WhatsApp-Button
Jual Aplikasi E-Learning Sekolah

Jual Aplikasi E-Learning Sekolah

  2020-08-28 16:46:07     Ulti Desi Arni     Dibaca 868 kali

Pada era modern saat ini teknologi terus saja mengalami kemajuan, dimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut menawarkan ragam kemudahan untuk hampir seluruh bidang kerja. Seiring dengan perkembangan teknologi tersebut, kebutuhan dalam mengembangkan sistem pendidikanpun cukup mendesak. Sebab keberadaan jaringan internet memudahkan setiap individu berinteraksi dari berbagai dunia tanpa ada batasan ruang, waktu dan negara. Hal itupun menjadi salah satu alasan kenapa pentingnya peningkatan dalam sistem pendidikan yang ada.

Sebagaimana kita ketahui bahwa hampir seluruh bidang kerja atau industri memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memudahkan operasional mereka. Perkembangan teknologi yang sangat maju di era modern dan globalisasi memungkinkan berbagai kegiatan dilakukan secara cepat dan efisien. Perkembangan teknologi sudah banyak memberi pengaruh terhadap cara hidup kita. Sama halnya dengan pendidikan, dimana teknologi bisa membantu sistem pendidikan menjadi lebih baik lagi. Sistem digitalisasi bisa memudahkan dan melancarkan proses belajar mengajar, sebab banyak sekali pemanfaatannya diantaranya sebagai sumber informasi.

Di era digitalisasi ini apabila sekolah hanya menghandalkan cara konvensional yaitu pembelajaran di kelas saja dalam sistem pendidikan mereka tentu saja itu tidak mumpuni. Pasalnya pembelajaran hanya dengan tatap muka saja itu memiliki banyak keterbatasan, sehingga siswa hanya mendapatkan ilmu sedikit saja. Selain itu dalam menyampaikan materipun tidak bisa dilakukan sepenuhnya, sehingga ada beberapa mata pelajaran yang tidak bisa disampaikan secara baik kepada siswa.

Sekolah yang hanya menghandalkan proses belajar mengajar dengan tatap muka saja di era digital ini akan kurang efektif. Besar kemungkinan banyak materi pelajaran yang tidak tersampaikan secara maksimal, sebab waktu yang tersedia sangat terbatas. Sementara itu pendidikan saat ini menuntut siswa untuk bisa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran agar bisa mengiringi perkembangan teknologi yang ada.

Terlebih lagi saat ini kita berada di masa pandemi yang mengharuskan kita untuk mengurangi perkumpulan sehingga beberapa sekolah menyelenggarakan belajar dari rumah. Apabila belajar dari rumah ini tidak diimbangi dengan teknologi yang tepat tentu saja baik itu guru maupun peserta didik akan merasa kewalahan menjalaninya. Akan ada banyak materi yang tidak tersampaikan sebagaimana harusnya. Untuk pemanfaatan teknologi atau sistem digitalis menjadi pilihan tepat untuk institusi pendidikan dimanapun berada. Diantara teknologi yang ada untuk mendukung pembelajaran dengan mudah tanpa harus bertatap muka langsung adalah memanfaatkan yang Aplikasi E-Learning.

Baca Juga : Jual Aplikasi Absensi Online Perusahaan Berbasis QR-Code

E-learning atau electronic learning merupakan konsep pembelajaran yang dilakukan melalui jaringan media elektronik.  Di masa Covid-19, konsep e-learning sangat berguna dikarenakan guru dan siswa tidak dapat melakukan kegiatan pembelajaran langsung tatap muka, sehingga dikembangkan sebuah konsep e-learning. E-learning dapat digunakan sebagai alternatif atas permasalahan dalam bidang pendidikan, baik sebagai tambahan, pelengkap maupun pengganti atas kegiatan pembelajaran yang sudah ada.

Aplikasi E-learning Sekolah terpadu dari Garuda Cyber Indonesia menjawab kebutuhan sekolah dalam penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar agar pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan mudah, efektif dan efisien. Tentu saja banyak sekali fitur yang mendukung kemudahan dalam pembelajaran dalam Aplikasi ini. Setiap fitur tersebut disesuaikan dengan kebutuhan user baik itu Guru maupun siswa.

Adapun fitur-fitur yang tersedia di Jual Aplikasi E-Learning Sekolah Garuda Cyber ini adalah :

GURU

Hak akses untuk login ke dalam aplikasi sebagai Guru dan Siswa itu berbeda, sehingga menu yang tersediapun berbeda-beda. Adapun fitur pilihan untuk guru dari Aplikasi E-Learning sekolah ini adalah :

  • Profile

Menu ini digunakan untuk mengatur profile guru. Guru dapat melakukan perubahan password, foto profil dan data-data profil secara ringkas.

  • Classroom

Menu ini digunakan untuk proses belajar mengajar guru dengan siswa. Di menu ini akan tampil semua jadwal mengajar hari ini dan jadwal dalam 1 minggu. Guru dapat menambah aktivitas belajar mengajar dan melihat siswa yang masuk ke kelas tersebut. Sebelum masuk kelas, guru harus melakukan absen agar semua siswa dapat absen ke kelas.

Setelah masuk kelas dan melakukan absen barulah guru bisa memulai aktvfitas yang akan diberikan. Di dalam menu Classroom ini terdapat sub menu untuk memberikan aktivitas yang terdiri dari beberapa tipe yaitu : Materi, Tugas, Diskusi dan Ujian. Materi yang diberikan dapat berupa dokumen, video dan gambar.

Selain itu, guru juga bisa berdiskusi secara langsung dengan siswa melalui chat interaktif. Setelah siswa melaksanakan ujian, guru dapat melihat skor dan melakukan aksi lainnya yaitu hapus soal atau edit dll.

  • Schedules

Menu ini digunakan untuk menampilkan jadwal mengajar guru, lengkap dengan hari, tanggal dan kelas yang diajar. Terdapat 2 kategori jadwal, yaitu jadwal hari ini dan jadwal keseluruhan guru selama 1 minggu.

  • Menu Assignment

Menu ini digunakan untuk detail tugas-tugas yang sudah diberikan kepada siswa. Terdiri dari history semua tugas dari mata pelajaran yang diampu oleh guru yang bersangkutan. Di menu ini, guru dapat langsung melihat tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa dan memberikan penilaian terhadap tugas tersebut. Terdapat 2 menu, yaitu DETAIL (untuk melihat detail tugas yang diberikan) guru dapat mengubah dan menghapus tugas pada bagian ini. Menu yang kedua menu TUGAS DIKUMPULKAN.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi HRM Perusahaan

  • Bank Materi

Menu ini digunakan untuk menginputkan materi-materi pelajaran sebelum jam pelajaran berlangsung. Materi yang dibuat akan disimpan sebelum dibagikan kepada kelas-kelas yg diampu. Di menu ini, guru dapat melakukan aksi tambah, ubah, hapus data materi.

SISWA

Menu yang terdapat untuk siswa tentu saja berbeda dengan guru, sebab kebutuhan siswa dan guur tentu saja berbeda-beda. Adapun menu-menu atau fitur untuk siswa adalah :

  • Classroom

Menu ini digunakan untuk masuk ke kelas dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dan mengikuti aktivitas yang dibuat oleh guru. Siswa dapat membuka history materi yang diberikan oleh guru. Sebelum masuk kelas, siswa harus melakukan absen terlebih dahulu.

Setelah masuk kelas, pada menu ini siswa akan memulai aktivitas belajarnya. Seperti melihat materi pelajaran yang disediakan, dan apabila guru mengadakan ulangan harian, UTS, dan UAS berbasis online, siswa dapat mengerjakan ujian pada waktu yang telah ditentukan dengan mengerjakan soal pilihan ganda dan akan menerima skor di akhir waktu ujian nantinya.

  • My schedules

Menu ini digunakan untuk melihat semua jadwal belajar di hari ini dan selama satu minggu.

  • Latest activity

Menu ini digunakan sebagai shortcut untuk melihat update terbaru yang dilakukan oleh guru. Sehingga siswa dapat langsung mengetahui ada materi, tugas, ujian ataupun aktivitas terbaru di kelas siswa semua mata pelajaran.

  • Assignment

Menu ini digunakan untuk melihat tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Siswa dapat melihat status tugas dan nilai yang diberikan oleh guru.

Itulah beberapa fitur yang tersedia baik untuk Guru dan Siswa dalam Aplikasi E-Learning Sekolah ini. Ragam fitur tersebut merupakan solusi untuk memudakan proses pembelajaran di era digitalisasi terutama masa pandemi ini, dimana proses belajar mengajar berlangsung dari rumah. Aplikasi E-Learning Sekolah dari Garuda Cyber adalah solusi tepat bagi sekolah yang belum menerapkan pembelajaran online dan bingung menemukan sistem tepat sesuai kebutuhan.

 

#GarudaCyber23Agustus


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia