahkan dalam menyimpan jurnal termasuk menyimpan track hasil kerja editor, reviewer, dan penulis, memberi tahu pembaca, dan bantuan menggunakan koresponden.

Tersedia banyak fitur dalam Sistem Informasi Riset kampus yang akan menjadi solusi kebutuhan terkait riset atau penelitian yang dilakukan kampus. Fitur-fitur tersebut adalah :

  1. Sistem Informasi Jurnal Riset diinstal dan dikontrol secara lokal.
  2. Editor bisa mengatur kebutuhan, bagian-bagian, proses review dan lain-lain.
  3. Pendaftaran dan pengelolaan seluruh konten secara online.
  4. Modul berlangganan dengan opsi untuk akses terbuka pada edisi sebelumnya.
  5. Pengindeks-an lengkap dari konten

Selain fitur di atas tersedia fitur lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kampus. Tentu saja ragam keunggulan dan fitur tersebut bisa kampus dapatkan di Jual Sistem Informasi Riset Kampus dari Garuda Cyber. Dimana sistem ini adalah salah satu aplikasi yang saling terintegrasi dalam produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Campus.

Di dalam Smart Campus banyak sistem informasi yang saling terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan kampus. Sebagaimana kita tahu bahwa di era digital ini jika hanya menghandalkan cara manual saja dalam mendukung pendidikan tentu akan sangat sulit sekali. Maka memanfaatkan teknologi informasi adalah cara tepat bisa dilakukan. Selain itu dengan memanfaatkan sistem digitalisasi di era digital 4.0 ini juga menampilkan kesan profesional kampus dan kredibilitas kampus di mata masyarakat juga semakin bagus dan di akui.

Sudah banyak perguruan tinggi yang mempercayakan kebutuhan sistem mereka dengan Garuda Cyber. Kini saatnya kampus Anda beralih dari cara manual atau konvensional dengan menerapkan sistem informasi terintegrasi. Saatnya Go Digital bersama Garuda Cyber.

 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia